Pengenalan Physical Fitness di Luar Jam Sekolah Sebagai Upaya Penurunan Kasus Obesitas (Dampak Corona “Tetap di rumah”)

Afrizal S(1), Eddy Marheni(2), M Ridwan(3), Vega Soniawan(4), Eko Purnomoi(5),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(4) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(5) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2020 Afrizal S Afrizal S

DOI : https://doi.org/10.24036/sb.0550

Full Text:    Language : id

Abstract


Sekolah merupakan bangunan atau lembaga untuk belajar dan mengajar serta tempat menerima dan memberi pelajaran. Proses pembelajaran di sekolah memiliki tujuan dan target capaian yang tersusun dalam sebuah kurikulum. Salah satunya adalah peningkatan kesehatan dalam pembelajaran pendidikan jasmani, olaharaga dan kesehatan (PJOK). Salah satu kesehatan yang masih menjadi tujuan pembelajaran PJOK ini adalah obesitas. Sumatera Barat berada pada kelompok dengan obesitas tinggi. Oleh karena itu dengan physical fitness di luar pembelajaran, nantinya dapat menurunkan obesistas siswa dan tentunya dapat diterapkan oleh semua guru PJOK di SMA. Hasil menunjukkan bahwa, Physical Fitness belum banyak dilaksanakan di Indonesia, khususnya Sumatera Barat. Pendidikan yang dilakukan hanya sebatas jam belajar yang ada disekolah, belum masuk pada kegiatan siswa diluar sekolah. Oleh karena itu, guru diajarkan membua tprogram diluar sekolah dengan memperhatikan porsi dan waktunya. Proses pengabdian berjalan dengan sangat baik, para guru juga sangat antusias mengikuti acara.

Keywords


Physical Fitness, Obesitas, Luar sekolah

References


Deborah and Jennifer, (2015) Foundation of Physical Education, Exercise Science, and Sport, New York : Mc Graw Hill.

Kompasiana, 2019 https://www.kompasiana.com/tag/obesitas

Riskesdas, K. (2014). Comments on Robinson’s thought experiment testing Heisenberg’s principle. In Journal of Physics A: Mathematical and General (Vol. 14, Issue 8). https://doi.org/10.1088/0305-4470/14/8/037

Riskesdas, K. (2018). Hasil Utama Riset Kesehata Dasar (RISKESDAS). Journal of Physics A: Mathematical and Theoretical, 44(8), 1–200. https://doi.org/10.1088/1751-8113/44/8/085201

Suherman, Adang. 2010. Teori Pengembangan Kurikulum Olahraga.Bandung : SPS UPI.

Suherman, Adang. 2009. Revitalisasi Pengajaran Dalam Pendidikan Jasmani. Bandung: CV. Bintang WarliArtika.

https://kbbi.web.id/sekolah (Diakses: 10 April 2020)

UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20, TENTANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Afrizal S Afrizal S

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.