Pelatihan Keterampilan Lanjutan Cetak Saring – Berbasis Minyak Bagi Anak-Anak Panti Asuhan (Putera) Aisyiyah Bukittinggi

irwan irwan(1), Ariusmedi Ariusmedi(2), Abd. Hafiz(3), Nabilah Kurnia(4),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(4)  

Corresponding Author
Copyright (c) 2022 irwan irwan, Ariusmedi Ariusmedi, Abd. Hafiz, Nabilah Kurnia

DOI : https://doi.org/10.24036/sb.03170

Full Text:    Language : en

Abstract


Panti Asuhan merupakan salah satu wadah perlindungan serta pembinaan bagi anak-anak yatim, piatu dan yatim piatu serta anak terlantar. Wadah ini bersifat independen yang bernaung dibawah suatu yayasan yang salah satunya adalah Aisyiyah. Yayasan Aisyiyah ini menyediakan fasilitas untuk putra dan putri dengan sarana yang sudah memadai seperti asrama putra dan putri, tempat ibadah, olah raga dan dilengkapi dengan struktur kepegurusan yang tertata dengan baik.

Permasalahan yang terjadi sebahagian besar anak-anak panti asuhan belum memiliki keterampilan yang memadai disebabkan minimnya distribusi dana yayasan untuk kegiatan pelatihan. Akibatnya mereka belum dapat hidup mandiri apabila nantinya tidak lagi dalam tanggungan pihak yayasan. Namun sebaliknya, jika mereka dibekali dengan keterampilan, konsekuensinya keterampilan yang diperoleh dapat  dijadikan sumber mata pencaharian, bahkan dapat membuka usaha sendiri serta membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain.

Pelatihan keterampilan cetak saring yang dikemas dalam Program Kemitraan Masyarakat (PKM) telah memberikan hasil yang sangat berarti dan signifikan bagi peserta dan pihak Yayasan Aisyiyah dengan indikator 1) terjadi peningkatan wawasan dan  pengetahuan anak-anak panti asuhan putra tentang keterampilan cetak saring, 2) peserta telah mampu membuat karya cetakan dengan berbagai desain yang menarik serta siap pakai dan siap jual seperti: plakat, lencana, kartu undangan serta benda cenderamata/souvenir dengan beragam bentuk dan warna. Hasil pelatihan ini sudah sesuai dengan salah satu target luaran pelatihan.

Keywords


Keterampilan cetak saring, Panti Asuhan

References


Ariusmedi, (1992), Keterampilan Dasar Sablon, Padang, IKIP

Ariusmedi, (2012), Seni Grafis 2, (buku ajar), Padang, UNP

Herry Basir, (1986), Pedoman Praktis Sablon, CV. Simplex, Anggota IKAPI, Jakarta.

LPM UNP Padang, 2017, Pedoman Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Padang, Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat UNP Padang.

Rachbini, (1979), Petunjuk Teknik Sablon – Screen Printing, Pendidikan Nasional, Surabaya.

Sachari, Agus. 2006. Seni Rupa & Desain, Standar Isi KTSP 2006. Jakarta: Erlangga.

Sri Sugiarti, Ny, (1982), Keterampilan Kerajinan, Solo, Tiga Serangkai.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 irwan irwan, Ariusmedi Ariusmedi, Abd. Hafiz, Nabilah Kurnia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.