MANAJEMEN PEMBERDAYAAN IBU-IBU MAJELIS TAKLIM MELALUI PELATIHAN ILMU TAJWID: TEORI DAN PRAKTIK DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR'AN
), (1) Universitas Panca Sakti Bekasi 
Corresponding Author
Copyright (c) 2025 Rita Aryani
DOI : https://doi.org/10.24036/sb.06810
Abstract
Keywords
References
Abdullah, M. A., & Rahman, A. (2022). Metode pembelajaran Al-Qur'an di era digital: Studi kasus pada lembaga tahfidz. Jurnal Pendidikan Islam, 13(1), 45-62. https://doi.org/10.21154/jpi.v13i1.234
Abidin, Z., & Hasanah, U. (2023). Pemberdayaan perempuan melalui pendidikan keagamaan: Perspektif sosiologi. Al-Tahrir: Jurnal Pemikiran Islam, 23(2), 189-210. https://doi.org/10.21154/altahrir.v23i2.4567
Ahmad, F., Putri, D. E., & Sari, N. K. (2024). Efektivitas metode demonstrasi dalam pembelajaran tajwid pada santri dewasa. Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 13(1), 78-95. https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v13i1.8901
Akram, M. F. K., Avicenna, F. Y., Musthofa, A. Y., Alhafizh, A. D., & Ardiansyah, K. (2025). Pengembangan media pembelajaran tajwid anak dengan media puzzle Rosswat (Cross Word About Tajwid). Sindoro: Cendikia Pendidikan, 11(4), 11-20. https://doi.org/10.9644/sindoro.v11i4.9796
Aliyah, H., & Zamzami, M. R. (2022). Peran majelis taklim dalam meningkatkan literasi keagamaan masyarakat urban. Jurnal Dakwah, 23(2), 201-220. https://doi.org/10.14421/jd.2022.23201
Amelia, R., & Syahputra, I. (2023). Implementasi pembelajaran berbasis proyek dalam pendidikan agama Islam. Islamic Education Journal, 4(2), 156-174. https://doi.org/10.29240/iej.v4i2.5678
Aryani, R. (2025). ILMU TAJWID: Teori dan Praktik dalam Pembelajaran Al-Qur’an. Purbalingga: Eureka Media Aksara
Aryani, R., dkk. (2023). Implementasi metode fun learning dengan media pembelajaran berbasis digital pada siswa SD. Sulben: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 6(1), 45-56. https://sulben.ppj.unp.ac.id/index.php/sulben/article/view/355
Aryani, R. (2022). The utilization of the Quizizz application to improve students’ English vocabulary mastery. English Review: Journal of English Education, 10(3),937‑946. https://journal.uniku.ac.id/index.php/ERJEE/article/view/7150
Asari, H., Lubis, M. A., & Daulay, H. P. (2022). Kontribusi majelis taklim terhadap pembinaan akhlak masyarakat. Jurnal Ilmiah Didaktika, 23(1), 67-85. https://doi.org/10.22373/jid.v23i1.11234
Azhari, A., & Wahyuni, S. (2023). Strategi pembelajaran tajwid berbasis teknologi informasi. Jurnal Teknologi Pendidikan, 12(2), 134-150. https://doi.org/10.21009/jtp.v12i2.23456
Aziz, A. A., & Mahmud, M. (2021). Pemberdayaan masyarakat melalui pendidikan non-formal: Studi pada majelis taklim. Community Development Journal, 2(3), 445-462. https://doi.org/10.31004/cdj.v2i3.2345
Bahri, S., & Aini, Q. (2024). Evaluasi program pelatihan baca tulis Al-Qur'an bagi ibu-ibu rumah tangga. Al-Murabbi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 9(2), 201-218. https://doi.org/10.35891/amb.v9i2.3456
Faizah, N., & Munawar, A. (2022). Metode talaqqi dalam pembelajaran Al-Qur'an: Tinjauan historis dan aplikatif. Qiroah: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 12(1), 23-41. https://doi.org/10.33511/qiroah.v12i1.987
Fakhruddin, A., & Nasution, S. (2023). Peran teknologi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Al-Qur'an. Journal of Islamic Education Technology, 3(1), 45-63. https://doi.org/10.15642/jiet.v3i1.1234
Farida, U., & Rahman, F. (2024). Pemberdayaan perempuan muslimah melalui pendidikan agama berbasis komunitas. Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies, 10(1), 89-106. https://doi.org/10.22373/ge.v10i1.12345
Hakim, L., & Anwar, K. (2022). Implementasi metode qiroati dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an. At-Tajdid: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 6(1), 78-95. https://doi.org/10.24127/att.v6i1.2345
Hanafi, M. M., & Zainuddin, M. (2023). Manajemen pembelajaran Al-Qur'an di era society 5.0. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(3), 567-585. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v7i3.4567
Hasanah, U., & Hidayat, R. (2021). Majelis taklim sebagai media dakwah dan pemberdayaan perempuan. Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies, 15(2), 289-308. https://doi.org/10.15575/idajhs.v15i2.13456
Hidayat, A., & Syamsuddin, A. (2024). Peningkatan kemampuan tajwid melalui metode drill dan praktik terbimbing. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 9(1), 34-52. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.v9i1.11234
Husna, A., & Mardiyah, M. (2023). Strategi pemberdayaan masyarakat melalui pendidikan keagamaan non-formal. Community Empowerment, 8(2), 178-195. https://doi.org/10.31603/ce.v8i2.7890
Ismail, F., & Aziz, A. (2023). Efektivitas peer teaching dalam pembelajaran Al-Qur'an. Ta'lim: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 6(2), 201-220. https://doi.org/10.52166/talim.v6i2.234
