Pelatihan Penggunaan Instrumen Identifikasi M-CHAT dan CARS bagi Guru Sekolah Luar Biasa

Rahmahtrisilvia Rahmahtrisilvia(1), Marlina Marlina(2), Asep Ahmad Sopandi(3),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2022 Rahmahtrisilvia Rahmahtrisilvia, Marlina Marlina, Asep Ahmad Sopandi

DOI : https://doi.org/10.24036/sb.02900

Full Text:    Language : id

Abstract


Guru sebagai tenaga profesional perlu memiliki kemampuan melakukan identifikasi kepada peserta didiknya. Identifikasi merupakan proses menemukenali yang memiliki gangguan tertentu, khususnya anak dengan Gangguan Spektrum Autisme (GSA). Keterbatasan guru dalam melakukan identifikasi pada anak GSA berpengaruh pada program pembelajaran yang akan diberikan. Melalui pelatihan penggunaan instrumen identifikasi M-CHAT dan CARS bagi guru Sekolah Luar Biasa (SLB) membantu proses identifikasi bagi anak GSA. Pengumpula data dilakukan dengan melakukan pretest dan postest untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru dalam melakukan identifikasi menggunakan instrumen M-CHAT dan CARS. Kemudian dianalisis menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil pelatihan menunjukkan adanya peningkatan keterampilan guru dalam melakukan identifikasi pada anak GSA. 

Keywords


Anak GSA; Guru SLB; Identifikasi M-CHAT dan CARS

References


Eti Sukadi, Cari, dan S. (2015). Implementasi Pedagogical Content Knowledge pada Materi Listrik Dinamis untuk Meningkatkan Kompetensi Calon Guru Fisika. Jurnal Inkuiri, 4(I), 37–46. http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/sains

García-Primo, P., Hellendoorn, A., Charman, T., Roeyers, H., Dereu, M., Roge, B., Baduel, S., Muratori, F., Narzisi, A., Van Daalen, E., Moilanen, I., de la Paz, M. P., & Canal-Bedia, R. (2014). Screening For Autism Spectrum Disorders: State Of The Art In Europe. European Child and Adolescent Psychiatry, 23(11), 1005–1021. https://doi.org/10.1007/s00787-014-0555-6

Marlina, M., & Rahmahtrisilvia, R. (2021). Peningkatan Kemampuan Guru SLB dalam Melakukan Asesmen Keterampilan Berbahasa Anak Autis Melalui Workshop Berbasis Digital. Suluah Bendang: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 21(1), 44–51. https://doi.org/10.24036/sb.0750

Moon, S. J., Hwang, J. S., Shin, A. L., Kim, J. Y., Bae, S. M., Sheehy-Knight, J., & Kim, J. W. (2019). Accuracy of the Childhood Autism Rating Scale: a systematic review and meta-analysis. Developmental Medicine and Child Neurology, 61(9), 1030–1038. https://doi.org/10.1111/dmcn.14246

Rahmahtirisilvia, Setiwana, R., Fatmawati, & Sopandi, A. Ah. (2021). Gaya Belajar Anak Gangguan Spektrum Autisme (GSA). Padang: UNP Press.

Rahmahtrisilvia, R. (2015). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Pada Anak Autistik Menggunakan Dukungan Visual. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(1), 128. https://doi.org/10.24036/pedagogi.v15i1.5254

Schjølberg, S., Shic, F., Volkmar, F. R., Nordahl-Hansen, A., Stenberg, N., Torske, T., Larsen, K., Riley, K., Sukhodolsky, D. G., Leckman, J. F., Chawarska, K., & Øien, R. A. (2022). What are we optimizing for in autism screening? Examination of algorithmic changes in the M-CHAT. Autism Research, 15(2), 296–304. https://doi.org/10.1002/aur.2643

Stewart, L. A., & Lee, L. C. (2017). Screening for autism spectrum disorder in low- and middle-income countries: A systematic review. Autism, 21(5), 527–539. https://doi.org/10.1177/1362361316677025

Suparlan, M., & Ed, M. (2006). Guru sebagai Profesi. Yogyakarta: Hikayat Publishing.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Rahmahtrisilvia Rahmahtrisilvia, Marlina Marlina, Asep Ahmad Sopandi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.