PKM Pelatihan Keterampilan Membangun Wirausaha Bengkel Kendaraan Ringan Di Smkn 1 Kec. Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota

Rifdarmon - Rifdarmon(1), Irma Yulia Basri(2), Hasan Maksum(3),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2022 Rifdarmon - -

DOI : https://doi.org/10.24036/sb.03350

Full Text:    Language : en

Abstract


Pengabdian  ini dilator belakangi oleh peningkatan jumlah kendaraan di Indonesia, khususnya kendaraan ringan yang berdampak pada makin tingginya kebutuhan penyedia jasa perawatan kendaraan, sehingga hal ini menjadi peluang bisnis yang harus dapat diambil siswa SMK. Progam pelatihan untuk siswa SMK mesti harus dilakukan untuk dapat meningkatkan kompetensi siswa yang berkaitan dengan usaha perbengkelan. Tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan keterampilan guru dan siswa SMK,  membangkitkan jiwa kewirausahaan, serta bantuan peralatan usaha bengkel secara mandiri. Metode pelaksanaan yang digunakan adalah ceramah, diskusi, praktek, tanya jawab dan evaluasi. Peserta pelatihan merupakan guru dan siswa SMK 1 Guguak Kabupaten Lima PuluhKota dengan jumlah 25 orang. Kegiatan pelatihan ini telah meningkatkan keterampilan mekanik, sikap berani, dan pengetahuan teknologi bengkel dari peserta.

 


References


Indonesia, Undang-Indang Nomor 20 tahun 2003 pasal 15 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Lembaran RI tahun 2003, no 20. Sekretariat Negara. Jakarta.

Badan Pusat Statistik, Perkembangan Jumlah Kendaraan Bermotor Menurut Jenis(Unit) 2018-2020, Jakarta: https://www.bps.go.id/indicator/17/57/1/jumlah-kendaraan-bermotor.html, 2022


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Rifdarmon - -

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.