Penguatan Ceta Bacorak Kumanis: Inovasi Produk Ungggulan Daerah Menuju Kemandirian Ekonomi

Friyatmi Friyatmi(1), Susi Evanita(2), Eliya Pebriyeni(3),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2022 Friyatmi Friyatmi, Susi Evanita, Eliya Pebriyeni

DOI : https://doi.org/10.24036/sb.03310

Full Text:    Language : en

Abstract


Ceta Bacorak salah satu produk unggulan dari Kabupaten Sijunjung yang memiliki potensi yang tinggi menjadi produk unggulan daerah, akan tetapi terdapat berbagai hambatan yang di alami oleh kelompok Kerajinan  Anak Nagari Ceta Bacorak Kumanis untuk mewujudkan hal tersebut baik itu dalam aspek produksi, pemasaran, maupun manajemen usaha. Salah satu solusi yang ditawarkan untuk mengurangi masalah atau hambatan yang dihadapi adalah dengan melatih kelompok kerajinan ceta bacorak dengan skill dan desain inovasi motif ceta bacorak yang berbasis kearifan lokal. Program Pengembangan Produk Unggulan Daerah ini melibatkan kelompok Kerajinan  Anak Nagari Ceta Bacorak Kumanis yang dilaksanakan dengan metode pendamping melalui pelatihan, workshop, latihan terbimbing, praktek, dan FGD. Hasil pengabdian dapat dikatakan efektif karena telah mencapai tujuan dari kegiatan ini. Hasil pelatihan memberikan skill nyata kepada mitra terhadap membuat inovasi motif dan produk turunan ceta bacorak.

Keywords


ceta bacorak, batik, UMKM

References


Arifin, S. R., & Haryanto, R. (2021). Peran manajemen sumber daya manusia (msdm) melalui usaha mikro kecil dan menengah (umkm) untuk penguatan ekonomi. Kinerja, 18(3), 425-430.

Bahrudin, A., Fernando, F., & Al-Amien, A. F. Perancangan Produk Souvenir Objek Wisata Lubuak pandakian Nagari Sumpur Kudus Kecamatan Sumpur Kudus Kabupaten Sijunjung. Gondang: Jurnal Seni dan Budaya, 6(1), 47-58.

Ong, J. O., & Mahazan, M. (2020). Strategi pengelolaan sdm dalam peningkatan kinerja perusahaan berkelanjutan di era industri 4.0. Business Economic, Communication, and Social Sciences (BECOSS) Journal, 2(1), 159-168.

Panda, A., Dirgantara, M., & Haryono, A. (2021). Pelatihan Pengolahan Jamur Tiram untuk Meningkatkan Keterampilan dan Pendapatan Petani Jamur di Desa Tanjung Sangalang. Agrokreatif: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, 7(1), 7-12.

Rauf, A., & Eriyanti, F. (2019). Pemberdayaan Masyarakat Nagari Sijunjung Melalui Pemanfaatan Rumah Gadang Sebagai Tempat Penginapan Wisatawan Geopark Silokek. Jurnal Perspektif, 2(3), 170-178.

Sandriana, N., Hakim, A., & Saleh, C. (2014). Strategi Pengembangan Produk Unggulan Daerah Berbasis Klaster di Kota Malang. Reformasi, 5(1), 89-100.

Sofyan, S. (2017). Peran UMKM (usaha mikro, kecil, dan menengah) dalam Perekonomian Indonesia. Bilancia: Jurnal Studi Ilmu Syariah Dan Hukum, 11(1), 33-64.

Sumadi, M. F., & Prathama, A. (2021). Peran Pemerintah Daerah dalam Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)“Handycraft” Limbah Kayu Jati Sebagai Produk Unggulan Kabupaten Bojonegoro. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(5), 2322-2335.

Zahrani, N., & Mubarak, A. (2022). ANALISIS SWOT UNTUK STRATEGI PENGEMBANGAN OBJEK WISATA GEOPARK SILOKEK DI NAGARI SILOKEK OLEH DINAS PARIWISATA PEMUDA DAN OLAHRAGA KABUPATEN SIJUNJUNG. Ranah Research: Journal of Multidisciplinary Research and Development, 5(1), 387-393.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Friyatmi Friyatmi, Susi Evanita, Eliya Pebriyeni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.