Abstract


Terbatasnya durasi konten video pada Instagram dan IGTV membuat Bapak Imam tidak bisa terlebih dahulu mengevaluasi video yang direkam dan menambahkan logo usahanya pada video proses pembuatan produk usaha kayu KREASI IMMUX. Solusi yang diberikan tim pelaksana pengabdian untuk menyelesaikan masalah keterbatasan penggunaan Instagram dalam mengeksplorasi dan mengelola konten video melalui pendekatan YouTube marketing untuk mengoptimalkan platform media YouTube. Dari hasil pelaksanaan program pengabdian memberikan pengetahuan dan pengalaman bagi mitra dalam hal ini Bapak Imam terkait dengan YouTube Marketing dan memaksimalkan cara pembuatan konten video YouTube sebagai usaha promosi produk. Dari hasil evaluasi konten video YouTube IMMUX memperlihatkan bahwa di bulan Juni tahun 2022 penonton konten video jumlahnya bertambah. Meski jumlah komentar pada kolom komentar belum ramai, Bapak Imam mampu memanfaatkan fitur baru YouTube yaitu short untuk membuat video pendek yang menurut beliau sangat praktis karena mirip dengan pembuatan konten video pada Instagram.

Keywords


Usaha Kayu, Usaha Kecil Menengah, Digital Marketing, YouTube