PKM Diversifikasi Produk Dan Pemasaran Online Tailor Di Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam Sebagai Upaya Revitalisasi Save Maninjau

Tri Kurniawati(1), Rose Rahmidani(2), Fauzan Aulia(3), Rita Syofyan(4), Sri Arita(5),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(4) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(5)   Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2022 Tri Kurniawati, Rose Rahmidani, Fauzan Aulia, Rita Syofyan, Sri Arita

DOI : https://doi.org/10.24036/sb.03220

Full Text:    Language : en

Abstract


UMKM mendapatkan perhatian besar semenjak krisis moneter karena UMKM dapat bertahan dengan segala keterbatasan dan kemampuan yang dimilikinya. UMKM yang menjadi mitra dan sasaran program pengabdian pada masyarakat kali ini adalah Usaha Jahit Erna. Usaha Jahit Erna menjahit pakaian laki-laki dan perempuan seperti baju kurung, kemeja laki-laki dan baju seragam pesta pernikahan. Permasalahan utama yang dihadapi mitra adalah minimnya pesanan terutama di masa pendemi sehingga pendapatan mitra menurun cukup signifikan. Mitra tidak memiliki pengetahuan dan skill yang memadai agar usahanya bisa bertahan bahkan berkembang. Mitra ingin membuat produk- produk yang bisa dipasarkan tanpa pesanan tapi masih ragu dan gamang untuk membuat produk sendiri. Ditambah lagi mitra belum memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memadai dalam hal memasarkan produk. Apalagi ambil bagian dalam pemasaran online yang sedang trend saat ini, baik menggunakan media sosial maupun berbagai marketplace yang tersedia. Jadi bisa dikatakan produksi dan pemasaran adalah permasalahan utama yang dihadapi mitra untuk bisa bertahan pada kondisi pandemi dan urgen untuk diberikan solusi. Untuk mengatasi masalah mitra ini maka Tim PKM memberikan solusi dalam bentuk pelatihan dan pendampingan pada bidang produksi yaitu diversifikasi produk seperti peltihan membuat seprei, taplak meja dan sarung bantal dan bidang pemasaran, Mitra dilatih agar mampu memasarkan produknya secara online baik di media sosial maupun marketplace dengan menggandeng narasumber dan fasilitator yang kompeten.


Keywords


tailor, diversifikasi produk, pemasaran online

References


Liputan 6. Danau Maninjau 'Cantik dari Luar, Busuk di Dalam', Apa Solusinya?. 2020. Diakses dari https://www.liputan6.com/regional/read/4333115/danau-maninjau-cantik-dari-luar-busuk-di- dalam-apa-solusinya tanggal 2 Februari 2022

Perda Nomor 5 tahun 2014 Kabupaten Agam tentang Pengelolaan Kelestarian Kawasan Danau Maninjau

Adriani, L. R., & Prasetya, I. Profil konsumen di Indonesia untuk Online Shop Produk Fashion. 2017 Laporan Penelitian.

Dewi, Clarissa Mia (2020) Pemanfaatan Teknologi Bagi UMKM Selama Covid-19. Jurnal Mozaik. Vol XII Edisi 2 Desember 2020

UMKM Indonesia. UMKM didorong Melek Digital dan Kuasai Marketplace. 2019. Diakses dari https://news.detik.com/adv-nhl-detikcom/d-4638055/umkm--didorong-melek-digital-dan- kuasai-marketplace tanggal 15 Juli 2020

Purwana, Dedi, Rahmi, Aditya Sandy (2017), Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM) Vol 1 No. 1 Juli 2017

Kannan, P.K & Hongshuang, L. (2016) Digital Marketing: A Framework Review and Reasearch Agenda. International Journal of Reasearch in Marketing.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Tri Kurniawati, Rose Rahmidani, Fauzan Aulia, Rita Syofyan, Sri Arita

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.