Pengembangan Wirausaha Total Auto Body Fokus Peningkatan Kualitas dengan Inovasi Pengering Udara Pada Proses Pengecatan Body Mobil

Waskito Waskito(1), Junil Adri(2), Andrizal Andrizal(3),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2021 Waskito Waskito

DOI : https://doi.org/10.24036/sb.01870

Full Text:    Language : en

Abstract


Tujuan pelakasanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini untuk menghasilkan inovasi alat pengering udara yang dapat dimanfaatkan dalam pengecatan bodi mobil, selain itu meningkatkan pengetahuan mitra UMKM pengecatan bodi mobil. Meningkatnya kebutuhan manusia terhadap teknologi terutama kendaraan menjadikan banyaknya kendaraan yang bermunculan waktu demi waktu. Perkembangan ini menjadi peluang usaha yang sangat besar. Pengecatan mobil merupakan salah satu peluang usaha di dunia kendaraan yang cukup menguntungkan mengingat tingkat pertambahan mobil yang semakin pesat. Masyarakat yang kerap kali melakukan pengecatan mobil biasanya dikarenakan terjadi kecelakaan sehingga menimbulkan kerusakan pada bodi mobil atau hanya karena ingin memperbarui warna mobil agar sesuai dengan keinginan. Salah satu usaha repair body mobil di Nagari Tanjung Alam Bukittinggi adalah Total Auto Mobil, permasalah yang terjadi adalah di dalam kompresor terdapat uap air dikarenakan masih menggunakan kompresor biasa. Hal ini bisa menimbulkan bercak pada hasil pengecatan disebabkan efek dari uap air pada udara saat proses pengecatan. Berdasarkan masalah ini tim pengabdi mencoba membuat inovasi pembaruan pada alat pendukung kompresor. Melalui kegiatan ini pemberdayaan dan perekonomian masyarakat penggerak UMKM menjadi lebih meningkat khususnya bengkel Total Auto Mobil, serta masyarakatpun mendapat pengetahuan baru yang sangat bermanfaat.

Keywords


Body, Repear, Pengering, Udara. Pengecatan

References


Adri, J., Rahim, B., & Erizon, N. (2020). Rice Thresher Machines in Handling System Alley Blow Rice in Post-Harvest. Paper presented at the Journal of Physics: Conference Series.

Cintamulya, I. (2015). Peranan Pendidikan dalam Memepersiapkan Sumber Daya Manusia di Era Informasi dan Pengetahuan. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2).

Fajrah, N. (2019). Analisis Penentuan Kriteria Kualitas Layanan Pengecatan Mobil. Jurnal Sistem Teknik Industri, 21(2).

Fazar, A. (2018). IMPLEMENTASI METODE DECISION TREE UNTUK MEMPREDIKSI WAKTU PENGECATAN MOBIL DI IJ BODY REPAIR.

Loanda, J. C. (2018). Analisis penyebab kesalahan hasil pengecatan mobil pada perusahaan Otomitra Body Repair & Painting, Bogor.

Muliyadi, M. (2015). Paparan timbal udara terhadap timbal darah, hemoglobin, cystatin C serum pekerja pengecatan mobil. KEMAS: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 11(1), 87-95.

Setiawan, D. (2013). Peran pendidikan karakter dalam mengembangkan kecerdasan moral. Jurnal pendidikan karakter(1).

Siregar, R., & Abidin, T. (2020). PENGARUH BESAR TEMPERATUR DAN LAMA PEMANASAN TERHADAP DAYA LEKAT CAT PADA OVEN PORTABLE DALAM PENGECATAN BODI MOBIL. Jurnal Sains dan Teknologi, 10(1), 14-22.

Tyagita, D. A., Pratama, A. W., & Aprianto, D. B. (2019). Variasi Kadar Tiner dan Temperatur Pengeringan terhadap Kualitas Hasil Pengecatan Bodi Kendaraan Berbahan ABS. J-Proteksion, 4(1), 11-15.

Waisnawa, I. G. N. S., Swaputra, I., & Rajendra, I. M. (2017). PEMBERDAYAAN USAHA KECIL BENGKEL MOBIL. Bhakti Persada Jurnal Aplikasi IPTEKS, 1(1), 1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Waskito Waskito

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.