Abstract
Tujuan artikel ini adalah untuk menguji pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap kepercayaan diri siswa. Siswa perlu meningkatkan rasa percaya diri mereka sehingga mereka dapat mengembangkan nilai-nilai positif mereka. Kepercayaan diri merupakan perasaan yang pasti dalam diri seseorang berupa keyakinan dan kepercayaan terhadap kemampuannya. Jika siswa memiliki kepercayaan diri, mereka tidak akan mengalami kecemasan setiap saat. Mereka dapat merasa bebas untuk melakukan hal-hal yang mereka inginkan dan bertanggung jawab atas sesuatu yang mereka lakukan, mereka dapat menghargai orang lain, mereka akan bangga dengan diri mereka sendiri, dan dapat mengenali kekuatan dan kelemahan mereka. Layanan bimbingan kelompok merupakan kegiatan kelompok yang dilakukan antara ketua kelompok dan anggota kelompok yang memanfaatkan dinamika kelompok. Selain itu, layanan bimbingan kelompok dapat mempengaruhi peningkatan rasa percaya diri siswa, karena secara praktis siswa sebagai anggota kelompok mempunyai kesempatan untuk melatih diri dalam mengemukakan pendapat, saling menghargai, dan menciptakan dinamika kelompok yang dapat dijadikan wadah untuk meningkatkan kepercayaan diri mereka