MANAJEMEN PEMBERDAYAAN IBU-IBU MAJELIS TAKLIM MELALUI PELATIHAN ILMU TAJWID: TEORI DAN PRAKTIK DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR'AN

Rita Aryani(1),
(1) Universitas Panca Sakti Bekasi  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2025 Rita Aryani

DOI : https://doi.org/10.24036/sb.06810

Abstract


Program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberdayakan ibu-ibu anggota Majelis Taklim Ar Rahmah melalui pelatihan ilmu tajwid dengan mengombinasikan pengetahuan teoritis dan aplikasi praktis. Program dilaksanakan di Masjid Ar Rahmah, Paseban, Senen, Jakarta Pusat, dengan melibatkan 21 peserta. Pelatihan menggunakan metode ceramah, demonstrasi, dan praktik terbimbing selama enam pertemuan. Penilaian menggunakan pre-test dan post-test untuk mengukur pemahaman dan penerapan kaidah tajwid. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan dalam pengetahuan dan keterampilan praktis peserta dalam menerapkan kaidah tajwid, dengan rata-rata skor meningkat dari 38,67 menjadi 70,29, menunjukkan peningkatan sebesar 81,77%. Peserta menunjukkan peningkatan kepercayaan diri dalam membaca Al-Qur'an dengan benar dan mengungkapkan kepuasan tinggi terhadap program. Pelatihan juga memperkuat ikatan sosial antaranggota komunitas dan meningkatkan motivasi mereka untuk terus belajar. Program ini berkontribusi pada peningkatan kualitas bacaan Al-Qur'an di kalangan muslimah dan memberikan model pemberdayaan masyarakat berkelanjutan melalui pendidikan keagamaan.

Keywords


Pemberdayaan Masyarakat, Pelatihan Tajwid, Majelis Taklim, Bacaan Al-Qur'an, Pendidikan Keagamaan

References


Abdullah, M. A., & Rahman, A. (2022). Metode pembelajaran Al-Qur'an di era digital: Studi kasus pada lembaga tahfidz. Jurnal Pendidikan Islam, 13(1), 45-62. https://doi.org/10.21154/jpi.v13i1.234

Abidin, Z., & Hasanah, U. (2023). Pemberdayaan perempuan melalui pendidikan keagamaan: Perspektif sosiologi. Al-Tahrir: Jurnal Pemikiran Islam, 23(2), 189-210. https://doi.org/10.21154/altahrir.v23i2.4567

Ahmad, F., Putri, D. E., & Sari, N. K. (2024). Efektivitas metode demonstrasi dalam pembelajaran tajwid pada santri dewasa. Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 13(1), 78-95. https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v13i1.8901

Akram, M. F. K., Avicenna, F. Y., Musthofa, A. Y., Alhafizh, A. D., & Ardiansyah, K. (2025). Pengembangan media pembelajaran tajwid anak dengan media puzzle Rosswat (Cross Word About Tajwid). Sindoro: Cendikia Pendidikan, 11(4), 11-20. https://doi.org/10.9644/sindoro.v11i4.9796

Aliyah, H., & Zamzami, M. R. (2022). Peran majelis taklim dalam meningkatkan literasi keagamaan masyarakat urban. Jurnal Dakwah, 23(2), 201-220. https://doi.org/10.14421/jd.2022.23201

Amelia, R., & Syahputra, I. (2023). Implementasi pembelajaran berbasis proyek dalam pendidikan agama Islam. Islamic Education Journal, 4(2), 156-174. https://doi.org/10.29240/iej.v4i2.5678

Aryani, R. (2025). ILMU TAJWID: Teori dan Praktik dalam Pembelajaran Al-Qur’an. Purbalingga: Eureka Media Aksara

Aryani, R., dkk. (2023). Implementasi metode fun learning dengan media pembelajaran berbasis digital pada siswa SD. Sulben: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 6(1), 45-56. https://sulben.ppj.unp.ac.id/index.php/sulben/article/view/355

Aryani, R. (2022). The utilization of the Quizizz application to improve students’ English vocabulary mastery. English Review: Journal of English Education, 10(3),937‑946. https://journal.uniku.ac.id/index.php/ERJEE/article/view/7150

Asari, H., Lubis, M. A., & Daulay, H. P. (2022). Kontribusi majelis taklim terhadap pembinaan akhlak masyarakat. Jurnal Ilmiah Didaktika, 23(1), 67-85. https://doi.org/10.22373/jid.v23i1.11234

