Penerapan Aplikasi Marbel Hijaiyah Mengenal Huruf Hijaiyah melalui Bahasa Isyarat bagi Peserta Didik Disabilitas Rungu di SLB YPPLB Padang
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(4) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(5) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(6) Universitas Negeri Padang  Indonesia
Corresponding Author
Copyright (c) 2024 Mega Iswari Biran Asnah
DOI : https://doi.org/10.24036/sb.05530
Full Text: Language : en
Abstract
Kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) merupakan salah satu tri darma perguruan tinggi yang harus dilaksanakan oleh dosen. Kegiatan memberikan pelatihan dalam penggunaan aplikasi Marbel hijaiyah maksudnya adalah Mari Belajar Hijaiyah dalam mengenal huruf hijaiyah melalui bahasa isyarat bagi peserta didik disabilitas runggu di SLB YPPLB Padang. Pelatihan ini di ikuti oleh guru yang mengajar disabilitas rungu dan peserta didiknya. Tujuan pelaksanaan kegiatan PKM untuk memberikan pelatihan dalam penggunaan aplikasi Marbel Hijaiyah berbasis Android untuk mengenal huruf hijaiyah melalui Bahasa Isyarat bagi peserta didik Disabilitas Rungu. Aplikasi ini berisikan huruf hijaiyah, bahasa isyarat dan beberapa kuis kuis yang harus dijawab oleh peserta didik PKM ini dijabarkan dalam 6 bentuk kegiatan pelaksanaan. Kegiatan pertama adalah sosialisasi yang berisi penyampaian materi pembelajaran tentang konsep huruf hijaiyah kepada peserta didik disabilitas rungu. Kegiatan kedua adalah pelatihan menggunakan aplikasi marbel hijaiyah yang berbasis Android. Kegiatan ketiga adalah penerapan teknologi aplikasi Marbel Hijaiyah yang sudah dapat diinstal di gawai/ HP masing-masing. Kegaitan berikutnya adalah pendampingan dilakukan pada saat proses sosialisasi penyampaian materi dan saat menyelesaikan soal latihan pada aplikasi Mari Belajar Hijaiyah. Kegiatan ini telah berjalan dengan lancar sehingga peserta didik disabilitas rungu telah memahami penggunaan Aplikasi Marbel dan memahami huruf hijaiyah serta mampu berkomunikasi secara verbal membaca huruf hijaiyah melalui bahasa isyarat. Demikian juga guru dan kepala sekalah sangat merasakan manfaat Aplikasi Marbel ini untuk proses belajar mengajar.
Keywords
References
Al Irsyadi, F.Y., Susanti, L.D., & Kurniawan, Y.I. (2021). Game Edukasi Belajar Huruf Hijaiyah untuk Kelas 2 di Sekolah Luar Biasa Yayasan Rehabiltasi TunaRungu Wicara Surakarta. Jurnal Imu Komputer dan Informatika, 1 (1), 43-54
Anita Adesti, & Siti Nurkholimah. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Aplikasi Adobe Flash Cs 6 Pada Mata Pelajaran Sosiologi. Edutainment: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Kependidikan, 8(1), 27–38. https://doi.org/10.35438/e.v8i1.221
Fauziah, Y., Yuwono, B., & DWP, C. (2014). Aplikasi Kamus Elektronik Bahasa Isyarat Bagi Tunarungu Dalam Bahasa Indonesia Berbasis Web. Telematika, 9(1). https://doi.org/10.31315/telematika.v9i1.297
Hasan, M. Milawati, Daradjat, dkk. (2021). Media Pembelajaran. Malang: Tahta Media Group
Kustawan, D & Yani, M. (2013). Mengenal Pendidikan Khusus dan Pendidikan Layanan Khusus serta Implementasinya. Jakarta: Luxima Metro Media.
Marlina, M. & Irdamurni, I. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Bahasa Isyarat Kata Kunci sebagai Upaya Peningkatan Keterampilan Berbahasa pada Anak Autis Usia Dini. Repository.unp.ac.id/id/print/29269
Murniati, M. (2018). Pembelajaran Agama Islam pada Anak Berkebutuhan Khusus Tunarungu dan Tunanetra: Penelitian di SLB BC Murni Kota Bandung. UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Murya, Y. Pemrograman Android Black Box. (2014). Yogyakarta: Jasakom
Noor, Muhammad; Lutviani, Risenna, M. (2016). Aplikasi Pintar Membaca Huruf Hijaiyah pada Anak Usia Dini Berbasis Android. Jurnal Sains & Informatika, 2(2), 98–106.
Palferyman, N., Sagara, K., & Zeshan, U. (2015). 11 Methods in Carrying out Language Typological Research Methodsin Sign Language Studies: A Practical Guide, 1 (2), 173
Purnama, S. (2016). Metode Penelitian dan Pengembangan (Pengenalan untuk mengembangkan Produk Pembelajaran Bahasa Arab). LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 4 (1), 19
Riyan, M. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Pembelajaran Teks Eksposisi. Diksi, 29(2), 205–216. https://doi.org/10.21831/diksi.v29i2.36614
Sadja’ah, E. (2013). Bina Bicara, Persepsi Bunyi dan Irama. Bandung: Refika Aditama Supardi, Y. Koleksi Program Tugas Akhir dan Skripsi dengan Android. (2017). Jakarta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Mega Iswari Biran Asnah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.