Aplikasi Teknologi Tepat Guna Mesin Perajang Singkong (Cassava) Untuk Memperoleh Keripik Yang Renyah

Bulkia Rahim(1), Jasman Jasman(2), Cici Andriani(3), Eko Indrawan(4), Primawati Primawati(5),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(4) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(5) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2022 Bulkia Rahim

DOI : https://doi.org/10.24036/sb.03000

Full Text:    Language : en

Abstract


Masyarakat Desa Sumani Tepatnya Jorong Simpang AA Kecamatan X Koto Singkarak Kabupaten Solok Sumatera Barat mempunyai sebagian perkebunan singkong (Cassava). Hasil panen Singkong (Cassava) kalau di jual ke pasar dengan harga yang murah. Oleh karen itu masyarakat berinovasi merobah bahan singkong (Cassava) menjadi keripik. Proses pembuatan keripik melalui proses penanaman singkong, panen singkong, pembersihan singkong, pengupasan kulit ketea pohon, perebusan singkong, pengirisan/perajangan singkong, penjemuran dan penjualan. Pada Proses pengirisan/perajangan singkong terdapat permasalah yaitu membutuhkan proses dan tenaga yang lama, akibatnya peningkatan ekonomi masyarakat sangat kecil. Tujuan dari kegiatan ini adalah menyediakan mesin perajang singkong (cassava) untuk mendapatkan keripik yang renyah. Mesin Pemotong Singkong (Cassava) adalah salah satu alat komersial yang digunakan buat memotong/memotong singkong. Metode yang diaplikasikan adalah inovasi teknik yang tepat. program ini dilakukan dalam dua tahap. Jadi tahap pertama adalah observasi dengan menerapkan metode pengumpulan fakta di lapangan terdokumentasi dan diskusi dengan pemilik usaha kecil Singkong. Tahap kedua ialah tahap mengembangkan mesin perajang singkong (Cassava). hasil utama dari pengabdian ini ialah membuat mesin pemotong singkong (cassava). akibat lain dari program ini merupakan peningkatan pengetahuan serta keterampilan dalam penggunaan teknologi mesin pemotong singkong (cassava). Peningkatan tingkat hidup masyarakat di X Koto Kecamatan Singkarak, Desa Sumani, Jolong Simpang AA, Sumatera Barat, Kabupaten Solok.


Keywords


Mesin, Cassava, Pengirisan, Keripik, Renyah

References


Askin, Andi, Valerian Darwis dan C.Muslim, 2009., “Analisa Usaha Tani dan Pemasaran Singkong Serta Teknologi Pengolahan Tapioka di Kabupaten PatiJawa Tengah”.Seminar Nasional Peningkatan Daya Saing Agribisnis Berorientasi Kesejahteraan Petani, Bogor 14 Oktober 2009.Pusat Analisis Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian. Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Departemen Pertanian

Karyanto, T. & Suwasono, S. (2008). Analisis Potensi Singkong dalam Rangka Ketahanan Pangan di Kabupaten Wonogiri. Buana Sains, 8 (1), 5-16.

Muntaha., Jamroni., & Ummayah, R.U. (2015). Pelatihan Pemanfaatan dan Pengolahan Singkong Menjadi Makanan Ringan Tela Rasa. Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan, 4 (3), 188-193.

Muntaha., Jamroni., & Ummayah, R.U. (2015). Pelatihan Pemanfaatan dan Pengolahan Singkong Menjadi Makanan Ringan Tela Rasa. Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan, 4 (3), 188-193.

Purwono dan Heni Purnamawati. 2009. Budidaya 8 Jenis Tanaman Pangan Unggul. Penebar Swadaya:Jakarta

Rachman, F., Hartati, S., Sudarmonowati, E., & Simanjuntak, P. (2016). Aktivitas Antioksi dan Daun dan Umbi dari Enam Jenis Singkong (Manihot utilissima Pohl). Biopropal Industri, 7 (2), 47-52.

Sugandi, W. K., & Maulida, D. (2018). Rekayasa Mesin Pencacah Jerami Padi. Agrikultura, 29(1), 9–18.

Suryana. (2002). Kewirausahaan. Jakarta: Salemba Empat

Thamrin, M., Mardiyah, A., & Marpaung, S.E. (2015). Analisis Usahatani Ubi Kayu (Manihot utilissima). Agrium, 18 (1), 57-64.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Bulkia Rahim

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.