Mindset Juara: Strategi Psikologis untuk Meningkatkan Performa Siswa dalam Olahraga di Kepulauan Mentawai

Eddy Marheni(1), Wanda Afnison(2), Mutiara Felicita Amsal(3), Nina Jermaina(4), Eko Purnomo(5),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(4) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(5) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2025 Eddy Marheni, Wanda Afnison, Mutiara Felicita Amsal, Nina Jermaina, Eko Purnomo

DOI : https://doi.org/10.24036/sb.06440

Abstract


Kegiatan pengabdian dengan judul "Mindset Juara: Strategi Psikologis untuk Meningkatkan Performa Siswa dalam Olahraga di Kepulauan Mentawai" bertujuan untuk memperkenalkan teknik psikologis yang dapat meningkatkan performa siswa di SMA N 2 Sipora. Fokus utama dari pengabdian ini adalah pengembangan mentalitas positif, dengan pendekatan teori dan praktik langsung. Siswa diajarkan untuk mengembangkan mindset juara, yang berfokus pada proses, bukan hanya hasil akhir. Teknik manajemen emosi, seperti latihan pernapasan dalam dan visualisasi, diterapkan untuk membantu siswa tetap tenang di bawah tekanan. Selain itu, peningkatan fokus dilakukan melalui latihan konsentrasi dalam skenario kompetisi. Penguatan kerjasama tim juga menjadi bagian penting dari pelatihan ini, di mana siswa dilibatkan dalam simulasi pertandingan untuk menerapkan strategi psikologis yang telah diajarkan. Hasil yang diperoleh menunjukkan adanya peningkatan mentalitas positif, kepercayaan diri, dan kemampuan mengelola emosi. Selain itu, kemampuan kerjasama dan kepemimpinan siswa juga meningkat. Pengabdian ini menunjukkan pentingnya penerapan strategi psikologis dalam pengembangan karakter siswa, yang tidak hanya bermanfaat dalam olahraga, tetapi juga dalam kehidupan sosial dan situasi kompetitif lainnya di masa depan.

Keywords


Mindset juara, strategi psikologis, performa siswa, olahraga, mentawai

References


Akbar, A., Karim, Z. A., Zakaria, J., Kurniawan, R., Cahyani, F. I., Dwatra, F. D., & Rinaldi. (2023). The Role of Mental Toughness in Improving Achievement: The Perspective of Sport Psychology on Student-Athletes. International Journal of Human Movement and Sports Sciences, 11(6), 1376–1382. https://doi.org/10.13189/saj.2023.110623

Dray, J., Bowman, J., Campbell, E., Freund, M., Wolfenden, L., Hodder, R. K., McElwaine, K., Tremain, D., Bartlem, K., Bailey, J., Small, T., Palazzi, K., Oldmeadow, C., & Wiggers, J. (2017). Systematic Review of Universal Resilience-Focused Interventions Targeting Child and Adolescent Mental Health in the School Setting. Journal of the American Academy of Child & Adolescent Psychiatry, 56(10), 813–824. https://doi.org/10.1016/j.jaac.2017.07.780

Giles, S., Fletcher, D., Arnold, R., Ashfield, A., & Harrison, J. (2020). Measuring Well-Being in Sport Performers: Where are We Now and How do we Progress? Sports Medicine, 50(7), 1255–1270. https://doi.org/10.1007/s40279-020-01274-z

Glicken, M. (2006). Learning from Resilient People: Lessons We Can Apply to Counseling and Psychotherapy. SAGE Publications, Inc. https://doi.org/10.4135/9781452232539

Jefferies, P., Ungar, M., Aubertin, P., & Kriellaars, D. (2019). Physical Literacy and Resilience in Children and Youth. Frontiers in Public Health, 7. https://doi.org/10.3389/fpubh.2019.00346

Ungar, M. (2019). Designing resilience research: Using multiple methods to investigate risk exposure, promotive and protective processes, and contextually relevant outcomes for children and youth. Child Abuse & Neglect, 96, 104098. https://doi.org/10.1016/j.chiabu.2019.104098

Yeager, D. S., & Dweck, C. S. (2012). Mindsets That Promote Resilience: When Students Believe That Personal Characteristics Can Be Developed. Educational Psychologist, 47(4), 302–314. https://doi.org/10.1080/00461520.2012.722805


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Eddy Marheni, Wanda Afnison, Mutiara Felicita Amsal, Nina Jermaina, Eko Purnomo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.