PKM Pengembangan Pasar Sulam Bordir Sumatera Barat Berbasis Web E-Commerce Dalam Bingkai kearifan Lokal Minangkabau

rose rahmidani(1), Armiati Armiati(2), Syukhri Syukhri(3), Dessi Susanti(4),
(1) universitas negeri padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Jurusan Teknik Informatika FT UNP  Indonesia
(4) Jurusan Pendidikan Ekonomi FE UNP  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2019 rose rahmidani, Armiati Armiati, Syukhri Syukhri, Dessi Susanti

DOI : https://doi.org/10.24036/sb.0200

Full Text:    Language : id

Abstract


Kasih Bunda Bordir dan Ririn Bordir: 1) Tidak mampu merancang dan membuat web e-commerce usaha untuk melakukan pengembangan pasar, 2) Belum mampu mengoperasikan web e-commerce usaha untuk melakukan pengembangan pasar.Solusi yang ditawarkan adalah: 1) Membantu Kasih Bunda Bordir dan Ririn Bordir merancang dan membuat web e-commerce usaha untuk melakukan pengembangan pasar sekaligus menyediakan sarana penunjangnya, 2) Pelatihan dan workshop bagi Kasih Bunda Bordir dan Ririn Bordir dalam mengoperasikan web e-commerce usaha yang sudah disediakan untuk melakukan pengembangan pasar.Metode pendekatan yang digunakan adalah: 1) Menggunakan metode berbasis kebutuhan, tim kegiatan pengabdian mempercayakan kepada pakar Teknik Informatika untuk merancang dan membuatkan web e-commerce bagi Kasih Bunda Bordir dan Ririn Bordir sehingga terselenggaranya pengembangan pasar berbasis web e-commerce, sedangkan sarana penunjangnya berupa perangkat hardware disediakan oleh tim kegiatan pengabdian untuk Kasih Bunda Bordir dan Ririn Bordir, 2) Menggunakan metode ceramah, tanya jawab, diskusi, pemberian tugas, demonstrasi, dan tutorial.Hasil yang dicapai adalah: 1) Kasih Bunda Bordir dan Ririn Bordir memiliki web e-commerce usaha beserta sarana penunjangnya untuk pengembangan pasar yang semula hanya konsumen yang berada di wilayah pariaman berkembang ke daerah lain, 2) Kasih Bunda Bordir dan Ririn Bordir, mampu mengoperasikan web e-commerce usaha yang sudah disediakan,3) Meningkatnya penjualan Kasih Bunda Bordir dan Ririn Bordir dibandingkan penjualan sebelum kegiatan pengabdian

Abstrak

 

Kasih Bunda Bordir dan Ririn Bordir: 1) Tidak mampu merancang dan membuat web e-commerce usaha untuk melakukan pengembangan pasar, 2) Belum mampu mengoperasikan web e-commerce usaha untuk melakukan pengembangan pasar.Solusi yang ditawarkan adalah: 1) Membantu Kasih Bunda Bordir dan Ririn Bordir merancang dan membuat web e-commerce usaha untuk melakukan pengembangan pasar sekaligus menyediakan sarana penunjangnya, 2) Pelatihan dan workshop bagi Kasih Bunda Bordir dan Ririn Bordir dalam mengoperasikan web e-commerce usaha yang sudah disediakan untuk melakukan pengembangan pasar.Metode pendekatan yang digunakan adalah: 1) Menggunakan metode berbasis kebutuhan, tim kegiatan pengabdian mempercayakan kepada pakar Teknik Informatika untuk merancang dan membuatkan web e-commerce bagi Kasih Bunda Bordir dan Ririn Bordir sehingga terselenggaranya pengembangan pasar berbasis web e-commerce, sedangkan sarana penunjangnya berupa perangkat hardware disediakan oleh tim kegiatan pengabdian untuk Kasih Bunda Bordir dan Ririn Bordir, 2) Menggunakan metode ceramah, tanya jawab, diskusi, pemberian tugas, demonstrasi, dan tutorial.Hasil yang dicapai adalah: 1) Kasih Bunda Bordir dan Ririn Bordir memiliki web e-commerce usaha beserta sarana penunjangnya untuk pengembangan pasar yang semula hanya konsumen yang berada di wilayah pariaman berkembang ke daerah lain, 2) Kasih Bunda Bordir dan Ririn Bordir, mampu mengoperasikan web e-commerce usaha yang sudah disediakan,3) Meningkatnya penjualan Kasih Bunda Bordir dan Ririn Bordir dibandingkan penjualan sebelum kegiatan pengabdian.


