Optimalisasi Peran Guru BK dalam Meningkatkan Kesejahteraan Mental Siswa: Pendampingan dan Pelatihan Teknik Relaksasi dalam Layanan BK
(1) Universitas Sriwijaya  Indonesia
(2) Universitas Sriwijaya  Indonesia
(3) Universitas Sriwijaya  Indonesia
Corresponding Author
Copyright (c) 2024 Rani Mega Putri, Alrefi Alrefi, Khadijah Lubis
DOI : https://doi.org/10.24036/sb.06010
Abstract
Pendidikan yang berkualitas melibatkan tidak hanya aspek kognitif, tetapi juga kesejahteraan mental siswa. Salah satu masalah yang sering dihadapi adalah kecemasan yang disebabkan oleh tekanan akademik dan lingkungan yang tidak mendukung. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru Bimbingan dan Konseling (BK) di Kabupaten Ogan Ilir dalam menggunakan teknik relaksasi untuk membantu siswa mengatasi kecemasan dan stres. Metode yang digunakan adalah pelatihan dan pendampingan dengan pendekatan berbasis teknik relaksasi, yang diikuti oleh 30 guru BK dari berbagai sekolah. Pretest dan posttest digunakan untuk mengukur peningkatan pemahaman peserta mengenai teknik relaksasi. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam pemahaman dan penerapan teknik relaksasi oleh guru BK setelah mengikuti pelatihan. Evaluasi melalui video implementasi menunjukkan bahwa guru BK berhasil mengaplikasikan teknik relaksasi dalam layanan konseling di sekolah. Dengan demikian, pelatihan ini terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan guru BK untuk membantu siswa mengelola stres dan kecemasan, menciptakan lingkungan belajar yang lebih kondusif dan mendukung kesejahteraan mental siswa.
Keywords
References
Arizona., Wibowo, M. E.,&Japar, M. (2016). Teknik Relaksasi Berbasis Musik Inrumental Meningkatkan Self Efficacy siswa Smp Melalui Pengembangan Model Konseling Kelompok. Jurnal Bimbingan Konseling 5, 5(2), 86–92. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jubk/article/view/14024/7651
Islami, C. C. (2022). Konseling behavioral dengan teknik relaksasi untuk mereduksi kecemasan menghadapi ujian masuk perguruan tinggi pada siswa SMA. Academic Journal of Psychology and Counseling, 3(1), 1–24.
Junaidi, I. A., Rizhardi, R., Riyoko, E., & Putri, R. M. (2022). Burnout of Students in Distance Learning During the Covid-19 Pandemic. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(3), 2851–2860.
Putri, R. M., Sofah, R., AR, S., & Junaidi, I. A. (2021). Identifikasi Hambatan Belajar Mahasiswa Universitas Sriwijaya Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(3), 692. https://doi.org/10.33394/jk.v7i3.3574
Putri, R. M., Wisma, N., AR, S., & Sucipto, S. D. (2024). Pelatihan dan Pendampingan Teknik Relaksasi pada Layanan Bimbingan dan Konseling bagi Guru BK. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 9. https://doi.org/10.20527/btjpm.v6i1.9291
Yuliastini, N. K. S. (2020). Efektivitas model konseling behavioral dengan teknik relaksasi untuk meminimalisasi kecemasan dalam menghadapi mata pelajaran matematika. JKI (Jurnal Konseling Indonesia), 6(1), 1–5.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Rani Mega Putri, Alrefi Alrefi, Khadijah Lubis
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.