Azhari, A., & Wahyuni, S. (2023). Strategi pembelajaran tajwid berbasis teknologi informasi. Jurnal Teknologi Pendidikan, 12(2), 134-150. https://doi.org/10.21009/jtp.v12i2.23456

Aziz, A. A., & Mahmud, M. (2021). Pemberdayaan masyarakat melalui pendidikan non-formal: Studi pada majelis taklim. Community Development Journal, 2(3), 445-462. https://doi.org/10.31004/cdj.v2i3.2345

Bahri, S., & Aini, Q. (2024). Evaluasi program pelatihan baca tulis Al-Qur'an bagi ibu-ibu rumah tangga. Al-Murabbi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 9(2), 201-218. https://doi.org/10.35891/amb.v9i2.3456

Faizah, N., & Munawar, A. (2022). Metode talaqqi dalam pembelajaran Al-Qur'an: Tinjauan historis dan aplikatif. Qiroah: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 12(1), 23-41. https://doi.org/10.33511/qiroah.v12i1.987

Fakhruddin, A., & Nasution, S. (2023). Peran teknologi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Al-Qur'an. Journal of Islamic Education Technology, 3(1), 45-63. https://doi.org/10.15642/jiet.v3i1.1234

Farida, U., & Rahman, F. (2024). Pemberdayaan perempuan muslimah melalui pendidikan agama berbasis komunitas. Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies, 10(1), 89-106. https://doi.org/10.22373/ge.v10i1.12345

Hakim, L., & Anwar, K. (2022). Implementasi metode qiroati dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an. At-Tajdid: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 6(1), 78-95. https://doi.org/10.24127/att.v6i1.2345

Hanafi, M. M., & Zainuddin, M. (2023). Manajemen pembelajaran Al-Qur'an di era society 5.0. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(3), 567-585. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v7i3.4567

Hasanah, U., & Hidayat, R. (2021). Majelis taklim sebagai media dakwah dan pemberdayaan perempuan. Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies, 15(2), 289-308. https://doi.org/10.15575/idajhs.v15i2.13456

Hidayat, A., & Syamsuddin, A. (2024). Peningkatan kemampuan tajwid melalui metode drill dan praktik terbimbing. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 9(1), 34-52. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.v9i1.11234

Husna, A., & Mardiyah, M. (2023). Strategi pemberdayaan masyarakat melalui pendidikan keagamaan non-formal. Community Empowerment, 8(2), 178-195. https://doi.org/10.31603/ce.v8i2.7890

Ismail, F., & Aziz, A. (2023). Efektivitas peer teaching dalam pembelajaran Al-Qur'an. Ta'lim: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 6(2), 201-220. https://doi.org/10.52166/talim.v6i2.234

Khasanah, U., & Munir, A. (2021). Metode pembelajaran tahsin Al-Qur'an untuk pemula. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 7(2), 167-184. https://doi.org/10.32478/tarbawi.v7i2.567

Lestari, P., & Hadi, S. (2024). Pengembangan modul pembelajaran tajwid berbasis Android. EDUTECH: Jurnal Teknologi Pendidikan, 23(1), 45-63. https://doi.org/10.17509/e.v23i1.45678

Maulana, H., & Suherman, A. (2023). Implementasi metode ummi dalam pembelajaran Al-Qur'an di TPQ. Al-Fikrah: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 6(1), 78-96. https://doi.org/10.36835/al-fikrah.v6i1.567

Munawir, A., & Azizah, N. (2024). Strategi penguatan literasi Al-Qur'an melalui program tahfidz berbasis komunitas. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 8(2), 234-252. https://doi.org/10.35316/jpii.v8i2.1234

Muthaharoh, N. R., Surawan, S., & Sapitri, S. A. D. (2024). Pendampingan pembelajaran ilmu tajwid melalui baca tulis Al-Qur'an pada siswa kelas X SMAN 2 Palangka Raya. Jurnal Edukasi Pengabdian Masyarakat, 5(2), 145-158. https://doi.org/10.31949/jepm.v5i2.5600

Nasution, M. A., & Siregar, L. Y. (2022). Pemberdayaan ekonomi melalui majelis taklim: Model pengembangan UMKM berbasis masjid. Islamic Economics Journal, 8(1), 67-88. https://doi.org/10.21111/iej.v8i1.6789

