Edukasi Pemanfaatan Stellarium untuk Mendukung Eco School sebagai Penunjang SDGs di Sekolah

Exsa Putra(1), Widyastuti Widyastuti(2), Iwan Alim Saputra(3), Rendra Zainal Maliki(4), Amalia Novarita(5),
(1) Universitas Tadulako, Palu-Indonesia  Indonesia
(2) Universitas Tadulako, Palu-Indonesia  Indonesia
(3) Universitas Tadulako, Palu-Indonesia  Indonesia
(4) Universitas Tadulako, Palu-Indonesia  Indonesia
(5) Universitas Tadulako, Palu-Indonesia 

Corresponding Author
Copyright (c) 2025 Widyastuti Widyastuti, Iwan Alim Saputra, Rendra Zainal Maliki, Amalia Novarita

DOI : https://doi.org/10.24036/sb.06910

Abstract


Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini berlandaskan hasil diseminasi penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan peserta didik SMAN 1 Banawa mengenai konsep astronomi serta keterkaitannya dengan isu lingkungan melalui pemanfaatan aplikasi Stellarium berbasis Sustainable Development Goals (SDGs). Metode yang digunakan adalah metode terapan (applied method) yang menekankan pengalaman langsung, praktik pembelajaran berbasis teknologi, dan pendekatan partisipatif. Tahapan kegiatan meliputi persiapan dan koordinasi dengan pihak sekolah, penyusunan dan pengembangan materi Stellarium berbasis mobile, pelatihan interaktif menggunakan Quizizz, serta evaluasi hasil pembelajaran melalui pre-test dan post-test. Kegiatan ini juga diintegrasikan dengan program MBKM yang melibatkan mahasiswa secara aktif. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman siswa sebesar 21,25%, dengan nilai rata-rata pre-test 64 dan post-test 85. Temuan ini menegaskan efektivitas penggunaan aplikasi Stellarium dalam mendukung implementasi Eco School dan peningkatan literasi lingkungan berbasis teknologi.


Keywords


Stellarium; Eco School; Astronomi; Pembelajaran SDG’s

References


Creswell, J. . (2009). Research Design: Qualitative, Quantitaive, and Mix Methods Approaches. Nebrasca: Sage Publication.

Fitriana, A., & Prasetyo, B. (2023). Bridging environmental knowledge and behavior among students: The role of sustainable education practices. Sustainability Education Journal, 9(1), 33–42. https://doi.org/https://doi.org/10.3390/sej9010033

Gay, LR, G. E. M. and P. A. (2009). Educational Research, Competencies for Analysis and Application. New Jersey: Pearson Education, Inc.

Gunawan, I. P. P., Maliki, R. Z., Saputra, I. A., Ali, Z., & Putra, E. (2023). Analysis Of The Independent Learning Program In The Independent Campus To Competency Of Tadulako University Geography Education Students. 26(2), 108–120.

Listiqowati, Ika, Budijanto, B., Sumarmi, S., Ruja, I. N., Putra, E., & Ishak, N. A. (2025). Project-based Flipped Classroom ( PjBFC ) for enhancing 4C skills i. Jurnal Pendidikan Geografi : Kajian , Teori , Dan Praktek Dalam Bidang Pendidikan Dan Ilmu Geografi, 30(1), 71–86. https://doi.org/10.17977/2527-628X.1179

Nisa’, Z., Saputra, I. A., Rahmawati, R., & Putra, E. (2024). Development of Disaster Mitigation and Adaptation Learning Tools With Sets Vision (Science, Environment, Technology, Society) Geography Subject in SMA Negeri Palu. Jurnal Geografika (Geografi Lingkungan Lahan Basah), 4(2), 78. https://doi.org/10.20527/jgp.v4i2.8257

Novarita, A., Putra, E., & Maliki, R. Z. (2024). Identifying community liquefaction catastrophe preparedness in North Birobuli subdistrict, Central of Sulawesi. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 1314(1), 0–11. https://doi.org/10.1088/1755-1315/1314/1/012034

Nuryadin, A., Sulaeman, N. F., Fahrur, T., Tandra, R., Sari, E., & Putri, A. (2025). Pelatihan Perangkat Lunak Skyportal sebagai Aplikasi Observasi Astronomi bagi Siswa SMA di Samarinda. 6(1), 205–213.

Purwanto, M. . (2001). Prinsip-Prinsip Dan Teknik Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Putra, Exsa, Iwan Alim Saputra, Arifuddin Abd Muis, M. (2025). Pendampingan Pemanfaatan Quizizz Paper Sebagai Alat Assessment. Sur, 9(2), 249–258. https://doi.org/https://doi.org/10.37729/abdimas.v9i2.5793

Putra, Exsa; Nurvita; Rahmawati; Nisa, Z. (2024). Pelatihan Penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi Platform Animaker Untuk Peningkatan Keterampilan Guru di Sekolah. Surya Abdimas, 8(3), 308–314. https://doi.org/https://doi.org/10.37729/abdimas.v8i3.4148

Putra, E. (2021). Efektifitas Metode Outdoor Study dalam Mengembangkan Kecerdasan Spasial Peserta Didik Kelas XII Di SMA Angkasa Lanud Husein Sastranegara Bandung (Universitas Pendidikan Indonesia). Universitas Pendidikan Indonesia. Retrieved from http://repository.upi.edu/58872/1/T_GEO_1803617_Title.pdf

Putra, E., & Ali, Z. (2024). Edukasi Penerapan Google Form Sebagai Alat Penilaian Pembelajaran di SDN 26 Palu Melalui Program Kampus Mengajar. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Pendidikan, 3(1), 120–133. https://doi.org/10.23960/jpmip.v3i1.525

Putra, E., Alya, I., & Ticoalu, A. (2021). the Campus Teaching Program Is an Initiative To Enhance Assessment of Students ’ Minimum Abilities in Central. (20), 196–201.

Putra, E., Fitriana, T., Nutfa, M., & Teguh, M. (2025). Analysis the mitigation of floods in the junior high school students in Torue District: 21st-century learning skills. IOP Conference Series: Earth and

Environmental Science, 1462(1). https://doi.org/10.1088/1755-1315/1462/1/012013

Putra, E., Tantular, B. A., & Ruhimat, M. (2020). The Effect Of Simcity As Instructional Media In Geography Learning On Learners ’ Spatial Intelligence. In J. Kutaka-Kennedy (Ed.), ACM Digital Library. Paris: ACM Digital Library. https://doi.org/doi/10.1145/3392305.3396896

Rahmawati, L., & Hadi, S. (2020). Eco school approach as an effort to integrate sustainability values in secondary education. International Journal of Sustainability in Education, 5(4), 88–96. https://doi.org/https://doi.org/10.26858/ijse.v5i4.18940

Sari, R. M., Sumarmi., Astina, I. K., Utomo, D. H. & R. (2021). Increasing Students Critical thinking skill Skills and Learning Motivation Using Inquiry Mind Map. International Journal of Emerging Technologies in Learning (IJET), 16(3), 4–19. Retrieved from https://www.learntechlib.org/p/219033/

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Bisnis. Pendekatan Kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Widyastuti Widyastuti, Iwan Alim Saputra, Rendra Zainal Maliki, Amalia Novarita

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.