Application of Character Building with Physical Education (CBPE)
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia
Corresponding Author
Copyright (c) 2019 Eddy Marheni
DOI : https://doi.org/10.24036/sb.0400
Full Text: Language : idn
Abstract
Masalah dalam pengabdian ini berupa rendahnya pendidikan karakter pada siswa SMK. Pengabdian ini bertujuan mendeskripsikan karakter yang terbentuk pada mata pelajaran PJOK. Metode yang digunakan adalah demonstrasi dan ceramah. Data dikumpulkan melalui kegiatan observasi dengan bantuan lembar observasi. Selain itu penerapan nilai karakter pada aktivitas jasmani melalui cabang olahraga seperti pencak silat, sepak bola, tarung derajat dan catur secara tidak langsung membiasakan siswa melakukan perbuatan positif atau membentuk karakter positif. Karakter yang terbentuk, yaitu jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, peduli sosial, peduli lingkungan, dan bertanggung jawab. Karakter tersebut merupakan nilai-nilai luhur yang dimiliki oleh bangsa Indonesia yang dapat membekali siswa dalam menghadapi perkembangan IPTEK. Hal ini sejalan dengan keberadaan mata pelajaran PJOK yang sejak awal digunakan untuk menanamkan nilai-nilai moral
Keywords
References
Suparmin, Mamin. 2010. Makna Psikologi Perkembangan Peserta didik. Jurnal Ilmiah SPIRIT. ISSN: 141-8319 Vol. 10. No. 2. Tahun 2010
Sriyanti, Lilik. 2011. Modul Psikologi belajar. Yogyakarta: CV. Orbittrust Corp
Jhon W. Santrock, Educational Psychology, 5th edition (New York: McGraw-Hill Companies, 2011), h. 2
Kate M. Loewwenthal, The Psychology of Religion: A Short Intorduction (Oxford: Oneworld, 2008), h. 1
H.B. English dan A.C English., A Comprehensive Dictionary of Psychological and Psychoanalytic Terms: A Guide to Usage (New York, London and Toronto: Longmans Green, 1958), h. 210
Singgih, G, Setiadarma, M.P., & Myrna, H.R.S. 1996. PsikologlOlahrga: Teori dan Praktis. Jakarta: PT BPK Gunung Mulya
Supriyadi. 2015. Psikologi Olahraga. Bali: Fakultas Kedokteran Universitas Undaya
Weinberg, R.S. & Gould, D. (1995). Foundations of sport and exercise psychology. Champaign, Illinois: Human Kinetics.
Hoedaya, Danu. 2007. Kajian Psikologi Olahraga Dari Persepektif Disiplin Keilmuan. Bandung: FPOK UPI
Sudrajat, Ajat. 2011. Mengapa Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta Jurnal Pendidikan Karakter, Tahun I, Nomor 1, Oktober 2011
Kementrian Pendidikan Nasional Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum. 2010. Bahan Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-Nilai Budaya Untuk Membentuk Daya Saing Dan Karakter Bangsa. Pengembangan Pendidikan dan Karakter Bangsa. Jakarta: Kemendiknas
Depdiknas. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas
Afandi, Rifki. 2011. Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Ips di Sekolah Dasar. Universitas Muhammadiyah Sidoharjo: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Pedagogia Vol. 1, No. 1, Desember 2011: 85-98
NursidSumaatmadja. 2007. Konsep Dasar IPS. Jakarta: UniversitasTerbuka
Suyatno. 2009. Urgensi Pendidikan Karakter. Jakarta: Depdiknas.
Setiawan, Deny. 2013. Peran Pendidikan Karkter dalam Mengembangkan Kecerdasan Moral. UNIMED: Fakultas Ilmu Sosial Jurnal Pendidikan Karakter Tahun III, Nomor 1, Februari 2013.
Kemko Kesejahteraan Rakyat. 2010. Kebijakan Nasional Pembangunan Karakter Bangsa. Jakarta: Kemko Kesejahteraan Rakyat.
Kirschenbaum, Howard. 2000. “From Values Clarification to Character Education: A Personal Journey.” The Journalof Humanistic Counseling, Educationand Development. Vol. 39, No. 1, September, pp. 4-20.
Lickona, Thomas. 1991. Educating for Character: How Our Schools can Teach Respect and Responsibility. New York:Bantan Books.
Hamid, Abdulloh. 2013. Penanaman Nilai-Nilai Karakter Siswa SMK Salafiyah Prodi TKJ Kajen Margoyoso Pati Jawa Tengah. Yogyakarta: UNY Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol 3, Nomor 2, Juni 2013
Sudira, P. (2011). Pendidikan kejuruan dan vokasi berbasis tri hita karana. dalam (Prosiding Kongres Pendidikan, Peng-ajaran dan Kebudayaan). Yogyakarta: Pusat Studi Pancasila Universitas Gajah Mada.
Krathwohl, D.R., Bloom, B.S., and Masia, B.B. (1964). Taxonomy of educational objectives: handbookII: affective do-main. New York: David McKay Co.
Bahri, D. & Zain, A. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT AsdiMahasatya.
Hadari, Nawawi. (2007). Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada University Press
Hadari Nawawi. (2012). Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Hamdani. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia
Yamin, Martinis. (2012). Desain Baru Pembelajaran Konstruktivistik. Jakarta: Referensi
Taniredja, dkk. (2011). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta
Utama, Bandi. 2011. Pembentukan Karakter Anak Melalui Aktivitas Bermain Dalam Pendidikan Jasmani. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia Volume 8, Nomor 1, April 2011
Rosita, Lilis. 2018. Peran Pendidikan Karakter Dalam Pencapain Tujuan Pembelajaran Di Sekolah. Bandung: Universitas Wanita Internasional. Jurnal Ilmu Politik dan Komunikasi Volume VIII No. 1 / Juni 2018
Judiani, Sri. 2010. Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Melalui Penguatan Pelaksanaan Kurikulum. Setditjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Kemendiknas Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 16, Edisi Khusus III, Oktober 2010
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Eddy Marheni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.