Application of Character Building with Physical Education (CBPE)

Eddy Marheni(1), Afrizal S(2), Eko Purnomo(3),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2019 Eddy Marheni

DOI : https://doi.org/10.24036/sb.0400

Full Text:    Language : idn

Abstract


Masalah dalam pengabdian ini berupa rendahnya pendidikan karakter pada siswa SMK. Pengabdian ini bertujuan mendeskripsikan karakter yang terbentuk pada mata pelajaran PJOK. Metode yang digunakan adalah demonstrasi dan ceramah. Data dikumpulkan melalui kegiatan observasi dengan bantuan lembar observasi. Selain itu penerapan nilai karakter pada aktivitas jasmani melalui cabang olahraga seperti pencak silat, sepak bola, tarung derajat dan catur secara tidak langsung membiasakan siswa melakukan perbuatan positif atau membentuk karakter positif. Karakter yang terbentuk, yaitu jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, peduli sosial, peduli lingkungan, dan bertanggung jawab. Karakter tersebut merupakan nilai-nilai luhur yang dimiliki oleh bangsa Indonesia yang dapat membekali siswa dalam menghadapi perkembangan IPTEK. Hal ini sejalan dengan keberadaan mata pelajaran PJOK yang sejak awal digunakan untuk menanamkan nilai-nilai moral


Keywords


Pendidikan Kejuruan; SMK; Pendidikan Karakter

References


Suparmin, Mamin. 2010. Makna Psikologi Perkembangan Peserta didik. Jurnal Ilmiah SPIRIT. ISSN: 141-8319 Vol. 10. No. 2. Tahun 2010

Sriyanti, Lilik. 2011. Modul Psikologi belajar. Yogyakarta: CV. Orbittrust Corp

Jhon W. Santrock, Educational Psychology, 5th edition (New York: McGraw-Hill Companies, 2011), h. 2

Kate M. Loewwenthal, The Psychology of Religion: A Short Intorduction (Oxford: Oneworld, 2008), h. 1

H.B. English dan A.C English., A Comprehensive Dictionary of Psychological and Psychoanalytic Terms: A Guide to Usage (New York, London and Toronto: Longmans Green, 1958), h. 210

Singgih, G, Setiadarma, M.P., & Myrna, H.R.S. 1996. PsikologlOlahrga: Teori dan Praktis. Jakarta: PT BPK Gunung Mulya

Supriyadi. 2015. Psikologi Olahraga. Bali: Fakultas Kedokteran Universitas Undaya

Weinberg, R.S. & Gould, D. (1995). Foundations of sport and exercise psychology. Champaign, Illinois: Human Kinetics.

Hoedaya, Danu. 2007. Kajian Psikologi Olahraga Dari Persepektif Disiplin Keilmuan. Bandung: FPOK UPI

Sudrajat, Ajat. 2011. Mengapa Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta Jurnal Pendidikan Karakter, Tahun I, Nomor 1, Oktober 2011

Kementrian Pendidikan Nasional Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum. 2010. Bahan Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-Nilai Budaya Untuk Membentuk Daya Saing Dan Karakter Bangsa. Pengembangan Pendidikan dan Karakter Bangsa. Jakarta: Kemendiknas

Depdiknas. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas

Afandi, Rifki. 2011. Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Ips di Sekolah Dasar. Universitas Muhammadiyah Sidoharjo: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Pedagogia Vol. 1, No. 1, Desember 2011: 85-98

NursidSumaatmadja. 2007. Konsep Dasar IPS. Jakarta: UniversitasTerbuka

Suyatno. 2009. Urgensi Pendidikan Karakter. Jakarta: Depdiknas.

Setiawan, Deny. 2013. Peran Pendidikan Karkter dalam Mengembangkan Kecerdasan Moral. UNIMED: Fakultas Ilmu Sosial Jurnal Pendidikan Karakter Tahun III, Nomor 1, Februari 2013.

Kemko Kesejahteraan Rakyat. 2010. Kebijakan Nasional Pembangunan Karakter Bangsa. Jakarta: Kemko Kesejahteraan Rakyat.

Kirschenbaum, Howard. 2000. “From Values Clarification to Character Education: A Personal Journey.” The Journalof Humanistic Counseling, Educationand Development. Vol. 39, No. 1, September, pp. 4-20.

Lickona, Thomas. 1991. Educating for Character: How Our Schools can Teach Respect and Responsibility. New York:Bantan Books.

Hamid, Abdulloh. 2013. Penanaman Nilai-Nilai Karakter Siswa SMK Salafiyah Prodi TKJ Kajen Margoyoso Pati Jawa Tengah. Yogyakarta: UNY Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol 3, Nomor 2, Juni 2013

Sudira, P. (2011). Pendidikan kejuruan dan vokasi berbasis tri hita karana. dalam (Prosiding Kongres Pendidikan, Peng-ajaran dan Kebudayaan). Yogyakarta: Pusat Studi Pancasila Universitas Gajah Mada.

Krathwohl, D.R., Bloom, B.S., and Masia, B.B. (1964). Taxonomy of educational objectives: handbookII: affective do-main. New York: David McKay Co.

Bahri, D. & Zain, A. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT AsdiMahasatya.

Hadari, Nawawi. (2007). Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada University Press

Hadari Nawawi. (2012). Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Hamdani. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia

Yamin, Martinis. (2012). Desain Baru Pembelajaran Konstruktivistik. Jakarta: Referensi

Taniredja, dkk. (2011). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta

Utama, Bandi. 2011. Pembentukan Karakter Anak Melalui Aktivitas Bermain Dalam Pendidikan Jasmani. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia Volume 8, Nomor 1, April 2011

Rosita, Lilis. 2018. Peran Pendidikan Karakter Dalam Pencapain Tujuan Pembelajaran Di Sekolah. Bandung: Universitas Wanita Internasional. Jurnal Ilmu Politik dan Komunikasi Volume VIII No. 1 / Juni 2018

Judiani, Sri. 2010. Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Melalui Penguatan Pelaksanaan Kurikulum. Setditjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Kemendiknas Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 16, Edisi Khusus III, Oktober 2010


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Eddy Marheni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.