1. Home
  2. Vol 3, No 1 (2022)
  3. Suparman Arif

Pelatihan penulisan artikel ilmiah sebagai suplemen bahan ajar untuk MGMP sejarah kabupaten Lampung Selatan

  • Abstract Views: 89
  • July 22, 2022
Corresponding Author

Abstract

Kompetensi guru sejarah sebagai pendidik salah satunya dituntut untuk mengetahui permasalahan yang dihadapi di dalam kelas, salah satunya adalah kebutuhan suplemen bahan ajar yang relevan bagi siswa. Peningkatan kompetensi Guru sejarah perlu dilakukan, mengingat banyaknya potensi sejarah lokal sebagai materi pembelajaran sejarah. Terbatasnya bahan ajar yang disediakan oleh pemerintah pusat untuk pembelajaran sejarah di daerah, akan berdampak pada hasil belajar siswa. Artikel ilmiah dapat dijadikan salah satu suplemen bahan ajar guru sejarah di Provinsi Lampung, khususnya MGMP Sejarah Lampung Selatan. Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) di Kabupaten Lampung Selatan merupakan forum yang efektif dalam mewadahi berbagai guru sejarah yang sangat berpotensi dalam mewadahi berbagai permasalahan guru sejarah. Metode yang digunakan dalam program pengabdian ini adalah sosialisasi dengan bentuk presentasi yang dilakukan oleh tim pengabdian dan pelatihan secara langsung dengan bentuk pendampingan kepada peserta pengabdian. Instrument yang digunakan adalah Materi yang tersaji dalam bentuk power point, contoh artikel ilmiah sebagai suplemen bahan ajar, dan Lembar evaluasi kegiatan dalam bentuk pretest dan posttest. Analisis data dilakukan secara kualitatif. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa kegiatan pengabdian Penulisan Artikel Ilmiah Sebagai Suplemen Bahan Ajar Untuk MGMP Sejarah Kabupaten Lampung Selatan terlaksana dengan baik dan meningkatnya kreativitas dan kompetensi  guru terhadap Artikel Ilmiah yang bermanfaat sebagai suplemen bahan ajar ajar.

Full Text:

References

Aniza Oktarina Wulandari, Cahyo Budi Utomo & Andy Suryadi. Pelaksanaan Penilaian Afektif Pada Pembelajaran Sejarah Kurikulum 2013 Kelas XI IPS di SMA Negeri 3 Temanggung Tahun Ajaran 2018/2019. Indonesia Journal of History Education. Vol7. No 1. 2019.

Handayani, S.L & Dewi, T.U. 2020. Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru-Guru Sekolah Dasar Untuk Meningkatkan Kompetensi Profesionalisme Guru. Aksiologiya : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol. 4. No. 1.

Ilmiawan & Arif. 2018. Pengembangan Buku AjarSejarah Berbasis Situs Sejarah Bima (Studi Kasus Pada Siswa Kelas X Man 2 Kota Bima). Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan. Vol 2. No 3.

Krisnawati, N. U. Warto & Nunuk Suryani. 2018. Kebutuhan Bahan Ajar Sejarah Lokal Di SMA. Jurnal Cendekia. Vol 16. No. 2.

Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia. Press Workshop : Implementasi Kurikulum 2013. 14 Januari 2014.

Permana, N. Nuriah, T & Umasih. 2017. Pengaruh Metode Pembelajaran dan Kesadaran Sejarah Pada Mata Pelajaran Sejarah Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa di SMA Negeri 1 Muara Bungo/Jambi. Jurnal Pendidikan Sejarah. Vol 6. No 2.

Salamah, dkk. 2020. Peningkatan Kemampuan Guru-Guru SD Negeri 130 Palembang Dalam Menyajikan Presentasi Atraktif Melalui Pelatihan Microsoft Power Point. Aksiologiya : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol. 4. No. 1.

Undang-Undang Nomor 14 Tahun 1964

Refbacks

  • There are currently no refbacks.