Peningkatan Produktivitas Getah Gambir Melalui Inovasi Alat Pencetak Getah Gambir

Andril Arafat(1), Sri Rizki Putri Primandari(2), Nofri Helmi(3), Jasman Jasman(4), Junil Adri(5), Remon Lapisa(6),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(4) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(5) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(6) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2021 Andril Arafat

DOI : https://doi.org/10.24036/sb.01860

Full Text:    Language : en

Abstract


Tujuan pelaksanaan pengebadian kepada masyarakat ini adalah untuk meningkakan ekonomi masyarakat petani gambir melalui efesiensi waktu, biaya, dan tenaga yang dibutuhkan dalam pengolahan getah gambir. Inovasi yang ditawarkan berada pada proses pencetakan getah gambir. Permasalahan mendasar masyarakat pada proses ini berada pada waktu dan tenaga yang dibutuhkan dalam proses pencetakan getah sehingga harus membayar upah tenaga kerja untuk proses pencetakan. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini dengan memberikan teori pengantar, demonstrasi, praktek dan aplikatifnya secara langsung. Hasil dari kegiatan ini adanya alat pencetak getah gambir dengan mekanisme impact yang menjadikan proses pencetakan lebih cepat, mudah dan efisien. Alat pencetak telah diserah terima dengan masyarakat petani gambir melalui pemerintah kenagarian.


Keywords


Alat Pencetak, Sistem Press, Getah, Gambir, Pengabdian Kepada Masyarakat

References


Andrian, R., Sakethi, D., & Chairuddin, M. (2016). Pengembangan Sistem Informasi Penelitian dan Pengabdian Dosen Jurusan Ilmu Komputer Menggunakan Metode Rational Unified Process (RUP). Jurnal Komputasi, 2(2).

Andriani, R., & Afidah, M. (2020). Evaluasi Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat Dosen Universitas Lancang Kuning. JUPIIS: JURNAL PENDIDIKAN ILMU-ILMU SOSIAL, 12(1), 271-278.

Astaria, P. D. (2012). HUBUNGAN ANTARATAUKE DAN PETANI GAMBIR (Studi Kasus: Hubungan Patron Klien di Nagari Siguntur, Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, Propinsi Sumatera Barat). Universitas Andalas.

Erizon, N., Fernandez, D., & Adri, J. (2020). Inovasi Alat Cetak Getah Gambir Sistem Impack Untuk Meningkatkan Produktivitas Petani Gambir Di Kenagarian Kapuh. Jurnal Penerapan IPTEKS, 2(1), 46-54.

Hosen, N. (2017). Profil sistem usaha pertanian gambir di Sumatera Barat. Jurnal Penelitian Pertanian Terapan, 17(2).

Kasim, A., Asben, A., & Mutiar, S. (2015). Kajian kualitas gambir dan hubungannya dengan karakteristik kulit tersamak. Majalah Kulit, Karet, dan Plastik, 31(1), 55-64.

Said, I. E., Syamsu, I. K., Mardliyati, E., Eng, M., Alexie Herryandie, B., Evalia, N. A., . . . MM, A. (2021). Agroindustri dan bisnis gambir Indonesia: PT Penerbit IPB Press.

Sari, I. (2020). PROSES ADMINISTRASI PADA SUBDIT KEHUTANAN DIREKTORAT EKSPOR PRODUK PERTANIAN DAN KEHUTANAN KEMENTERIAN PERDAGANGAN REPUBLIK INDONESIA. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia.

Sukri, S., Arisandi, D., & Putri, S. D. (2016). Simulasi Produksi Gambir dengan Metode Supply Chain Management. Sains dan Teknologi Informasi, 2(2), 17-24.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Andril Arafat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.