Peningkatan Jumlah Rumah Terpasang Aliran Listrik di Perkampungan Ngalau Baribuik Kota Padang

Asnil Asnil(1), Oriza Candra(2), Dwiprima Elvanny Myori(3), Fivia Eliza(4), Krismadinata Krismadinata(5), Irma Husnaini(6), Remon Lapisa(7), Totoh Andayono(8), Muvi Yandra(9),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(4) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(5) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(6) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(7) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(8) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(9) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2022 Asnil Asnil

DOI : https://doi.org/10.24036/sb.02790

Full Text:    Language : en

Abstract


Perkampungan Ngalau Bribuik terletak di kelurahan Batu Gadang Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang. Pada daerah ini terdapat lebih dari 24 kepala keluarga yang sampai saat ini masih belum menikmati energi listrik dari PLN. Upaya memenuhi kebutuhan terhadap energi listrik, masyarakat memanfaatkan Pembangkit Listrik Mikro Hidro dengan kapasitas terpasang 10 Kw. Namun kapasitas ini masih belum bisa memenuhi kebutuhan masyarakat sehingga banyak keluarga yang belum menikmati energy listrik. Dari hasil survey yang dilakukan, instalasi listrik terpasang di rumah warga juga masih bisa dikatakan belum layak pakai. Menyikapi hal tersebut, upaya yang dilakukan oleh Tim pengabdi adalah dengan melakukan kajian secara menyeluruh terhadap instalasi terpasang di rumah warga untuk melihat kelayakannya. Berdasarkan hasil kajian yang dilakukan, tim pengabdi melakukan perbaikan dan penggantian komponen instalasi listrik serta penataan ulang kembali instalasi yang ada di rumah warga. Selain dari itu, tim pengabdi juga melakukan pemasangan instalasi baru pada beberapa rumah warga di Perkampungan Ngalau Baribuik.


References


Irzano, R. (2021). Jalan Baru Ngalau Baribuik , Akses Wisata dan Perekonomian Warga. Poskota Sumbar.

Mikdar, S., Budianto, T. H., & Puriza, M. Y. (2019). Analisis Kelayakan Instalasi Listrik Rumah Tanggal Diatas 15 Tahun Berdasarkan PUIL 2011 di Kecamatan Tanjung Pandan. Prosiding Seminar Nasional Penelitian & Pengabdian Pada Masyarakat, 7, 152–155.

Padang, B. P. S. K. (2021). Kecamatan Lubuk Kilangan dalam Angka. In BPS Kota Padang.

Padang, W. K. (2019). Peraturan daerah Kota Padang nomor 6 tahun 2019 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Padang Tahun 2019-2024. Wali Kota Padang.

Radar Sumbar, R. (2021). Teknik Elektro Unand PKM di Ngalau Baribuik Padang, Dorong Warga Manfaatkan PLTMH untuk Kegiatan Produktif. Radang SUmbar.Com.

Selvia, N. (2022). Ngalau Baribuik, Destinasi Wisata Baru di Batugadang. Padek.Co.

Wakhid, N., Haddin, M., & Sukoco, B. (2019). Studi Kelayakan Instalasi Listrik Rumah Tangga Berumur Diatas 15 Tahun. In Jurnal Universitas Islam Sultan Agung (UNISSULA) (pp. 226–233). http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/16208


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Asnil Asnil

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.