Pendampingan Orang Tua dan Asesmen Anak Berkebutuhan Khusus Di Rumah Susun Jatinegara Kaum Jakarta Timur

Indina Tarjiah(1), Asep Supena(2), Erfan Kurniawan(3),
(1) Universitas Negeri Jakarta  Indonesia
(2) Universitas Negeri Jakarta  Indonesia
(3) Universitas Negeri Jakarta  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2021 Indina Tarjiah, Asep Supena, Erfan Kurniawan

DOI : https://doi.org/10.24036/sb.01980

Full Text:    Language : ind

Abstract


Pengabdian Masyarakat ini bertujuan pendampingan  kepada orang tua dan warga lainnya tentang  mengenali dan memeperlakukan anak-anak berkebutuhan khusus dengan benar,  dan memetakan jenis Anak Bekebutuhan Khusus Kegiatan dilaksanakan atas dasar tindak lanjut hasil pendampingan tahun 2020 kepada orang tua tentang anak berkebutuhan pendidikan khusus. Kemudian atas permintaan dari Ketua Rusun dan ketua RW. Metode yang digunakan  focus group discussion pada orang tua dan warga lainnya, kemudian observasi, wawancara pada orang tua dan anak,  tes  dan membuat catatan lapangan tentang hasil identifikasi dan asesmen. Hasilnya  teridentifikasi 51 anak  terindikasi berkebutuhan khusus,  kemudian berdasarkan penyaringan ada 14 anak untuk ditindaklanjuti dengan asesmen. Hasil asesmen ditemukan  6  jenis hambatan; yaitu, slow learner, Learning dificulties, down syndrome, Social and Emotional Disorder, Intelectaul disabilitiy,  Physichal and health disabilities. Hasil pendampingan   terbentuknya pemahaman orang tua dan  warga Rusunawa  yang benar tentang anak berkebutuhan khusus, sehingga mereka dapat memperlakukan anak-anak berkebutuhan khusus dengan benar dan lebih manusiawi. 


Keywords


Pendampingan, Asesmen anak Berkebutuhan Khusus, Warga Rumah Susun Jatinegara

References


Arif Widodo, Linda Feni Haryati, dkk. (2020) Proses Identifikasi Peserta Didik Berkebutuhan Khusus Di Mi Nw Tanak Beak Kabupaten Lombok Barat. http://prospek.unram.ac.id/index.php/PROSPEK/article/view/10.

Friend, Marilyn (2005). Special Education: Contemporary Perspectives for School Professionals. New York: Pearson Education Inc.

Hermanto, SP. Kemampuan Guru Dalam Melakukan Identifikasi Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Dasar Penyelenggara Pendidikan INKLUSIhttp://staff.uny.ac.id/sites/default/files/penelitian/Hermanto,%20S.Pd.,M.Pd./INKLUSI-DINAMIKA.pdf (2008) h. 9

Indina Tarjiah, Asep Supena, Ervan Kurniawan. (2020) Pendampingan dan Bimbingan Teknis tentang Konsep dan Identifikasi Anak Berkebutuhan Khusus. Laporan Kegiatan Pengabdian Masyarakat di Rusunawa Jatinegara Kaum Jatinegara Jakarta Timur DKI Jakarta.

La Denny, Yohanes Don Bosko Ricarson Minggo, La Erfin. (2021) Pengaruh Penghasilan Orangtua Nelayan Terhadap Pendidikan Anak (Studi Kasus Anak Nelayan Pole And Line Di Desa Pemana Kabupaten Sikka). Jurnal Ilmu Kelautan dan Perikanan. http://aquanipa.nusanipa.ac.id/index.php/projemen/article/view/33

Rafika Gusti Rahayu (2020) Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa Di Sdn 05 Kabawetan Kabupaten Kepahiang. http://repository.iainbengkulu.ac.id/5913/1/SKRIPSI%20RAFIKA%20GSTI%20RAHAYU.pdf

Rima Rizki Anggraini (2013) Persepsi Orangtua Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus (Deskriptif Kuantitatif Di Sdlb N.20 Nan Balimo Kota Solok). Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu/article/view/951/807

Turnbull, R., Turnbull, A., Shank, M., Smith, S.J. (2004). Exceptional Lives: Special Education in Today’s School. New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Wardani, Septri Efika (2017) Analisis Perlakuan Guru Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus Di Sdn Rejoagung 3 Kabupaten Jombang. Other Thesis, University Of Muhammadiyah Malang. https://eprints.umm.ac.id/35628/

Wisnu Sulistyo Nugroho, Minsih (2021). Pemetaan Anak Berkebutuhan Khusus Pada Sekolah Inklusi Melalui Program Identifikasi Dan Asesmen. https://ejournal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jpdf/article/view/414/252


Refbacks



Copyright (c) 2021 Indina Tarjiah, Asep Supena, Erfan Kurniawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.