Pembaruan Media Pembelajaran Geografi Memanfaatkan Aplikasi Berbasis Web Google My Maps

Dipo Caesario(1), Bigharta Bekti Susetyo(2), Tiok Wijanarko(3), Dwi Rachmawati(4),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(4) Universitas Jenderal Soedirman  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2025 Dipo Caesario, Bigharta Bekti Susetyo, Tiok Wijanarko, Dwi Rachmawati

DOI : https://doi.org/10.24036/sb.06140

Full Text:    Language : Bahasa

Abstract


Pemanfaatan teknologi berbasis web dalam pemetaan geomorfologi sangat penting karena memudahkan penyebaran informasi secara cepat dan luas. Platform pemetaan web gratis memberikan akses mudah bagi individu untuk mendapatkan data geomorfologi, baik langsung maupun tidak langsung. Keberadaan platform ini memungkinkan analisis spasial yang efisien, menjadikannya alat yang berharga bagi siswa dan masyarakat umum. Dalam dunia pendidikan, teknologi ini dapat diintegrasikan dalam kurikulum, membantu siswa memahami konsep-konsep geomorfologi secara aplikatif dan interaktif. Selain itu, teknologi ini memungkinkan pengembangan materi ajar yang lebih menarik dan sesuai kebutuhan siswa. Dengan demikian, guru dapat meningkatkan kualitas pengajaran mereka, sementara siswa memperoleh pengetahuan lebih dalam mengenai geomorfologi dan ilmu kebumian. Penggunaan teknologi berbasis web ini tidak hanya bermanfaat dalam pendidikan, tetapi juga membuka peluang bagi pengembangan ilmu pengetahuan yang lebih maju. Integrasi teknologi web dalam pemetaan geomorfologi sangat penting, baik untuk pendidikan maupun pengembangan ilmu pengetahuan secara keseluruhan.


Keywords


Bahan Ajar; Geomorfologi; Google My Maps

References


Arumugam, S. K., Muhamad, R., & Yahya, K. (2020). Mapping of construction waste for eco-costs per value ratio (EVR) index using Google My Maps in Shah Alam, Malaysia. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 849(1), 012046. https://doi.org/10.1088/1757-899X/849/1/012046

Darwiyono, P., & Rifa’i, A. A. (2023). ANALISIS TIGA PILAR MANAJEMEN BERBASIS MADRASAH DALAM RANGKA PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN STUDI DI MADRASAH ALIYAH SE-SURAKARTA. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(2). https://doi.org/10.30868/im.v4i02.2469

Fauzi, R. A., Dewi, E. O., Rizara, A., Ridwana, R., & Yani, A. (2022). Perbandingan Arcgis Dengan Google My Maps dalam Membantu Pembelajaran Sistem Informasi Geografis. Jurnal Pendidikan Geografi Undiksha, 10(2), 186–196. https://doi.org/10.23887/jjpg.v10i2.46378

Fryirs, K. (2022). A pedagogy of fluvial geomorphology: Incorporating scaffolding and active learning into tertiary education courses. Earth Surface Processes and Landforms, 47(7), 1671–1679. https://doi.org/10.1002/esp.5368

Haidir, H., & Mamudi, F. (2023). Pemetaan Potensi dan Masalah Sarana Prasarana Kelurahan Lorok Pakjo dengan Memanfaatkan Aplikasi My Maps. I-Com: Indonesian Community Journal, 3(2), 729–737. https://doi.org/10.33379/icom.v3i2.2626

Ismail, J. R., Nandi, N., & Ridwana, R. (2023). The Development of Worksheet Based on Google My Maps Web Application to Attain Basic Competencies in High School Geography Learning. JURNAL GEOGRAFI Geografi Dan Pengajarannya, 21(1), 77–92. https://doi.org/10.26740/jggp.v21n1.p77-92

Latifah, E., & Yusuf. (2023). PEMBINAAN KOMPETISI SAINS MADRASAH (KSM) SEBAGAI BENTUK PENGABDIAN MASYARAKAT DI BIDANG PENDIDIKAN. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sabangka, 2(04 Juli), Article 04 Juli.

Maghsoudi, M., Zamanzadeh, S. M., Yamani, M., & Hajizadeh, A. (2017). Morphometric Assessment of Meandering River in Arid Region Using Improvement Model (Case Study: Maroon River). Journal of Water Resource and Protection, 09(04), 358–377. https://doi.org/10.4236/jwarp.2017.94024

Purnomo, H., Soekamto, H., Kurnia, A., & Taryana, D. (2023). Efektivitas Model Geographical Inquiry Learning terhadap Kemampuan Berpikir Analitis Ditinjau dari Minat Belajar Siswa. JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN PROFESI GURU, 6(3), 467–480. https://doi.org/10.23887/jippg.v6i3.61779

Schell, E. M., Mohan, A., & The Instructional Materials and Professional Development Committee. (2013). Road Map for 21st Century Geographic Education: Instructional Materials and Professional Development. The Geography Teacher, 10(1), 6–14. https://doi.org/10.1080/19338341.2012.758597

Sihotang, Z., & Hidayat, T. (2021). PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI GOOGLE MAPS TERHADAP MINAT BELAJAR GEOGRAFI PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI KOTA LANGSA. Jurnal Samudra Geografi, 4(2), 20–26. https://doi.org/10.33059/jsg.v4i2.3847

Suasti, Y., Caesario, D., Prihantarto, W. J., Susetyo, B. B., & Iskarni, P. (2024). DEVELOPMENT OF ACTIVE FAULT MAPPING METHOD USING GEOELECTRIC AND GEOGRAPHICAL INFORMATION SYSTEM. International Journal of GEOMATE, 26(116). https://doi.org/10.21660/2024.116.4360

Tooth, S. (2015). Google Earth as a resource. Geography. https://doi.org/10.1080/00167487.2015.12093954

Zulfa, N. C., & Pardjono, P. (2013). MANAJEMEN KURIKULUM MADRASAH ALIYAH PROGRAM KEAGAMAAN MAN 1 SURAKARTA. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 1(2), 219–234. https://doi.org/10.21831/amp.v1i2.2396


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Dipo Caesario, Bigharta Bekti Susetyo, Tiok Wijanarko, Dwi Rachmawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.