1. Home
  2. Vol 1, No 2 (2020)
  3. Khairani Khairani

Pengembangan Souvenir Wisata Minangkabau Berbasis Human Centered Design di Nagari Kamang Mudiak Kecamatan Kamang Magek Kabupaten Agam Provinsi Sumatera Barat

  • Abstract Views: 282
  • December 9, 2020
Corresponding Author

Abstract

Nagari Kamang Mudiak merupakan salah satu lokasi objek wisata yang belum terekspos secara nasional, yaitu Tarusan Kamang. Namun, masyarakat Nagari Kamang Mudiak belum terlibat langsung dalam pengembangan objek Tarusan Kamang, sehingga wisatawan yang berkunjung hanya datang untuk melihat objek wisata saja. Padahal penting adanya ekonomi kreatif untuk menyuplai permintaan dan kebutuhan wisatawan, salah satunya souvenir wisata. Solusi yang ditawarkan adalah menjadikan Nagari Kamang Mudiak sebagai Nagari Binaan UNP dengan tema Nagari Souvenir Minangkabau atau nagari yang kaya dengan souvenir khas Minangkabau, dengan menggunakan konsep Human Centered Design (HCD). Program yang ditawarkan tersebut sesuai dengan RIP UNP 2016-2020 dengan bidang Pemberdayaan Ekonomi.Kegiatan pelatihan bertujuan untuk meningkatkan minat wirausaha melalui memberikan pelatihan ketarmpilan souvenir wisata minangkabau berbasis human centered design di nagari Kamang Mudiak       Kegiatan pengabdian ini dilakukan selama 2 tahun, dimana pada tahun 1 dilakukan pelatihan pembuatan yaitu pembuatan souvenir gantungan kunci dan pin, souvenir gelas, souvenir akrilik objek wisata, souvenir hiasan dinding, souvenir miniatur rumah adat, souvenir dari tempurung, souvenir dari songket dan souvenir miniatur jam gadang. Di samping itu untuk mendesain dan memproduksi kemasan semua produk Nagari Souvenir Minangkabau secara menarik dan memiliki karakteristik yang berbeda. Pada tahun 2, dilakukan promosi dan pemasaran produk yang sudah dibuat selama 1 tahun. Hasil dari pelatihan ini adalah 1) Terciptamya tenaga tenaga yang memliki  ketrampilan untuk berwirausaha di bidang souvenir nuansa mingkabau, 2) sebagian peserta pelatihan telah berwirausaha baik melalui online maupun langsung, 3) dibukanya pusat galeri untuk pemasaran produk peserta pelatihan, 4) berdasarkan hasil survey terdapat pengaruh yang signifikan pelatihan ketrampilan terhadap minat wirausaha peserta pelatihan, 5) berdirinya pusat pelatihan ketrampilan bagi masyarakat Kamang Mudiak yang direncanakan kerjasama LP2M UNP dengan nagari Kamang Mudiak.

Full Text:

References

Alfarisi, M.S. 2016. Pendekatan-Pendekatan Dalam Pengembangan Tarusan

Fitri, I.A. 2018. Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Ekonomi Kreatif Di Kawasan Wisata Tarusan Kamang Sumatera Barat. Al-Mishbah, Volume 14, Nomor 2: 173-190

Kamang Menjadi Objek Wisata Di Kabupaten Agam Sumatera Barat. JOM FISIP Vol. 3 No. 2 – Oktober 2016: 1-13

Suchaina. 2014. Pengaruh Kualitas Fasilitas Sarana Dan Prasarana Terhadap Peningkatan Jumlah Pengunjung Wisata Danau Ranu Grati. Jurnal Psikologi. Pasuruan

Suwantoro, Gamal. 2002. Dasar- Dasar Pariwisata. Andi Offset: Yogyakarta

Prayogi dkk. 2014. Eksperimen Teori Human Centered Design Pada Elemen Fisik Taman Kresna Kota Bandung. Jurnal Sosioteknologi. Volume 13(3): 209-220

Refbacks

  • There are currently no refbacks.