Peningkatan Kapasitas Pemasaran Online dan Desain Merek Produk Batik Eco Print

Vidyarini Dwita(1), Erni Masdupi(2), Rosyeni Rasyid(3), Abror Abror(4), Dina Patrisia(5), Mia Ayu Gusti(6),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(4) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(5) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(6) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2025 Vidyarini Dwita

DOI : https://doi.org/10.24036/sb.06780

Abstract


Kegiatan Pengabdian Nagari Matua Hilia dilaksanakan sebagai upaya meningkatkan kapasitas ibu-ibu PKK dalam memasarkan produk batik eco print. Topik ini dipilih karena produk batik eco print memiliki potensi ekonomi tinggi, namun pemasarannya masih terbatas sehingga belum optimal meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Metode pengabdian dilakukan melalui pelatihan pemasaran online, pendampingan desain merek, serta bimbingan usaha agar mitra memiliki keterampilan praktis dan strategi pemasaran yang lebih efektif. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa persepsi dan niat menggunakan pemasaran online berada pada kategori baik, menandakan adanya penerimaan yang positif terhadap teknologi pemasaran digital. Namun, kemampuan mendesain merek dan praktik pemasaran masih perlu diperkuat agar daya saing produk meningkat. Secara umum, program ini memberikan dampak positif terhadap kesiapan dan motivasi mitra dalam mengembangkan usaha batik eco print. Kesimpulannya, penguatan kapasitas melalui pelatihan dan pendampingan terbukti penting dalam mendorong kemandirian ekonomi masyarakat. Keberlanjutan program memerlukan dukungan lanjutan agar hasil yang dicapai dapat berkembang secara konsisten.


Keywords


Pemasaran digital, Desain merek, Batik eco-print

References


Firdaus, B., & Dt Maani, K. (n.d.). PENGELOLAAN ALOKASI DANA DESA TERHADAP PEMBERDAYAAN MASYARAKAT NAGARI MATUA HILIA KABUPATEN AGAM. Jurnal Administrasi Publik Dan Kebijakan (JAPK), 3(2), 2023. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/JAPK

Khomsatin, S., Khoiron Nisa, A., Ayu Chintya, S., & Komunitas Darussalam Blokagung Banyuwangi, A. (2023). Teknik Pembuatan Ecoprint dan Pemanfaatannya Untuk Bucket Hat. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(9).

Kurniawati, D., Lenti, F. N., & Nugroho, R. W. (2021). Implementation of AHP and SAW Methods for Optimization of Decision Recommendations. Journal of International Conference Proceedings, 4(1), 254–265. https://doi.org/10.32535/jicp.v4i1.1152

Nurmala, U., Politeknik, S. A., Padang, N., Usaha, P., Wisata, P., Ekasari, R., Politeknik, D., & Niaga, J. A. (2014). POTENSI KECAMATAN MATUR KABUPATEN AGAM MENJADI SEBUAH DESA WISATA. In Oktober (Vol. 6, Issue 2).

Rahayu, R., & Day, J. (2017). E-commerce adoption by SMEs in developing countries: evidence from Indonesia. Eurasian Business Review, 7(1), 25–41. https://doi.org/10.1007/s40821-016-0044-6


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Vidyarini Dwita

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.