Pelatihan Peningkatan Kemampuan Pedagogik Guru Melalui Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Beranimasi Bagi Guru Ekonomi Di Kota Pariaman

Yulhendri Yulhendri(1), Rani Sofya(2), Mentari Ritonga(3),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2021 Yulhendri Yulhendri, Rani Sofya, Mentari Ritonga

DOI : https://doi.org/10.24036/sb.01890

Full Text:    Language : en

Abstract


Pelaksanaan pembelajaran di masa pandemi Covid 19 ini menghadirkan berbagai persoalan bagi guru karena guru harus mampu menyesuaikan pelaksanaan pembelajaran menggunakan media berbasis digital. Guru-guru belum mampu membuat video pembelajaran dan selama ini guru menggunakan video yang ada di youtube yang belum tentu persis dengan kebutuhan pembelajaran Guru. Maka guru harus mampu membuat media pembelajaran yang menarik perhatian siswa namun mampu menambah pemahaman siswa terhadap materi pelajaran.  Guru-guru MGMP yang merupakan generasi berumur dalam rentang 30-50 tahun ke atas belum sepenuhnya mampu memanfaatkan penggunaan teknologi dalam pembelajaran. Permasalahan utama yang dihadapi oleh guru dalam melaksanakan pembelajaran dimasa pandemic covid 19 ini yaitu 1) Guru belum  mampu memproduksi media video pembelajaran, padahal media ini merupakan salah satu media yang secara empirik terbukti paling efektif digunakan dalam pembelajaran di masa pandemic. 2) Guru belum mampu melakukan editing video pembelajaran menjadi video pembelajaran beranimasi dan menarik.  Permasalahan yang dihadapi oleh guru ini perlu untuk dibantu oleh TIM PKM agar guru mampu memproduksi media berupa video pembelajaran beranimasi yang menarik dan yang memuat materi yang sesuai dengan konteks pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru

References


Atsauri, M. I. (2020). PENGGUNAAN APLIKASI KINEMASTER PADA JARINGAN TUMBUHAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS).

Dariyadi, M. W. (2019). Pembelajaran Bahasa Arab di Era Digital 4.0. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab, 5(5), 448-462. 9

Efendi, N. M. (2018). Revolusi Pembelajaran Berbasis Digital (Penggunaan Animasi Digital Pada Start Up Sebagai Metode Pembelajaran Siswa Belajar Aktif). Habitus: Jurnal Pendidikan, Sosiologi, dan Antropologi, 2(2), 173-182.

Feinberg, M. A., Song, K. B., & Lim, I. T. (2016). KineMaster: pro video editing on Android. In ACM SIGGRAPH 2016 Appy Hour (pp. 1-1). 8

Haryanto, Agus Tri. Pengguna Internet didominasi Milenial 2019. Sumber https://inet.detik.com/telecommunication/d-4551389/pengguna-internet- indonesia-didominasi-milenial diakses 9 Maret 2020.

Hidayat, Wicak. Pengguna Internet Indonesia . https://kominfo.go.id/content/detail/4286/pengguna-internet- indonesia-nomor- enam-dunia/0/sorotan_media diakses 2 Maret 2020.

Hoyles, C., & Lagrange, J. B. (2010). Mathematics education and technology: Rethinking the terrain. New York, NY: Springer.

Noviyanto, T. S. H., Juanengsih, N., & Rosyidatun, E. S. (2015). Penggunaan media video animasi sistem pernapasan manusia untuk meningkatkan hasil belajar biologi. EDUSAINS, 7(1), 57-63.

Nurseto, T. (2011). Membuat media pembelajaran yang menarik. Jurnal Ekonomi dan pendidikan, 8(1).

Putra, R. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Animasi Pada Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Materi Reaksi Redoks (Doctoral dissertation, UNIMED).

Putrawangsa, S., & Hasanah, U. (2018). Integrasi Teknologi Digital Dalam Pembelajaran Di Era Industri 4.0. Jurnal Tatsqif, 16(1), 42-54.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Yulhendri Yulhendri, Rani Sofya, Mentari Ritonga

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.