Pengembangan Materi Prakarya di SD melalui Pemanfatan Bahan Praktikum dari Kain Perca

Yusron Wikarya(1), Yahya Yahya(2), Rahmi Oktayory Wikarya(3), Eswendi Eswendi(4), Irwan Irwan(5), Nessya Fitriyona(6), Shindu Krisnanda(7),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(4) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(5) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(6) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(7) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2024 Yusron Wikarya

DOI : https://doi.org/10.24036/sb.04890

Full Text:    Language : en

Abstract


Permasalahan prioritas ditentukan berdasarkan aspek: (1) Pengelolaan bahan, dan (2) Pemanfaatan kain perca sebagai bahan praktik pembelajaran Prakarya. Pemecahan masalah dilakukan dengan metode pembuatan model, pembuatan media pembelajaran, penyajian materi, dan pelatihan. Sasaran luaran wajib yang dihasilkan adalah: (a) Publikasi ilmiah yang diterbitkan pada jurnal nasional terakreditasi. (b) Video kegiatan, dan (c) Publikasi di media cetak/online. Sasaran luaran tambahannya adalah: (1) Peningkatan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi di masyarakat berupa pemanfaatan kain perca sebagai bahan pembelajaran Prakarya di sekolah dasar, (2) Peningkatan nilai-nilai masyarakat berupa peningkatan pengetahuan dan keterampilan peserta dalam bidang kerajinan tangan. menguasai bahan kerajinan dari kain perca, dan (3) metode atau sistem hasil; produk (barang atau jasa) berupa produk kerja praktek yang terbuat dari bahan kain perca.


Keywords


Prakarya, manajemen bahan, kain perca

References


Depdiknas. 2013a. Pelayanan Profesional Kurikulum 2006. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Depdiknas. 2013b. Standar Kompetensi Mata Pelajaran Kerajinan Tangan dan Kesenian. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Devanti, Y. M. 2017. Pemanfaatan Limbah Konveksi untuk Meningkatkan Pendapatan Rumah Tangga Miskin (RTM). Jurnal Pengabdian Masyarakat Ipteks, 3(1), 51–56.

Efrizal dkk. 2018. Peningkatan Penguasaan Materi Menggambar dengan Teknik-teknik Cat Air bagi Guru SDN Lubuk Lintah Padang. Ranah Seni: Jurnal Seni dan Desain Vol 12 No 01 (2018).

Ghaisani Arta Pramesi1, Fajar Cahyadi2, Rofian. (2022). Pengembangan Suplemen Bahan Ajar Seni Budaya dan Prakarya Tema 5 Pada Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling Volume 4 Nomor 5 Tahun 2022 E-ISSN: 2685-936X dan P-ISSN: 2685-9351.

Purnengsih, I., Andrijanto, M. S., & Rosida, I. 2018. Menggugah Kreativitas Seni Ibu-Ibu PKK melalui Seni Lukis pada Jilbab dalam Rangka Pelestarian Seni. Jurnal PkM Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(03), 244.

Rosdiana, A., Dian Yulistianti, H., Nor Laila, A., & Kunci, K. 2018. Pelatihan Pemanfaatan Kain Perca sebagai APE Pillow Doll untuk Pembelajaran Anak Usia Dini di Kuwasen Jepara. Jdc, 2(1), 1–7.

Sinta Yuli Putri Marta Sari dkk. 2022. Pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya di Kelas IV SDN 2 Lendang Nangka Utara. Jurnal Pendidikan Seni Rupa Undiksha Vol. 12(2), pp. 129-141, 2022.

Sulistianingsih, D. 2017. Produk Kerajinan Tangan dari Limbah Kain Perca bagi Ibu-Ibu Rumah Tangga. Venus, 48(1), 53–54.

Susilo, R. 2020. Pemanfaatan limbah kain perca untuk pembuatan furnitur. Jurnal Tingkat Sarjana Senirupa Dan Desain, 1(1), 1–6.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Yusron Wikarya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.