Pengembangan New Era Enterpreneurs Make Up Artist bagi Pemudi Aisyiyah di Kecamatan Tanjung Raya

Annur Fitri Hayati(1), Oknaryana Oknaryana(2), Murni Astuti(3), Nilmadesri Rosya(4),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(4) Universitas PGRI Sumatera Barat  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2024 annur fitri hayati, Oknaryana Oknaryana, Murni Astuti, Nilmadesri Rosya

DOI : https://doi.org/10.24036/sb.05620

Full Text:    Language : ind

Abstract


Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) menjadi wisata prioritas 2023 oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang akan kaya dengan potensi wisata alam, budaya serta usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Masyarakat sekitar Danau Maninjau sebagian besar mendapatan penghasilannya dari karamba ikan akan tetapi keramba ikan sekarang sudah sering tercemar. Maka dari pada itu perlu adanya usaha pengadaan pemberdayaan ekonomi agar masyarakat mulai beralih menjadi new entrepreneur. Tujuan dari program PKM ini adalah memberikan keterampilan Make Up  dan fotography serta memberikan pelatihan pembuatan media promosi untuk jasa yang dihasilkan. Metode kegiatan dalam pengabdian ini melalui tahapan persiapan, pertemuan penyamaan persepsi dan diskusi bentuk kegiatan dengan mitra, persiapan pelaksanaan, kegiatan inti serta evaluasi kegiatan. Hasil dari PKM ini adalah peserta memeliki keterampilan Make UP Artist (MUA) sehingga permintaan penyewaan pelaminan sekaligus tata rias penganten dan keluarga penganten dapat dipenuhi. Selain itu, peserta dapat menyediakan jasa fotografi untuk acara pernikahan dan juga di objek wisata sekitar Danau Maninjau. Kemudian peserta dapat membuat media promosi untuk jasa yang mereka hasilkan. Dari pelatihan yang telah dilakukan dapat disimpulkan peserta dapat menambah pengetahuan dan keterampilan Make Up Artist (MUA), fotografi dan pembuatan media promosi.  


Keywords


Make Up Artist, fotografi, promosi

References


Anjani Purba, D., & Bathara, L. (n.d.). FISH CULTIVATION ADAPTATION STRATEGY POST-OCCURRENCE TUBO BALERANG IN MANINJAU LAKE JORONG GALAPUNG NAGARI TANJUNG SANI TANJUNG RAYA DISTRICT AGAM REGENCY WEST SUMATERA PROVINCE.

Dwi Nanda, L., Tan, F., & Noer, M. (n.d.). TINGKAT PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PROGRAM PENYELAMATAN DAN PENGELOLAAN LINGKUNGAN BERKELANJUTAN DANAU MANINJAU Community Participation Level InThe Sustainable Management and Conservation Program of Maninjau Lake.

I Gusti Ayu Agung, D. S., Umiyati, M., & Nurwahyuni, K. (2021). Pelatihan Penulisan Bahasa Iklan dan Strategi Promosi di Masa Pandemi. Postgraduated Community Service Journal, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.22225/pcsj.2.1.2021.1-9

Ibrahim, A., Sudarso, J., Imroatushshoolikhah, I., Toruan, R. L., & Sari, L. (2021). Penggunaan Makrozoobentos Dalam Penilaian Kualitas Perairan Sungai Inlet Danau Maninjau, Sumatera Barat. Jurnal Ilmu Lingkungan, 19(3), 649–660. https://doi.org/10.14710/jil.19.3.649-660

Prilano, K., & Sudarso, A. (2020). Pengaruh Harga, Keamanan dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Toko Online Lazada. Journal of Business and Economics Research (JBE), 1(1), 1–10. https://www.liputan6.com/tekno/read/3236843/kasus-order-fiktif-di-lazada-meluap-warganet-ikutanbaper.

Setiawan, F., Matsushita, B., Hamzah, R., Jiang, D., & Fukushima, T. (2019). Long-term change of the secchi disk depth in Lake Maninjau, Indonesia shown by landsat TM and ETM+ data. Remote Sensing, 11(23). https://doi.org/10.3390/rs11232875

News, M. O. (2022, January 5). mjnews.id. Diambil kembali dari www.mjnews.id: https://www.mjnews.id/2022/01/wagub-sumbar-minta-souvenir-di-museum-buya-hamka-ditambah/

Tania, H. M. (2021, June 14). SumbarKita.id. Diambil kembali dari www.sumbarkita.id: https://sumbarkita.id/petani-maninjau-protes-rencana-pengurangan-keramba/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 annur fitri hayati, Oknaryana Oknaryana, Murni Astuti, Nilmadesri Rosya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.