Pelatihan Dan Penyuluhan Hidup Aktif dan Sehat Di Masa Pasca Pandemi Covid-19
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(4) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(5) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(6) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(7) Universitas Negeri Padang  Indonesia
Corresponding Author
Copyright (c) 2022 Eko Purnomo
DOI : https://doi.org/10.24036/sb.03460
Full Text: Language : en
Abstract
Ada banyak sekali manfaat yang didapat jika tubuh kita tetap aktif selama masa karantina ini. Aktivitas fisik yang rutin dilakukan dapat membawa manfaat seperti menurunkan tekanan darah tinggi, menjaga berat badan, dan mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, diabetes tipe-2, dan beberapa jenis kanker. Aktivitas fisik juga membantu untuk menjaga keseimbangan tubuhnya sehingga meningkatkan daya imun tubuh. Khususnya untuk remaja rutin melakukan aktivitas fisik sangat baik untuk mendorong tumbuh kembangnya dan menurunkan risiko penyakit di usia dewasanya. Metode pelatihan dilakukan dengan metode: ceramah dan tanya jawab, demonstrasi, latihan dan praktik. Materi pelatihan disajikan dengan lebih banyak praktek dari teori, dengan rasio perbandingan 25 % teori dan 75 % praktek. Target yang akan dicapai dari kegiatan ini sesuai dengan tujuan PKM salah satunya adalah meningkatkan kemampuan siswa dalam melaksanakan dan melakukan aktifitas fisik untuk mejaga dan meningkatkan kesehatan dengan pola hidup aktif dimasa pandemi covid-19. Target luaran yang ditargetkan adalah 1. Satu artikel ilmiah yang dipublikasikan di jurnal nasional terakreditasi atau prosiding nasional; 2. Satu artikel pada media masa/elektronik. 3. Video kegiatan dengan durasi maksimum 5 menit. Hasil pada Pengabdian ini siswa/I semagai mitra sangat antusias dalam pelatihan dan memberikan kesan berarti tentang menjaga kesadaran hidup aktif dan sehat
Keywords
References
Fraser-thomas, J. L., Côté, J., Deakin, J., & Co, Ã. J. (2007). Youth sport programs : an avenue to foster positive youth development Youth sport programs : an avenue to foster positive youth development ˆ te. Physical Education and Sport Pedagogy, April 2012, 37–41. https://doi.org/10.1080/1740898042000334890
Gelles, L. A., Lord, S. M., Hoople, G. D., Chen, D. A., & Mejia, J. A. (2020). Compassionate flexibility and self-discipline: Student adaptation to emergency remote teaching in an integrated engineering energy course during covid-19. Education Sciences, 10(11), 1–23. https://doi.org/10.3390/educsci10110304
Hammami, A., Harrabi, B., Mohr, M., & Krustrup, P. (2020). Physical activity and coronavirus disease 2019 (COVID-19): specific recommendations for home-based physical training. Managing Sport and Leisure, 0(0), 1–6. https://doi.org/10.1080/23750472.2020.1757494
Patricia Aguilera-Hermida, A. (2020). College students’ use and acceptance of emergency online learning due to COVID-19. International Journal of Educational Research Open, 100011. https://doi.org/10.1016/j.ijedro.2020.100011
Shahidi, S. H., Stewart Williams, J., & Hassani, F. (2020). Physical activity during COVID-19 quarantine. Acta Paediatrica, International Journal of Paediatrics, 2147– 2148. https://doi.org/10.1111/apa.15420
World Health Organization. (2018). How much of physical activity is recommended? https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/physical-activity
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Eko Purnomo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.