Pelatihan Cor Timah dan Pemasaran Digital Untuk SDM Berkelanjutan di Nagari Pandai Sikek

Yofita - Sandra(1), M Zaim(2), Refnaldi Refnaldi(3), Rifqi Aulia Zaim(4), Fadhil Nugraha Wikarya(5), Betta Febriana Maharani Butidang(6),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(4) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(5) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(6) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2025 Yofita - Sandra, M Zaim, Refnaldi Refnaldi, Rifqi Aulia Zaim, Fadhil Nugraha Wikarya, Betta Febriana Maharani Butidang

DOI : https://doi.org/10.24036/sb.06610

Abstract


Pelaksanaan program pengabdian kepada masyarakat di Nagari Pandai Sikek, Sumatera Barat, telah sukses memperkaya khazanah keterampilan para pengrajin lokal dengan mengenalkan teknik pengolahan logam baru, yaitu teknik cor atau casting. Inovasi ini melengkapi portofolio keahlian yang sebelumnya telah diperkenalkan, mencakup teknik chasing-repousse, engraving, dan piercing. Latar belakang utama dari upaya ini adalah untuk mengatasi permasalahan kelangkaan serta tingginya harga bahan dasar kayu, yang secara historis menjadi tumpuan utama produksi kriya di daerah tersebut. Melalui pendekatan yang terstruktur, program ini diimplementasikan dengan metode pelatihan, penyuluhan, dan pendampingan untuk memastikan penguasaan teknik secara optimal. Tidak hanya berhenti pada keterampilan teknis produksi, para pengrajin juga dibekali dengan kompetensi pemasaran digital modern. Mereka dilatih cara melakukan promosi efektif dan efisien dengan memanfaatkan platform media sosial. Melalui pelatihan penggunaan aplikasi CapCut pengrajin diajak menciptakan konten promosi yang menarik, seperti mengolah gambar dan video yang diiringi dengan musik. Strategi promosi yang mudah dan berbiaya rendah ini diharapkan dapat menekan pengeluaran modal usaha secara signifikan. Pada akhirnya, sinergi antara keterampilan teknis dan pemasaran digital ini menjadi jalan utama untuk mewujudkan pembangunan SDM yang mandiri dan berkelanjutan di Nagari Pandai Sikek.

Keywords


kriya, cor, timah, promosi, digital

References


Badan Pusat Statistik. (2024). Indikator Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Indonesia 2024 (Vol. 8). Badan Pusat Statistik. https://web-api.bps.go.id

M.Zaim, Refnaldi, Yofita Sandra, R. A. Z. (2020). Creating Coconut Fiber Waste for Souvenir in Pakandangan, West Sumatera. 118:121.

Pemerintah, P. (2018). Peraturan Presiden (PERPRES) Nomor 142 Tahun 2018 Rencana Induk Pengembangan Ekonomi Kreatif Nasional Tahun 2018—2025. https://peraturan.bpk.go.id/Details/99901/perpres-no-142-tahun-2018

Revindo, M. D., Sabrina, S., & Sowwam, M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Pariwisati Indonesia: Tantangan, Outlook dan Respon Kebijakan [Briefing Note]. Universitas Indonesia. https://www.lpem.org/wp-content/uploads/2020/04/Briefing-Note-Dampak-Pandemi-Covid-19-terhadap-Pariwisata-LPEM-UI-April-2020.pdf

Sandra, Y., Zaim, M., Refnaldi, R., & Zaim, R. A. (2023). Diversifikasi Kerajinan Pandai Sikek Untuk Meningkatkan Daya Saing di Pasar Global. Suluah Bendang: Jurnal Ilmiah Pengabdiian Masyarakat, 23(1). https://doi.org/10.24036/sb.03640


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Yofita - Sandra, M Zaim, Refnaldi Refnaldi, Rifqi Aulia Zaim, Fadhil Nugraha Wikarya, Betta Febriana Maharani Butidang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.