Pelatihan Pembuatan Penilaian Otentik bagi Guru-Guru Bahasa Inggris SMP di Kota Padang

Sitti Fatimah(1), Fitrawati Fitrawati(2), Yetti Zainil(3),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2019 Sitti Fatimah

DOI : https://doi.org/10.24036/sb.0440

Full Text:    Language : en

Abstract


Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengadakan pelatihan pembuatan penilaian otentik bagi guru-guru Bahasa Inggris SMP di kota Padang. Pelatihan ini diadakan di Forum MGMP (Majelis Guru Mata Pelajaran) yang melibatkan tiga orang dosen Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris, Universitas Negeri Padang. Peserta diperkenalkan dengan berbagai bentuk penilaian otentik dan dilatih untuk membuat soal-soal ataupun tugas yang bersifat otentik yang dilakukan dengan latihan terbimbing dan mandiri. Pelatihan ini dilanjutkan melalui email dan aplikasi whats app dimana peserta pelatihan yang mewakili beberapa sekolah mengirimkan soal-soal yang dibuat berdasarkan konsep penilaian otentik. Soal tersebut kemudian dikoreksi dan diberikan masukan dan dikirimkan kembali kepada mereka supaya mereka dapat memperbaiki dan menggunakannya untuk menilai capaian pembelajaran siswa. Dari soal-soal yang dibuat oleh guru pada tahap awal latihan terbimbing masih banyak yang membuat secara tradisional atau belum menerapkan prinsip penilaian otentik. Namun pada tahap berikutnya sudah terlihat pemahaman sebagian guru-guru tersebut.


Keywords


penilaian otentik (authentic assessment), pembelajaran Bahasa Inggris, sekolah menengah pertama

References


Anderson, L.W. & Krathwohl. (2001). A taxonomy for learning, teaching, and assessing (A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives). Abridge Edition. New York: David McKay Company.

Anderson, L.W. & Krathwohl (2010). Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran dan Asesmen (Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Badan Standar Nasional Pendidikan (2007). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2007 Tentang Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.

Badan Standar Nasional Pendidikan. (2004). Undang-undang Republik Indonesia Tentang Sistem Pendidikan Menengah. Jakarta: Depdiknas RI

Brown, H. D. (2010). Language Assessment: Principles and classroom practice (2nd Ed.). New York: Pearson Education, Inc.

Menteri Pendidikan & Kebudayaan Republik Indonesia. (2018). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2018 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.

Moore, B & Stanley, T. (2010). Critical Thinking and Formative Assessment. Larchmont: Eye of Education

Mulyasa, E. (2009). Standar kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Sitti Fatimah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.