Optimalisasi Pemasaran Kerupuk Kulit Ikan Melalui E-Commerce Pada SMKN 3 Kota Pariaman

Ariusni - Ariusni(1), Vidyarini Dwita(2), Tri Kurniawati(3), Sri Ulfa Sentosa(4), Mike Triani(5), Hari Setia Putra(6),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(4) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(5) Univeritas Negeri Padang  Indonesia
(6) Univeritas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2025 Ariusni - Ariusni, Vidyarini Dwita, Tri Kurniawati, Sri Ulfa Sentosa, Mike Triani, Hari Setia Putra

DOI : https://doi.org/10.24036/sb.06520

Abstract


Tujuan dari kegiatan penerapan Program ini pada siswa siswi SMKN 3 Kota Pariaman adalah meningkatkan kemampuan dan pengetahuan dalam mempromosikan produk yang baik, mempromosikan produk kerupuk kulit ikan patin melalui E-Commerce, dan peningkatan pengetahuan kerjasama dengan aplikasi penjualan dan pengantaran on-line sehingga pendapatan yang diperolehnya meningkat akibat pemasaran produk kerupuk kulit ikan patin semakin baik. Sampel penelitian ini adalah siswa yang melakukan kegiatan kewirausahaan. Pembinaan dan pelatihan yang diikuti oleh 34 siswa sebagai metode yang dilakukan. Kuesioner merupakan cara mengumpulkan data. Pengukuran varibel E-commerce melalui angket dengan menggunakan skala likert mulia dari sangat tidak setuju sampai sangat setuju. Data diolah dengan menggunakan analisis statistik deskriptif yang mencakup rata-rata dan total pencapaian responden. Hasil penelitian menemukan bahwa pelatihan pemasaran online dan penggunaan aplikasi pengantaran bagi pelaku usaha kerupuk kulit ikan patin di SMK 3 Kota berjalan dengan baik dan memberikan dampak positif dan kategori baik

Keywords


Pemasaran, Ikan Patin, E-Commerce, Inovasi

References


Anggraini, S. D., Yafiz, M., & Harahap, R. D. (2023). Strategi Produksi Kerupuk Kulit Ikan Patin dalam Memenuhi Permintaan dan Peningkatan Pendapatan pada CV. Raja Patin Indonesia dengan Menggunakan Metode Pentahelix. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 8(1). https://doi.org/10.30651/jms.v8i1.18298

Badan Pusat Statistik. (2025). Kota Pariaman Dalam Angka 2025 (Badan Pusat Statistik Kota Pariaman (ed.)). Badan Pusat Statistik Kota Pariaman. https://pariamankota.bps.go.id/id/publication/2025/02/28/3893b9eab09cb77c6dd90852/kota-pariaman-dalam-angka-2025.html

Imadudin, R. M., Ruliyandi, R., & Heryadi, D. Y. (2025). Manajemen Produksi dan Pemasaran Usaha Abon dan Kerupuk Kulit Ikan patin. Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 14(2), 176–185. https://doi.org/10.37476/jbk.v14i2.5021

Nielson. (2023). 2023 Annual Marketing Report: Perlunya pengukuran yang konsisten dalam lanskap yang mengutamakan digital. https://www.nielsen.com/id/insights/2023/need-for-consistent-measurement-2023-nielsen-annual-marketing-report/

Nismara, A. P., Haryono, D., & Affandi, M. I. (2023). Strategi Pengembangan Agroindustri Keripik Kulit Ikan Patin (Studi Kasus pada Rafin’s Snack Kabupaten Pringsewu). Jurnal Ilmu-Ilmu Agribisnis, 11(3), 158. 0.23960/jiia.v11i3.7260

Pangestika, W., Nusaibah, & Sa’diyah, J. H. (2023). Pemanfaatan Kulit Ikan Patin (Pangasius pangasius) Menjadi Keripik Kulit. Journal of Fisheries and Marine Science, 7(1), 66–85. https://journal.unhas.ac.id/index.php/torani

Sani, I., & Lubis, T. (2022). Pengaruh Networking Dan Service Quality Terhadap Peningkatan Penjualan Produk Kerupuk Kulit Ikan Patin Di Pusat Pengembangan Produk Unggulan Daerah Deli Serdang. Jurnal Akuntansi Aktiva, 3(2). https://scholar.ummetro.ac.id/index.php/aktiva/article/view/3381


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Ariusni - Ariusni, Vidyarini Dwita, Tri Kurniawati, Sri Ulfa Sentosa, Mike Triani, Hari Setia Putra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.