Khasanah, U., & Munir, A. (2021). Metode pembelajaran tahsin Al-Qur'an untuk pemula. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 7(2), 167-184. https://doi.org/10.32478/tarbawi.v7i2.567
Lestari, P., & Hadi, S. (2024). Pengembangan modul pembelajaran tajwid berbasis Android. EDUTECH: Jurnal Teknologi Pendidikan, 23(1), 45-63. https://doi.org/10.17509/e.v23i1.45678
Maulana, H., & Suherman, A. (2023). Implementasi metode ummi dalam pembelajaran Al-Qur'an di TPQ. Al-Fikrah: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 6(1), 78-96. https://doi.org/10.36835/al-fikrah.v6i1.567
Munawir, A., & Azizah, N. (2024). Strategi penguatan literasi Al-Qur'an melalui program tahfidz berbasis komunitas. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 8(2), 234-252. https://doi.org/10.35316/jpii.v8i2.1234
Muthaharoh, N. R., Surawan, S., & Sapitri, S. A. D. (2024). Pendampingan pembelajaran ilmu tajwid melalui baca tulis Al-Qur'an pada siswa kelas X SMAN 2 Palangka Raya. Jurnal Edukasi Pengabdian Masyarakat, 5(2), 145-158. https://doi.org/10.31949/jepm.v5i2.5600
Nasution, M. A., & Siregar, L. Y. (2022). Pemberdayaan ekonomi melalui majelis taklim: Model pengembangan UMKM berbasis masjid. Islamic Economics Journal, 8(1), 67-88. https://doi.org/10.21111/iej.v8i1.6789
Nur, I. R. & Aryani, R (2022). Upaya meningkatkan kemampuan membaca Al Qur’an melalui metode Iqra’ pada siswa TPQ Nurussholihin Pamulang. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 2(3), 100 110. https://doi.org/10.37481/jmh.v2i3.474
Nurjanah, S., & Fauzi, A. (2023). Efektivitas metode sorogan dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an. Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal, 6(2), 189-206. https://doi.org/10.19109/ra.v6i2.8901
Purnama, Y., & Wibowo, A. (2024). Evaluasi program tahsin dan tajwid di majelis taklim berbasis masjid. Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(1), 112-134. https://doi.org/10.32478/evaluasi.v8i1.789
Putri, A. R., & Hakim, R. (2023). Pelatihan guru Al-Qur'an berbasis kompetensi pedagogik dan profesional. Ta'dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 12(2), 201-220. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v12i2.7890
Rachman, F., & Mulyati, S. (2024). Pemberdayaan perempuan melalui pendidikan life skills di majelis taklim. Empowerment: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7(1), 89-108. https://doi.org/10.22515/empowerment.v7i1.4567
Rahman, A. A., & Aziz, F. (2023). Inovasi pembelajaran tajwid berbasis gamifikasi. JIPIS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 8(2), 145-164. https://doi.org/10.15408/jipis.v8i2.23456
Saputra, D., Rodhiyah, I. M., & Rohmah, M. (2023). Pendampingan pembelajaran ilmu tajwid untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an di TPQ Nurul Huda. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Desa (JPMD), 4(1), 66-74. https://doi.org/10.58401/jpmd.v4i1.919
Setiawan, A., & Malik, A. (2024). Manajemen program tahfidz Al-Qur'an berbasis pesantren. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 14(1), 56-76. https://doi.org/10.24042/alidarah.v14i1.12345
Sholihah, M., & Amin, S. (2023). Strategi dakwah melalui majelis taklim dalam menghadapi era disrupsi. Jurnal Komunikasi Islam dan Kehumasan, 7(1), 112-135. https://doi.org/10.19109/jkik.v7i1.6789
Sulaiman, H., & Alawiyah, T. (2024). Efektivitas pembelajaran ilmu tajwid peserta didik terhadap kemampuan membaca Al-Qur'an. Masagi, 2(2), 38-48. https://doi.org/10.37968/masagi.v2i2.559
Syaifullah, A., Rahmah, F. M., Salamah, F., & Srisantyorini, T. (2021). Penerapan ilmu tajwid dalam pembelajaran Al-Qur'an untuk mengembangkan bacaan Al-Qur'an. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 1-4.
Syam, A. R., & Amrullah, A. (2023). Digitalisasi pembelajaran Al-Qur'an: Peluang dan tantangan. Journal of Islamic Education and Innovation, 4(1), 67-85. https://doi.org/10.21154/jiei.v4i1.4567
Tanjung, A. F., & Ariza, F. N. (2025). Optimalisasi pembelajaran tajwid: Strategi interaktif dan digital untuk meningkatkan kualitas bacaan Al-Qur'an. Abdurrauf Science and Society, 3(1), 89-107.
Tanjung, M. Y., Zulhimma, Z., & Hasibuan, Z. E. (2025). Pengembangan bahan ajar Al-Qur'an hadits dalam meningkatkan sikap sosial siswa di MTsN Persiapan 3 Padangsidimpuan. AL-IBROH: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan, 2(1), 1-17.
Wibowo, H., & Fitriani, A. (2023). Model pembelajaran kontekstual dalam pendidikan agama Islam. Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 8(2), 178-197. https://doi.org/10.15575/ath.v8i2.23456
Yulianti, R., & Rohman, F. (2023). Peningkatan kompetensi guru Al-Qur'an melalui pelatihan berkelanjutan. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 201-222. https://doi.org/10.31603/tarbiyatuna.v8i2.7890
Zainuddin, M., & Mustofa, A. (2022). Manajemen sumber daya manusia dalam pengelolaan majelis taklim. Al-Idarah: Jurnal Manajemen dan Administrasi Islam, 6(1), 45-67. https://doi.org/10.22373/al-idarah.v6i1.11234
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Rita Aryani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.