Keywords


Web E-Commerce, Sulam Bordir, Pengembangan Pasar

References


Armiati, A., Rahmidani, Rose., Susanti, Dessi. (2017). Potency of Creative Industry Sulam, Embroidery and Weaving in West Sumatera in Developing the Common Economy. International Research Conference on Economics and Business, “Facing Future Economics: Challenges and Perspectives”. Hal. 37. ISBN 978-602-50785-0-7.

Armiati, A., Rahmidani, Rose., Susanti, Dessi. (2018). Pemetaan, Needs Assessment Dan Model Pengembangan Industri Kreatif Unggulan Bordir/Sulam Dan Pertenunan Di Sumatera Barat Sebagai Khasanah Dan Warisan Budaya Minangkabau. Laporan Penelitian Strategi Nasional Institusi (STRANAS-INSTITUSI) DRPM.

Chen, D. N., Jeng, B., Lee, W. P., & Chuang, C. H. (2008). An agent-based model for consumer-to-business electronic commerce. Expert Systems with Applications, 34(1), 469-481.

Dai, H., & Palvi, P. C. (2009). Mobile commerce adoption in China and the United States: a cross-cultural study. ACM SIGMIS Database: the DATABASE for Advances in Information Systems, 40(4), 43-61.

Hande, P. V., & Ghosh, D. (2015). A comparative study on factors shaping buying behaviour on B2B and B2C E-commerce platforms in India. EXCEL International Journal of Multidisciplinary Management Studies, 5(3), 1-10.

Kassim, N., & Asiah Abdullah, N. (2010). The effect of perceived service quality dimensions on customer satisfaction, trust, and loyalty in e-commerce settings: A cross cultural analysis. Asia Pacific Journal of Marketing and Logistics, 22(3), 351-371.

Kotler, Philip dan Amstrong, Gary, (2014), Principles of Marketin, 12th Edition,Jilid 1 Terjemahan Bob Sabran Jakarta : Erlangga.

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane, (2013), Marketing Management, 14th Edition, Pearson Education Limited.

Leong, C. M. L., Pan, S. L., Newell, S., & Cui, L. (2016). The Emergence of Self-Organizing E-Commerce Ecosystems in Remote Villages of China: A Tale of Digital Empowerment for Rural Development. Mis Quarterly, 40(2), 475-484.

Mangiaracina, R., Marchet, G., Perotti, S., & Tumino, A. (2015). A review of the environmental implications of B2C e-commerce: a logistics perspective. International Journal of Physical Distribution & Logistics Management, 45(6), 565-591.

Martinsons, M. G. (2008). Relationship‐based e‐commerce: theory and evidence from China. Information Systems Journal, 18(4), 331-356.

Mukhlis, Imam. (2017). Global Innovation Index Conference. diakses tanggal 22 Oktober 2018 melalui https://www.kemenperin.go.id/artikel/18169/Pemerintah-Kembangkan-Ekonomi-Digital-Berbasis-Industri-dan-e-Commerce

Nemat, R. (2011). Taking a look at different types of e-commerce. World Applied Programming, 1(2), 100-104.

Nugroho, Endro. 2009. Buku Pintar Jaringan Komputer. Modeoms. Yogjakarta

Whitten, Jeffry L., Lonnie D. Bentley., Kevin C. Dittman.2004. Metode Desain & Analisis Sistem, Edisi keenam. Yogyakarta:Penerbit Andi

Yu, X., Guo, S., Guo, J., & Huang, X. (2011). Rank B2C e-commerce websites in e-alliance based on AHP and fuzzy TOPSIS. Expert Systems with Applications, 38(4), 3550-3557.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 rose rahmidani, Armiati Armiati, Syukhri Syukhri, Dessi Susanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.