Impementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada Layanan Bimbingan dan Konseling Bagi Guru BK di Prabumulih

Fadhlina Rozzaqyah(1), Yosef Yosef(2), Rani Mega Putri(3), Silvia Ar(4), Rahmi Rahmi(5), Alrefi Alrefi(6), Agung Maulana(7), Fatih Ilhamsyah(8),
(1) Sriwijaya University  Indonesia
(2) Universitas Sriwijaya  Indonesia
(3) Universitas Sriwijaya  Indonesia
(4) Universitas Sriwijaya  Indonesia
(5) Sriwijaya University  Indonesia
(6) Sriwijaya University  Indonesia
(7) Sriwijaya University  Indonesia
(8) Sriwijaya University  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2024 Fadhlina Rozzaqyah

DOI : https://doi.org/10.24036/sb.05300

Full Text:    Language : en

Abstract


Pelatihan ini dilaksanakan di Kota Prabumulih bekerjasama dengan Musyawarah Guru BK SMP Prabumulih yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru BK/Konselor SMP di Kota Prabumulih dalam implementasi Kurikulum merdeka belajar dan P5 dalam pelaksanaan Bimbingan dan Konseling. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini berupa pelatihan dan pendampingan dengan bentuk ceramah, tanya jawab, focused group discussion, dan project based learning. Hasil kegiatan ini menunjukan peningkatan poin pemahaman yang sangat signifikan pada hasil evaluasi posttest dan kemampuan dalam menyusun modul proyek penguatan profil pelajar Pancasila dalam layanan Bimbingan dan Konseling.


Keywords


Merdeka Belajar; Profil Pelajar Pancasila; Proyek; Bimbingan dan Konseling

References


Cahyani, A. 6 Peran Guru Penggerak Dalam Program Merdeka Belajar. 2020 Https://Blog.Kejarcita.Id/6-Peran-Guru-Penggerak-Dalam-Program-Merdeka-Belajar/. Akses Online: 24 April 2022.

Keputusan Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Nomor 009/H/Kr/2022 Tentang Dimensi, Elemen, Dan Suplemen Profil Pelajar Pancasila Pada Kurikulum Merdeka.

Nursalim, M. (2020). Peran Guru Bk/ Konselor Dalam Mensukseskan Program Merdeka Belajar. Prosiding Seminar & Lokakarya Nasional Bimbingan Dan Konseling 2020 Pd Abkin Jatim & Unipa Sby.

Rosena, A. W., Zulkarnain, Z., & Widianto, E. (2021). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Hasil Belajar Peserta Pelatihan Berbasis Kompetensi di UPT BLK Singosari Malang. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 1(10), 784-796.

Sibagariang, D. ., Sihotang, H. ., & Murniarti, E. (2021). Peran Guru Penggerak Dalam Pendidikan Merdeka Belajar Di Indonesia. Jurnal Dinamika Pendidikan, 14(2), 88-99. Https://Doi.Org/10.51212/Jdp.V14i2.53.

Yamin, M. & Syahrir. (2020). Pembangunan Pendidikan Merdeka Belajar (Telaah Metode Pembelajaran). Jurnal Ilmiah Mandala Education, Vol. 6 (1), 126-136. Http://Ejournal.Mandalanursa.Org/Index.Php/Jime/Index.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Fadhlina Rozzaqyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.