Pelatihan Konseling Kelompok Cognitive Behaviour Therapy Berbasis Experiental Learning Bagi Guru Bimbingan dan Konseling di Kota Bengkulu

Rita Sinthia(1), Anni Suprapti(2), Mayang T. Afriwilda(3), Dego Armando(4), Liza Qonaah(5), Andra Alkaifin(6),
(1) Universitas Bengkulu  Indonesia
(2) Universitas Bengkulu  Indonesia
(3) Universitas Bengkulu  Indonesia
(4) Universitas Bengkulu  Indonesia
(5) Universitas Bengkulu  Indonesia
(6) Universitas Bengkulu  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2025 Rita Afriwilda

DOI : https://doi.org/10.24036/sb.06290

Abstract


Pelatihan konseling kelompok berbasis Cognitive Behaviour Therapy (CBT) dengan pendekatan Experiential Learning ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru Bimbingan dan Konseling (BK) di Kota Bengkulu dalam membantu siswa mengatasi masalah psikologis. Kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk pelatihan yang melibatkan guru BK dari berbagai sekolah di Kota Bengkulu. Pelatihan meliputi pemberian materi, simulasi praktik, dan diskusi kelompok. Hasil menunjukkan bahwa metode Experiential Learning efektif dalam meningkatkan pemahaman dan keterampilan peserta, dengan peningkatan pemahaman yang signifikan dari pre-test ke post-test. Peserta mampu mengaplikasikan teknik CBT seperti cognitive restructuring dan behavior activation dalam simulasi konseling kelompok. Evaluasi kepuasan menunjukkan bahwa sebagian besar peserta merasa pelatihan ini sangat bermanfaat dan relevan dengan kebutuhan mereka di lapangan. Diharapkan, pelatihan ini dapat mendukung guru BK dalam memberikan layanan konseling yang lebih efektif dan berbasis bukti di sekolah. Rekomendasi lanjutan meliputi pendampingan berkelanjutan dan pelatihan lanjutan untuk memperkuat implementasi teknik CBT dalam praktik sehari-hari.

Keywords


Cognitive Behaviour Therapy, Experiential Learning, Konseling Kelompok, Guru Bimbingan dan Konseling

References


Agustina, M., Istiani, H. G., & Perdanasari, Y. (2021). Studi Kasus: Asuhan Keperawatan Jiwa

dengan Kecemasan pada Orang Dewasa Menerapkan Cognitive Behaviour Therapy (CBT).

Journal of Nursing Education and Practice, 1(1), 10–13.

https://doi.org/10.53801/jnep.v1i01.8

Baen.,S & Wahyuni., E. 2023. Pendekatan Cognitive Behavioral Therapy (CBT): Literatur Riview

untuk Mengatasi Stres Akademik Peserta Didik. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur. Volume 9

Nomor 2 Tahun 2023. https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/AN-NUR

Corey,G. 2016. Teori dan Prakterk Konseling dan Psikoterapi. Ataya Pustaka.

Jabbar, A. A., Purwanto, D., Fitriyani, N., Marjo, H. K., & Hanim, W. (2019). Konseling Kelompok

Menggunakan Pendekatan Cognitive Behavior Therapy (CBT) untuk Meningkatkan

Kematangan Karir. Jurnal Selaras: Kajian Bimbingan dan Konseling serta Psikologi

Pendidikan, 2(1), 35–46

Maiseptian, F., Dewita, E., & Rosdialena, R. 2020. Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok

Menggunakan Teknik Cognitive Behavior Therapy (CBT) untuk Meningkatkan

Kemandirian Belajar Remaja. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 10(2), 187–200.

Prayitno. 2020. Layanan Bimbingan Kelompok dan Konseling Kelompok . Penerbit Ghalia

Indonesia.

Radovic, S., Hummel., H.G., & Vermulen.,M. 2021. The Marrc Instructional Design Model for More

Experiental Learning in Higher Education: Theoritical Foundations and Practical

Suluah Bendang: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat

Vol.xx, No.x, 201x

Author name 1, Author name2

Available online: http://sulben.ppj.unp.ac.id | 8

Guidelines. TEACHING IN HIGHER EDUCATION2023, VOL. 28, NO. 6, 1173–

https://doi.org/10.1080/13562517.2021.1872527

Rizky, M., & Karneli, Y. (2022). Efektifitas Pendekatan Cognitive Behavioral Therapy (CBT)

untuk Mengatasi Depresi: Array.eductum: Jurnal Literasi Pendidikan. Journal

citradarma.org

Sahar, Rafidah (2023) A Systematic Review of Intercultural Communication Competence

Development in CEFR- Aligned English Proficiency Textbooks. doi:

https://core.ac.uk/download/599097382.pdf

Sari, D. P., Hamranani, S. S. T., & Sukin, S. (2020). Pengaruh Edukasi tentang Penyulit Persalinan

terhadap Penurunan Kecemasan pada Pasien Pra Operasiemergency Sectio Caesarea di

RSUP Dr Soeradji Tirtonegoro. MOTORIK Jurnal Ilmu Kesehatan, 15(1), 1–7

Varman., S.D., Jones.,R.A., Kelly., B., Hammersley.,M.L., Parrish.,A.M., Stamley., R & Cliff.,D.P. 2023.

The Effect of Experiental Leraning Interventions on Physical Activity Outcomes in

Children : A Systematic Riview. Tnenth International Congres on Peer Riview and

Scientifis Publication. Published: November

,https://doi.org/10.1371/journal.pone.0294987

Virly, N., & Muhid.,A. 2023. Mengubah Perilaku Compulsive Buying pada Remaja Melalui

Cognitive Behavioral Therapy: Literature Riview. Jurnal Pscho Aksara Vol.1, No 1 Januari

p 9-18.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Rita Afriwilda

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.