Implementasi Metode Role Playing dengan Media Kartu Bergambar untuk Anak Berkebutuhan Khusus Di Rusunawa Jatinegara Kaum

Indina Tarjiah(1), Asep Supena(2), Erfan Kurniawan(3), Dava Permana Putra(4), Bagus Prasetyo(5),
(1) Universitas Negeri Jakarta  Indonesia
(2) Universitas Negeri Jakarta  Indonesia
(3) Universitas Negeri Jakarta  Indonesia
(4) Universitas Negeri Jakarta  Indonesia
(5) Universitas Negeri Jakarta  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2023 Indina Tarjiah, Asep Supena, Erfan Kurniawan, Dava Permana Putra, Bagus Prasetyo

DOI : https://doi.org/10.24036/sb.04900

Full Text:    Language : ind

Abstract


Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini merupakan lanjutan dari kegiatan pengabdian masyarakat sebelumnya yang telah dilakukan oleh Indina tarjiah, dkk pada tahun 2021 dan 2022. Hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat sebelumnya telah berhasis mengasesmen 14 anak lambat belajar pada aspek membaca dan menulis. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah mengimplementasikan panduan terkait peleksanaan pembelajaran Iqro dengan metode bermain peran dan menggunakan media kartu bergambar. Tujuan berikutnya adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar anak dan proses pembelajaran Iqro yang menarik, menyenangkan bagi anak lambat belajar. Metode pelaksanaan yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini adalah wawancara, observasi, demontrasi, simulasi, diskusi dan pendampingan. Waktu pelaksanaan dilakukan selama enam hari pada tanggal 11 April, 02 Mei, 15 Mei, 16 Mei, 18 Mei, dan 25 Mei 2023. Hasil implementasi metode role playing dengan media kartu bergambar kepada 16 anak lambat belajar secara keseluruhan dapat mengatasi kesulitan yang dialami. 5 dari 16 anak sudah dapat mengatasi semua kesulitannya. 5 dari 16 anak sudah dapat mengatasi hampir semua kesulitannya.  4 dari 16 anak sudah dapat mengatasi setengah kesulitannya. Serta 2 dari 16 anak hanya beberapa saja yang dapat mengatasi kesulitannya.


Keywords


Metode Role Playing, Media Kartu Bergambar, Anak Berkebutuhan Khusus.

References


Alkhateeb, N., Alrubaian, A., & Tamakloe, D. (2023). A Dialogical Inquiry of Elementary School Teachers’ Perspectives on Inclusive Education of Students With Special Education Needs and Disability (SEND). SAGE Open, 13(2), 1–11. https://doi.org/10.1177/21582440231162056

Farias, L., Laliberte Rudman, D., Pollard, N., Schiller, S., Serrata Malfitano, A. P., Thomas, K., & van Bruggen, H. (2019). Critical dialogical approach: A methodological direction for occupation-based social transformative work. Scandinavian Journal of Occupational Therapy, 26(4), 235–245. https://doi.org/10.1080/11038128.2018.1469666

Gibbs, K., & Bozaid, A. (2022). Conceptualising inclusive education in Saudi Arabia through conversations with special education teachers. Improving Schools, 25(2), 101–113. https://doi.org/10.1177/13654802211021756

Majoko, T. (2018). Zimbabwean General Education Preschool Teacher Needs in Inclusion. SAGE Open, 8(2). https://doi.org/10.1177/2158244018777568

Munchan, L., & Agbenyega, J. (2020). Exploring early childhood educators’ experiences of teaching young children with disability. Australasian Journal of Early Childhood, 45(3), 280–291. https://doi.org/10.1177/1836939120944635

Muzata, K. K. (2019). Terminological Abuse versus Inclusion: An Analysis of Selected Terms Used to Describe Persons with Disabilities in Luvale. Journal of Lexicography and Terminology, 3(1), 33–54. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.46827/ejse.v6i3.3359

Presiden, S. (2021). Podcast Hardiknas 2021 Presiden Jokowi dan Mas Menteri Nadiem Makarim, 2 Mei 2021. https://www.youtube.com/watch?v=36Q3-BQIi4A

Reuge, N., Jenkins, R., Brossard, M., Soobrayan, B., Mizunoya, S., Ackers, J., Jones, L., & Taulo, W. G. (2021). Education response to COVID 19 pandemic, a special issue proposed by UNICEF: Editorial review. International Journal of Educational Development, 87, 102485. https://doi.org/10.1016/j.ijedudev.2021.102485

Sakallı, Ö., Tlili, A., Altınay, F., Karaatmaca, C., Altınay, Z., & Dağlı, G. (2021). The Role of Tolerance Education in Diversity Management: A Cultural Historical Activity Theory Perspective. SAGE Open, 11(4). https://doi.org/10.1177/21582440211060831

Tarjiah, I., Supena, A., & Kurniawan, E. (2022a). Pendampingan Orang Tua dan Asesmen Anak Berkebutuhan Khusus di Rumah Susun Jatinegara Kaum Jakarta Timur. Suluah Bendang: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 22(1), 25–40. https://doi.org/10.24036/sb.01980

Tarjiah, I., Supena, A., & Kurniawan, E. (2022b). Pendampingan Orang Tua dan Guru Tentang Anak Lamban Belajar Serta Asesmen Membaca dan Menulis. Jurnal Suluah Bendang, 22(2), 351–360. https://doi.org/10.24036/sb.02780

Törmänen, M. R. K., & Roebers, C. M. (2018). Developmental outcomes of children in classes for special educational needs: results from a longitudinal study. Journal of Research in Special Educational Needs, 18(2), 83–93. https://doi.org/10.1111/1471-3802.12395


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Indina Tarjiah, Asep Supena, Erfan Kurniawan, Dava Permana Putra, Bagus Prasetyo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.