Pelatihan Canva Berbasis Android dan Komputer Sebagai Inovasi Pembelajaran Pada Guru Sekolah di Yayasan Al-Hira Permata Nadirah

Jasmidi Jasmidi(1), Tita Juwitaningsih(2), Ajat Sudrajat(3), Muhammad Isa Siregar(4), Muhammad Nizam(5), Ratna Sari Dewi(6), Marnida Yusfiani(7), Rabiah Afifah Daulay(8), Anggian Nurjelita Sinaga(9), Yuna Elfany(10), Mayang Sari(11), Naila Syabina Rachmi(12), Risa Dwy Widya(13), Dina Arfah Ritonga(14),
(1) Universitas Negeri Medan  Indonesia
(2) Universitas Negeri Medan  Indonesia
(3) Universitas Negeri Medan  Indonesia
(4) Universitas Negeri Medan  Indonesia
(5) Universitas Negeri Medan  Indonesia
(6) Universitas Negeri Medan  Indonesia
(7) Universitas Negeri Medan  Indonesia
(8) Universitas Negeri Medan  Indonesia
(9) Universitas Negeri Medan  Indonesia
(10) Universitas Negeri Medan  Indonesia
(11) Universitas Negeri Medan  Indonesia
(12) Universitas Negeri Medan  Indonesia
(13) Universitas Negeri Medan  Indonesia
(14) Universitas Negeri Medan  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2024 Jasmidi Jasmidi, Tita Juwitaningsih, Ajat Sudrajat, Muhammad Isa Siregar, Muhammad Nizam, Ratna Sari Dewi, Marnida Yusfiani, Rabiah Afifah Daulay, Anggian Nurjelita Sinaga, Yuna Elfany, Mayang Sari, Naila Syabina Rachmi, Risa Dwy Widya, Dina Arfah Ritonga

DOI : https://doi.org/10.24036/sb.05430

Full Text:    Language : ina

Abstract


Guru – guru di Yayasan Al-Hira Permata Nadirah belum menguasai media pembelajaran berbasis TIK sepenuhnya, hal ini disebabkan terbatasnya pengetahuan yang dimiliki. Penggunaan canva merupakan solusi yang ditawarkan terhadap permasalahan yang dihadapi. dalam pembuatan berbagai jenis media pembelajaran. Tahapan kegiatan pengabdian yaitu: 1. Sosialisasi jenis media pembelajaran dan edukasi menggunakan canva; dan 2. Pelatihan pembuatan beberapa media pembelajaran dengan menggunakan canva. Kegiatan ini bertujuan guru – guru memiliki pengetahuan dan mahir dalam membuat berbagai media pembelajaran melalui canva. Adapun hasil yang diperoleh dari kegiatan pengabdian ini, guru – guru: 1. Memahami bahwa dengan menggunakan canva bisa membuat media pembelajaran dan 2. Mahir membuat berbagai media pembelajaran dari canva seperti handout dan video pembelajaran. Pemahaman guru dalam membuat media dengan canva diperoleh 91.7% dan kepuasa mitra terhadap kegiatan diperoleh 88.3%.

Abstrak

 

Guru – guru di Yayasan Al-Hira Permata Nadirah belum menguasai media pembelajaran berbasis TIK sepenuhnya, hal ini disebabkan terbatasnya pengetahuan yang dimiliki. Penggunaan canva merupakan solusi yang ditawarkan terhadap permasalahan yang dihadapi. dalam pembuatan berbagai jenis media pembelajaran. Tahapan kegiatan pengabdian yaitu: 1. Sosialisasi jenis media pembelajaran dan edukasi menggunakan canva; dan 2. Pelatihan pembuatan beberapa media pembelajaran dengan menggunakan canva. Kegiatan ini bertujuan guru – guru memiliki pengetahuan dan mahir dalam membuat berbagai media pembelajaran melalui canva. Adapun hasil yang diperoleh dari kegiatan pengabdian ini, guru – guru: 1. Memahami bahwa dengan menggunakan canva bisa membuat media pembelajaran dan 2. Mahir membuat berbagai media pembelajaran dari canva seperti handout dan video pembelajaran. Pemahaman guru dalam membuat media dengan canva diperoleh 91.7% dan kepuasa mitra terhadap kegiatan diperoleh 88.3%.


Keywords


media pembelajaran, canva, interaktif, handout, video pembelajaran

References


Alfiandra, Alfaraby, F., Apriliani, T., Maimunah, Rianti, W., & Nopianur, Y. A. (2024). Workshop Pemanfaatan Media Canva Sebagai Inovasi Pembelajaran Guru di SMP Negeri 1 Indralaya. Jurnal Pengabdian West Science, 3(01), 01–13. https://doi.org/10.58812/jpws.v3i01.402

Pujiarto, P., Aulia, R., Afrianti, N., Canna, N., Nurhasanah, N., Ismawati, I., … Maimunah, M. (2024). Inovasi Penggunaan Canva Edu dalam Mengembangkan Media Pembelajaran Interaktif Anak Usia Dini pada Guru PAUD. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 5(1), 36–40. https://doi.org/10.54371/ainj.v5i1.349

Rahmawati, L., Wibowo, W. S., Maryanto, A., & Nurohman, S. (2023). Pelatihan Pemanfaatan Canva for Education sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru IPA dalam Mendesain dan Memproduksi Media Pembelajaran di Era Digital. Surya Abdimas, 7(4), 585–595. https://doi.org/10.37729/abdimas.v7i4.2547

Rahmayuni, I., Sonatha, Y., Azmi, M., & Meidelfi, D. (2022). Pemanfaatan Canva dalam Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif bagi Para Guru SMA di Kabupaten Padang Pariaman. Suluah Bendang: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 22(2), 387. https://doi.org/10.24036/sb.02930

Sari, R. K., Hamzah, I., Wijaya, S. M., & Ikbarfikri, A. (2023). Pelatihan Canva sebagai Media Pembelajaran di SMA N 5 Metro. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 4(2), 208–213. Retrieved from https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/JSSTCS/article/view/3115

Sudrajat, A., & Medan, U. N. (2024). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Storyboard dalam Pembelajaran Kimia. CHEDS : Journal of Chemistry , Education , and Science, 8(1), 123–127. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.30743/cheds.v7i1.9308

Widyaningrum, W., & Sondari, E. (2021). Penerapan Literasi Digital Untuk Membuat Desain Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Canva. DE_JOURNAL (Dharmas Education Journal), 2(2), 321–328. Retrieved from http://ejournal.undhari.ac.id/index.php/de_journal


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jasmidi Jasmidi, Tita Juwitaningsih, Ajat Sudrajat, Muhammad Isa Siregar, Muhammad Nizam, Ratna Sari Dewi, Marnida Yusfiani, Rabiah Afifah Daulay, Anggian Nurjelita Sinaga, Yuna Elfany, Mayang Sari, Naila Syabina Rachmi, Risa Dwy Widya, Dina Arfah Ritonga

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.