1. Home
  2. Vol 1, No 2 (2020)
  3. Siti Fatimah

Nagari Literasi Sebagai Pendukung Sustainable Tourism Sungai Nyalo, Pesisir Selatan, Sumatera Barat

  • Abstract Views: 331
  • December 9, 2020
Corresponding Author

Abstract

Pembinaan Nagari Literasi untuk mendukung Sustainable Tourism merupakan sebuah program yang dirancang untuk meningkatkan kemampuan literasi generasi muda Sungai Nyalo. Pentingnya program ini tidak terlepas dari menggeliatnya pariwisata Sungai Nyalo beberapa tahun belakangan ini. Namun, pertumbuhan pariwisata tersebut tidak sejalan dengan pertumbuhan Sumber Daya Manusianya. Sebagian besar masyarakat Sungai Nyalo tergolong dalam masyarakat kurang mampu, sehingga salah satu dampaknya yaitu rendahnya tingkat pendidikan masyarakatnya. Padahal untuk mendukung keberlanjutan pariwisata di Sungai Nyalo membutuhkan SDM yangmumpuni.Program Nagari Literasi diharapkan mampu memotivasi generasi muda Sungai Nyalo untuk menempuh pendidikan yang lebih tinggi, karena pendidikan adalah jalan terbaik dalam memperbaiki kehidupan masyarakat. Nagari Sungai Nyalo memiliki potensi untuk menjadi daerah pariwisata berkelanjutan atau yang lebih dikenal dengan Sustainable Tourism. Untuk mewujudkannya dibutuhkan pengetahuan literasi yang mumpuni, tidak hanya perihal tata cara pengelolaan pariwisata dan pembenahan manajemen promosi pariwisata di daerahini, tetapi lebih pada penekanannya sebagai upaya mencerdaskan kehidupan masyarakat Sungai Nyalo dengan membina generasi mudanya untuk kehidupan yang lebih baik dimasa depan.Target yang diharapkan tercapai untuk kelompok sasaran yaitu, membentuk Komunitas Literasi Anak Bahari Sungai Nyalo. Sehingga nanti Nagari Sungai Nyalo menjadi pusat pembelajaran berliterasi bagi komunitas anak-anak bahari yang ada di pesisir pantai barat Sumatera.

Full Text:

References

A. N. Permatasari, D.N. Inten & D. Mulyani. 2017. “Literasi Dini dengan Teknik Bercerita.” Jurnal Family Edu, vol. 3(1), 20–28.

Anindyarini,dkk. 2019. Strategi Menghidupkan Budaya Literasi Melalui Dongeng. Senadimas.

Astawa, Triyuni, Santosa. 2018. “Sustainable tourism and Harmonious Culture: A Case Study of Cultic at Village Tourism.” IOP Publishing. Jurnal Fisika, vol. 953.

Fidrayani. 2010. “Keterlibatan Orang Tua dan Intervensi Guru dalam Perkembangan Literasi Anak Usia Dini: Studi Kasus Di TK Bhayangkari Kabupaten Bone Propinsi Sulawesi Selatan”. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia

Hera Hastuti& Zafri. 2019. “Gerakan Literasi Sungai Nyalo.”Prosiding Seminar Nasional P3SI, Padang. https://osf.io/yezrm/

Hera Hastuti, Zafri & Iqrima Basri. 2019. “Literasi Sejarah Sebagai Upaya Penanaman Karakter Bagi Anak.” Jurnal Diakronika, vol. Vol. 19 No. 2 Th. 2019 p: 133 – 148.http://diakronika.ppj.unp.ac.id

I Made Ngurah Suragangga.2017. Mendidik Lewat Literasi untuk Pendidikan Berkualitas.Denpasar. Jurnal Penjaminan Mutu. Volume 3. No.2

Kemendikbud.(2016). Garakan Literasi Sekolah. Retrieved from https://www.kemdikbud.go.id/

Rancangan Pembangunan Sungai Nyalo. 2015.

Siti Fatimah, dkk. 2016. Laporan Penelitian dan Pengabdian “Pemberdayaan Kawasan Wisata Mandeh Melalui Pelatihan Penulisan cerita Rakyat Bagi Guru- guru dan Siswa SMP Negeri Sungai Nyalo Kecamatan XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan, tahun 2016”. UNP:Padang.

Siti Fatimah, dkk. 2016. Laporan Pengabdian “Desa Binaan Sungai Nyalo Kecamatan XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan tahun 2017”. UNP:Padang.

Tadkiroatun Musfiroh. 2009. Menumbuhkembangkan Baca Tulis AnakUsia Dini. Jakarta:Grassindo

Refbacks

  • There are currently no refbacks.