Nur, I. R. & Aryani, R (2022). Upaya meningkatkan kemampuan membaca Al Qur’an melalui metode Iqra’ pada siswa TPQ Nurussholihin Pamulang. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 2(3), 100 110. https://doi.org/10.37481/jmh.v2i3.474

Nurjanah, S., & Fauzi, A. (2023). Efektivitas metode sorogan dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an. Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal, 6(2), 189-206. https://doi.org/10.19109/ra.v6i2.8901

Purnama, Y., & Wibowo, A. (2024). Evaluasi program tahsin dan tajwid di majelis taklim berbasis masjid. Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(1), 112-134. https://doi.org/10.32478/evaluasi.v8i1.789

Putri, A. R., & Hakim, R. (2023). Pelatihan guru Al-Qur'an berbasis kompetensi pedagogik dan profesional. Ta'dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 12(2), 201-220. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v12i2.7890

Rachman, F., & Mulyati, S. (2024). Pemberdayaan perempuan melalui pendidikan life skills di majelis taklim. Empowerment: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7(1), 89-108. https://doi.org/10.22515/empowerment.v7i1.4567

Rahman, A. A., & Aziz, F. (2023). Inovasi pembelajaran tajwid berbasis gamifikasi. JIPIS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 8(2), 145-164. https://doi.org/10.15408/jipis.v8i2.23456

Saputra, D., Rodhiyah, I. M., & Rohmah, M. (2023). Pendampingan pembelajaran ilmu tajwid untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an di TPQ Nurul Huda. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Desa (JPMD), 4(1), 66-74. https://doi.org/10.58401/jpmd.v4i1.919

Setiawan, A., & Malik, A. (2024). Manajemen program tahfidz Al-Qur'an berbasis pesantren. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 14(1), 56-76. https://doi.org/10.24042/alidarah.v14i1.12345

Sholihah, M., & Amin, S. (2023). Strategi dakwah melalui majelis taklim dalam menghadapi era disrupsi. Jurnal Komunikasi Islam dan Kehumasan, 7(1), 112-135. https://doi.org/10.19109/jkik.v7i1.6789

Sulaiman, H., & Alawiyah, T. (2024). Efektivitas pembelajaran ilmu tajwid peserta didik terhadap kemampuan membaca Al-Qur'an. Masagi, 2(2), 38-48. https://doi.org/10.37968/masagi.v2i2.559

Syaifullah, A., Rahmah, F. M., Salamah, F., & Srisantyorini, T. (2021). Penerapan ilmu tajwid dalam pembelajaran Al-Qur'an untuk mengembangkan bacaan Al-Qur'an. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 1-4.

Syam, A. R., & Amrullah, A. (2023). Digitalisasi pembelajaran Al-Qur'an: Peluang dan tantangan. Journal of Islamic Education and Innovation, 4(1), 67-85. https://doi.org/10.21154/jiei.v4i1.4567

Tanjung, A. F., & Ariza, F. N. (2025). Optimalisasi pembelajaran tajwid: Strategi interaktif dan digital untuk meningkatkan kualitas bacaan Al-Qur'an. Abdurrauf Science and Society, 3(1), 89-107.

Tanjung, M. Y., Zulhimma, Z., & Hasibuan, Z. E. (2025). Pengembangan bahan ajar Al-Qur'an hadits dalam meningkatkan sikap sosial siswa di MTsN Persiapan 3 Padangsidimpuan. AL-IBROH: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan, 2(1), 1-17.

Wibowo, H., & Fitriani, A. (2023). Model pembelajaran kontekstual dalam pendidikan agama Islam. Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 8(2), 178-197. https://doi.org/10.15575/ath.v8i2.23456

Yulianti, R., & Rohman, F. (2023). Peningkatan kompetensi guru Al-Qur'an melalui pelatihan berkelanjutan. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 201-222. https://doi.org/10.31603/tarbiyatuna.v8i2.7890

Zainuddin, M., & Mustofa, A. (2022). Manajemen sumber daya manusia dalam pengelolaan majelis taklim. Al-Idarah: Jurnal Manajemen dan Administrasi Islam, 6(1), 45-67. https://doi.org/10.22373/al-idarah.v6i1.11234


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Rita Aryani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.