PKM Pemberdayaan Ekonomi Ibu-Ibu PKK Sebagai Upaya Revitalisasi Save Maninjau

Rani Sofya(1), Dessi Susanti(2), Nenny Mahyuddin(3), Nita Sofia(4), Ika Parma Dewi(5),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(4) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(5) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2022 Rani Sofya, Dessi Susanti, Nenny Mahyuddin, Nita Sofia, Ika Parma Dewi

DOI : https://doi.org/10.24036/sb.02920

Full Text:    Language : Indonesia

Abstract


Ibu-Ibu PKK di Jorong Tanjung Sani dan Jorong Data sangat ingin memiliki skill produktif yang menghasilkan pendapatan sehingga bisa menopang perekonomian keluarga mereka. Pelatihan yang diberikan yaitu pelatihan pembuatan souvenir dari kulit pensi, dan batok kelapa. Disamping itu untuk membantu Ibu-Ibu yang menyampaikan permasalahan mereka terkait kendala mereka dalam mengelola keuangan keluarga mendorong Tim PKM untuk bisa memberikan pelatihan manajemen keuangan keluarga bagi Ibu-Ibu PKK. Kegiatan pelatihan pembuatan souvenir telah dilaksanakan dalam 1 hari pelatihan dan 2 kali pendampingan dengan materi pembuatan souvenir dari kulit pensi dan batok kelapa. Pelatihan manajemen keuangan keluarga dilaksanakan satu kali kegiatan pelatihan. Kegiatan PKM yang dilaksanakan bertujuan1. memberikan keterampilan pembuatan souvenir bagi Ibu-Ibu PKK sebagai sumber pendapatan yang menopang perekonomian keluarga, 2. meningkatkan kemampuan manajemen keuangan keluarga, 3. membantu mengalihkan sumber ekonomi masyarakat dari eksploitasi danau maninjau melalui keramba jala apung kepada ekonomi kreatif sehingga sejalan dengan program "Save Maninjau", 4. Mendukung revitalisasi danau Maninjau. Kegiatan pengabdian yang telah dilaksanakan dirasakan sangat bermanfaat oleh mitra pengabdian kepada masyarakat. Luaran yang telah dihasilkan yaitu peningkatan ekonomi Ibu-Ibu PKK Kecamatan Tanjung Raya, , draft artikel ilmiah yang akan diterbitkan pada jurnal pengabdian suluah bendang (Sinta 4), Video yang diupload di youtube dan Berita di Tribunsumbar.com.

Keywords


PKK, revitalisasi, save Maninjau

References


Putri IA, Dalimunthe SA. Dilema Pengelolaan Danau secara Multifungsi Perspektif Sosial dan Ekonomi

Arlindia I, Afdal A. Analisis Pencemaran Danau Maninjau dari Nilai TDS dan Konduktivitas Listrik. Jurnal Fisika Unand. 2015;4(4)

Endah NH, Nadjib M. Pemanfaatan Dan Peran Komunitas Lokal Dalam Pelestarian Danau Maninjau The Utilization And Role Of Local Communities In Conservation Of Lake Maninjau. Jurnal Ekonomi dan Pembangunan. 2017;25(1).

Antomi Y. Prediksi Perubahan Penggunaan Lahan Dan Pengaruhnya Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kawasan Danau Maninjau. Jurnal Geografi. 2016 Apr 11;5(1):52-62.

Eresti N. Prospek Pengembangan Pariwisata Danau Maninjau Saat Berkembangnya Keramba Jaring Apung (Doctoral dissertation, Universitas Andalas).

Nasution Z, Sari YD, Huda HM. Perikanan budidaya di Danau Maninjau: antisipasi kebijakan penanganan dampak kematian masal ikan. Jurnal Kebijakan Sosial Ekonomi Kelautan dan Perikanan. 2020 Aug 12;1(1):19-31.

Tanjung LR. Moluska Danau Maninjau: kandungan nutrisi dan potensi ekonomisnya. Limnotek: perairan darat tropis di Indonesia. 2015 Dec 30;22(2).

Nanda LD, Tan F, Noer M. Tingkat partisipasi masyarakat dalam program penyelamatan dan pengelolaan lingkungan berkelanjutan Danau Maninjau. Jurnal Kebijakan Sosial Ekonomi Kelautan Dan Perikanan. 2019 Apr 4;8(2):105-15. dst.

Suherlin N, Febristi A. Pemanfaatan Jahe Sebagai Produk Minuman Sehat Di Nagari Maninjau Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam. Jurnal Abdimas Saintika. 2020 May 8;2(1):118-24


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Rani Sofya, Dessi Susanti, Nenny Mahyuddin, Nita Sofia, Ika Parma Dewi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.