Diversifikasi Produk Hasil Perikanan Olahan Ikan Nila Sebagai Pemicu Ekonomi Kreatif

Ilham Zamil(1), Hari Setia Putra(2), Isra Yeni(3), Yollit Permata Sari(4), Ariusni Ariusni(5), Mike Triani(6), Urmatul Uska Akbar(7), Dwirani Puspa Artha(8), Diana Fitri Anggraini(9),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Johannes Kepler University  Austria
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(4) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(5) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(6) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(7) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(8) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(9) PT. Telkom Indonesia  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2024 Ilham Zamil, Hari Setia Putra, Isra Yeni, Yollit Permata Sari, Ariusni Ariusni, Mike Triani, Urmatul Uska Akbar, Dwirani Puspa Artha, Diana Fitri Anggraini

DOI : https://doi.org/10.24036/sb.05710

Abstract


Ekonomi Kreatif telah menjadi sebagai salah satu sektor penting dalam perekonomian negara Indonesia karena memiliki potensi luar biasa dalam mendorong pertumbuhan ekonomi dan menciptakan lapangan pekerjaan. Kelompok nelayan ikan nila di Sikabu Maninjau Sumatera Barat memiliki UMKM yang bergerak pada pengolahan ikan nila. Namun terdapat permasalahan yakni kurangnya pengetahuan dan keterampilan dalam membuat produk olahan ikan nila sehinga rendahnya pilihan produk olahan ikan, kurangnya informasi tentang pasar yang menyebabkan ketidaktahuan pasar yang potensial, dan belum adanya pelatihan sertifikasi halal untuk memenuhi standar halal produk olahan ikan nila. Untuk mengatasi permasalahan tersebut tim dari Universitas Negeri Padang melaksakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang diikuti sebanyak 18 IRT yang merupakan anggota UMKM pengolahan ikan nila. Hasil yang dapat dicapai pada kegiatan ini adalah anggota memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam membuat produk olahan ikan nila, mengetahui cara promosi dan menentukan pasar yang tepat serta mengetahui cara mengajukan sertifikat halal untuk produk olahan ikan nila yang dihasilkan. Dari kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pendapatan anggota, memperluas pasar produk, meningkatnya daya saing dan menciptakan lapangan pekerjaan.

Keywords


Diversifikasi, Olahan Ikan, Ekonomi Kreatif

References


Aysa, I. R. (2020). Strategi Pengembangan Ekonomi Kreatif di Era Digital. Jurnal At-Tamwil: Kajian Ekonomi Syariah, 2(2), 121–138. https://doi.org/10.33367/at.v2i2.1337

Bangsawan, G. (2023). Kebijakan Akselerasi Transformasi Digital di Indonesia: Peluang dan Tantangan untuk Pengembangan Ekonomi Kreatif. Jurnal Studi Kebijakan Publik, 2(1), 27–40. https://doi.org/10.21787/jskp.2.2023.27-40

Bimantara, A. R., Hidayat, W., & Suliswanto, M. S. W. (2021). Strategi Pengembangan Ekonomi Kreatif Di Kota Malang. Jurnal Ilmu Ekonomi JIE, 4(1), 1–13. https://doi.org/10.22219/jie.v4i1.9189

Endah, K. (2020). Pemberdayaan Masyarakat : Menggali Potensi Lokal Desa. Moderat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 6(1), 135–143. https://jurnal.unigal.ac.id/moderat/article/view/3319/2914

Habib, M. A. F. (2021). Kajian Teoritis Pemberdayaan Masyarakat Dan Ekonomi Kreatif. Journal of Islamic Tourism Halal Food Islamic Traveling and Creative Economy, 1(2), 82–110. https://doi.org/10.21274/ar-rehla.v1i2.4778

Hasan, M. (2018). Pembinaan Ekonomi Kreatif Dalam Perspektif Pendidikan Ekonomi. JEKPEND: Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 1(1), 81. https://doi.org/10.26858/jekpend.v1i1.5063

Hasan, M., Noercahyo, A., Rani, A. E., Salshabilla, N. A., & Izzati, S. N. (2021). Pengembangan Ekonomi Kreatif Sektor Umkm Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(2), 125–138. https://doi.org/10.26740/jepk.v9n2.p125-138

Herawati, V. E., Saraswati, L. D., & Juniarto, A. Z. (2020). Penguatan Komoditi Unggulan Masyarakat Melalui Diversifikasi Produk Olahan Ikan Di Desa Asinan Kecamatan Bawen Kabupaten Semarang. Jurnal Pasopati, 2(4), 216–221.

Hermawan, E., & Sulastri, R. (2023). Pemberdayaan Masyarakat: Pentingnya Pemenuhan Kebutuhan Dasar Masyarakat. Distingsi: Journal of Digital Society, 1(3), 1–6.

Marlinah, L. (2017). Meningkatkan Ketahanan Ekonomi Nasional Melalui Pengembangan Ekonomi Kreatif. Jurnal Cakrawala: Ejournal.Bsi.Ac.Id, 17(2), 258–265. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/cakrawala/article/view/2488

Sari, N. (2018). Pengembangan Ekonomi Kreatif Bidang Kuliner Khas Daerah Jambi. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 2(1), 51–60. https://doi.org/10.22437/jssh.v2i1.5281

Syauqi, A. T. (2016). Startup sebagai Digitalisasi Ekonomi dan Dampaknya bagi Ekonomi Kreatif di Indonesia. Department of Electrical Engineering and Information Technology , 3(2), 1–4.

Teriasi, R., Widyasari, Y., Supardi, J. S., Merdiasi, D., Apandie, C., & Sepniwati, L. (2022). Pendampingan Ekonomi Kreatif Bagi Komunitas Ibu Rumah Tangga. Jurnal Pengabdian Masyarakat (Abdira), 2(4), 1–9. https://doi.org/10.31004/abdira.v2i4.174

Wahyuningsih, S., & Satriani, D. (2019). Pendekatan Ekonomi Kreatif Terhadap Pertumbuhan Ekonomi. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 8(2), 195–205. https://doi.org/10.46367/iqtishaduna.v8i2.172

Yunus, M. (2019). Ekonomi Kreatif: Konsep Ekonomi Baru Penggerak Mahasiswa Menjadi Wirausaha Kreatif. Seminar Nasional Keindonesiaan Iv, 125–130.

Zamzami, Z., & Hastuti, D. (2018). Determinan penerimaan daerah dan pertumbuhan ekonomi terhadap pengembangan ekonomi kreatif di Provinsi Jambi. Jurnal Paradigma Ekonomika, 13(1), 37–45. https://doi.org/10.22437/paradigma.v13i1.4903


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Ilham Zamil, Hari Setia Putra, Isra Yeni, Yollit Permata Sari, Ariusni Ariusni, Mike Triani, Urmatul Uska Akbar, Dwirani Puspa Artha, Diana Fitri Anggraini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.