Penerapan Model AIDA pada Pembuatan Konten Digital Marketing Kreasi Kayu IMMUX

Karina Auliasari(1), Mariza Kertaningtyas(2), Diah Willis(3),
(1) Institut Teknologi Nasional Malang  Indonesia
(2) Institut Teknologi Nasional Malang  Indonesia
(3) Institut Teknologi Nasional Malang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2021 Karina Auliasari, Mariza Kertaningtyas, Diah Willis

DOI : https://doi.org/10.24036/sb.01730

Full Text:    Language : id

Abstract


Digital marketing merupakan strategi wajib yang digunakan oleh para pelaku usaha di masa pandemi jika ingin mempertahankan keberadaan usahanya. Namun tidak semua pelaku usaha mendapatkan hasil yang maksimal menggunakan strategi digital marketing, hal ini dikarenakan dalam pembuatan konten para pelaku usaha masih terbatasi dengan tujuan penjualan saja. Padahal ada dua tujuan yang juga harus dilibatkan yaitu pengenalan dan penguatan citra merek produk. Konten promosi sebagai strategi digital marketing harus direncanakan dan dibuat secara menarik serta didistribusikan sehingga mendorong followers menjadi konsumen ataupun sebaliknya. Dengan menerapkan model AIDA (Attention, Interest, Desire dan Action) mitra lebih mudah membuat komposisi konten pada media sosial Instagram dan juga membuat konten sesuai dengan kombinasi jenis dan tujuannya.

Keywords


AIDA, UKM, Digital Marketing, Konten

References


Anastia, V., Antonious, E. H., Jonathan, R., Shannon, G. T., Sherina, P., & Juliana, S. P. Penerapan Konsep AIDA dalam Video Explainer Neurodiversity pada Instagram Mindseeds.id. Prosiding Seminar Nasional Desain Sosial Vol. 3 Tahun 2021, 757-767.

Ascharisa Mettasatya Afrilia1. 2018. Digital Marketing Sebagai Strategi Komunikasi. Jurkom, Riset Komunikasi, 1(1), 147–157.

Bambang, S.W., & Diaz, H. (2020). Peluang Revolusi Industri 4.0 Bidang Pemasaran: Pemanfaatan Aplikasi E-commerce, Sosial Media Instagram dan Digital Marketing terhadap keputusan Instant Online Buying Konsumen Generasi Millenial. Capital: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 3(2), 86. https://doi.org/10.25273/capital.v3i2.6077.

Geovanne, F., Thamrin., & Igor, N. (2019). Pelatihan Pemanfaatan Digital Marketing Dalam Pengembangan Pemasaran dan Kewirausahaan UKM Pada Kota Sawahlunto. Suluah Bendang: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol. 19 No. 1, 42-47.

Kusumawardani, R, Kurniawan I.S, Ningrum N.K. (2020). Pelatihan Pemasaran Digital Dan Manajemen Usaha Untuk Akselerasi Kinerja Ukm Pengrajin Bambu Di Desa Tirtoadi, Mlati, Sleman. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, Vol. 5 No. 1.

Muhammad, T. S. & Steffi, A. Penggunaan Media Sosial dengan Pendekatan Model AIDA bagi Usaha Kecil dan Menengah Jurnal Sistem Informasi Bisnis 02(2017) 114-119. http://ejournal.undip.ac.id/index.php/jsinbis

Mohamad, T.F., & Debby, A. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61–76. https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175.

Purwana, E. S & Dedi. (2017). Pemanfaatan digital marketing bagi usaha mikro, kecil dan menengah (umkm) di kelurahan malaka saei, duren sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), Vol. 1 No. 1.

Pradiani. T. (2017). Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia. Vol 11 No 2.

Suprayogi, B., Razak A. (2019). Implementasi Pemasaran Digital Dalam Meningkatkan Pendapatan Pelaku Umkm Pamokolan Ciamis. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknologi Informasi. Vol 3 No 2.

Yamin, Ahmad Bin. (2017). Impact of Digital Marketing as a Tool of Marketing Communication: A Behavioral Perspective on Consumers of Bangladesh. American Journal of Trade and Policy, Vol 4, Issue 1, pp: 49-54.https://www.researchgate.net/publication /321019017_Impact_of_Digital_Marketi ng_as_a_Tool_of_Marketing_Communication_A_Behavioral_Perspective_on_Consumers_of_Bangladesh.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Karina Auliasari, Mariza Kertaningtyas, Diah Willis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.