Pelatihan merancang tugas dan latihan berbasis HOTS melalui blended learning bagi guru-guru bahasa inggris dan bahasa Indonesia smp pembangunan laboratorium UNPp

Yenni Rozimela(1), Desvaini Anwar(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2022 YENNI ROZIMELA, YENNI ROZIMELA, Desvalini Anwar

DOI : https://doi.org/10.24036/sb.02410

Full Text:    Language : en

Abstract


Kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini memberikan pelatihan merancang tugas dan latihan berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skill) melalui Blended Learning bagi guru-guru Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia di SMP Pembangunan Laboratorium UNP Padang. Tujuannya adalah agar kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa terasah lebih baik. Karena dilaksanakan selama masa wabah Covid-19, kegiatan PKM yang telah dilaksanakan sebanyak ;ima kali pada bulan September 2021 ini, sebagian besar dilakukan secara daring. Data pengabdian dikumpulkan melalui perolehan hasil tes awal, tes akhir dan dokumen selama kegiatan pengabdian berlangsung. Diakhir PKM diadakan kegiatan   refleksi untuk mengevaluasi pelatihan yang telah diberikan. Kegiatan pengabdian dilanjutkan dengan penulisan laporan dan penyelesaian luaran berupa laporan 100 persen, HAKI, artikel di jurnal Suluh Bendang dan di media massa online Beritaminang.com serta dua buah video kegiatan yang telah telah disebarluaskan melalui channel You Tube.


Keywords


merancang tugas dan latihan;HOTS;blended learning;berpikir kritis dan kreatif

References


Kusuma, MD. Dkk (2017) The Development of Higher Order Thinking Skill (HOTS) Instrument Assessment In Physics Study. IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSR- JRME) e-ISSN: 2320–7388,p-ISSN: 2320–737X Volume 7, PP 26-3 www.iosrjournals.org

Murti, K. E. (2015). Pendidikan Abad 21 dan Aplikasinya dalam Pembelajaran di SMK

Nofrion, N. (2017). Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa melalui Penerapan Metode Jumping Task pada pembejaran Geografi. Jurnal Geografi, 9(1), 11-20

Nofrion, N., & Wijayanto, B. (2018).Learning Activities in Higher Order Thinking Skill (HOTS) Oriented Learning Context. Geosfera, Journal of Geography, 3(2), 122-130.

N. P. Wismayani Pratiwi, N. L. P. E. Sulistia Dewi, A. A. G. Yudha Paramartha 2019) The Reflection of HOTS in EFL Teachers’ Summative Assessment: Journal of Education Research and Evaluation

Ormiston, Meg. (2011). Creating a Digital-Rich Classroom: Teaching & Learning in a Web 2.0 World. New York: Solution Tree Press, ISBN 978-1-93524987-0.

Resnick, L. B.(1987). Education and Learning to Think. Washington, D.C: National Academy Press.

Rozimela, Y & Anwar, D (2020) Pengaruh Collaborative Writing dan Peer Feedback terhadap Kemampuan Menulis Siswa Sekolah Menengah Atas. Laporan Penelitian UNP

Sato, M. (2014). Reformasi Sekolah Konsep dan Praktek Komunitas Belajar Jakarta Pelita

Snyder, L.G., & Snyder, M. J. (2008). Teaching critical 188 thinking & problem solving skills.The DeltaPi Epsilon Journal, L(2), 90-99.https://doi.org/10.1023/A:1009682924511

Wahyudin, D., Rusman, R., & Rahmawati, Y. (2017). Penguatan Life Skills dalam Implementasi Kurikulum 2013 pada SMA (Sekolah Menengah Atas) di Jawa Barat. Mimbar Pendidikan, c 2(1)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 YENNI ROZIMELA, YENNI ROZIMELA, Desvalini Anwar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.