Abstract


Digital marketing telah berkembang dengan sangat pesat sejak penggunaan Internet yang tinggi. Tingkat penggunaan ini dipicu dengan kehadiran smartphone dengan harga yang sangat terjangkau.  Tetapi penggunaan digital marketing tidak banyak disadari oleh pelaku bisnis, terutama para UKM di kota Sawahlunto. Kebanyakan UKM di kota ini beranggapan bahwa digital marketing merupakan tempat untuk terjadinya transaksi, hal ini berbeda jauh dengan pengertian sebenarnya dari digital marketing. Karena digital marketing ini merupakan pemanfaatan semua sumberdaya yang berada pada Internet sebagai tempat pemberian informasi mengenai produk-produk yang dimiliki oleh UKM. Sumberdaya yang dimanfaatkan oleh UKM tidak hanya sebatas pada situs pemasaran, tetapi juga termasuk media sosial yang dimiliki oleh UKM tersebut. Media sosial yang digunakan untuk digital marketing tidak hanya tertumpu pada media sosial yang sengaja dibuat untuk UKM, juga media sosial yang dimiliki oleh pegawai/karyawan dari UKM tersebut. Sehingga pemasaran produk memiliki jangkauan yang lebih luas, dan dengan demikian penjualan produk dari UKM yang berada pada kota Sawahlunto juga meningkat.


Keywords


Digital Marketing, pelatihan keterampilan, UKM