Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Internet of Thing untuk Meningkatkan Kompetensi Guru SMK
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang 
Corresponding Author
Copyright (c) 2021 Asnil Asnil, Fivia - Eliza
DOI : https://doi.org/10.24036/sb.01720
Full Text: Language : en
Abstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini di dasari oleh permasalahan yang sering muncul di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Diantaranya kemampuan guru dalam menghadapi kemajuan teknologi yang berpengaruh terhadap proses pembelajaran, seperti inovasi guru dalam pengembangan media pembelajaran. Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan memberikan pelatihan kepada guru berdasarkan permasalahan yang ada dan hasil diskusi dengan mitra. Topik pembelajaranya adalah mengenai penggunaan mikrokontroller pada bidang Internet of Thing (IoT). Dari kegiatan ini juga dihasilkan sebuah media pebelajaran berupa trainer aplikasi mikrokontroller menggunakan konsep IoT yang dapat dimanfaatkan oleh guru dan siswa dalam proses pembelajaran.
Keywords
References
Asnil, Krismadinata, Eliza, F., Husnaini, I., & Maulana, R. (2020). Aplikasi IoT untuk kendali beban listrik. JTEIN: Jurnal Teknik Elektro Indonesia, 1(2), 207–211.
CloudHost. (2019). Mengenal apa itu Internet of Things (IoT) defenisi, manfaat, tujuan dan cara kerja. Https://Idcloudhost.Com/.
Direktur Jendral, P. D. dan M. (2017). Lampiran keputusan direktur jendral pendidikan dasar dan menengah nomor:130/D/KEP/KR/201 Tanggal: 10 Februari 2017 tentang struktur kurikulum pendidikan menengah kejuruan (130/D/KEP/KR/201 TANGGAL).
Isnarto, Abdurrahman, & Sugianto. (2017). Pengembangan laboratorium media pembelajaran berbasis kebutuhan sekolahj. Jurnal Profesi Keguruan, 3(2), 244–252.
Megawati, S., & Lawi, A. (2021). Pengembangan sistem teknologi internet of things yang perlu dikembangkan negara indonesia. Journal Information Engineering and Educational Technology, 05(01), 19–26.
Rachman, F. Z. (2017). Smart home berbasis IoT. SNITT-Politeknik Negeri Balik Papan, 369–374.
Salazar, C. (2016). Internet of Things-IOT : definition , characteristics , architecture , enabling technologies , application & future challenges. International Journal of Engineering Science and Computing, 6(5), 6122–6131. https://doi.org/10.4010/2016.1482
Sesneg, R. I. (2003). Undang-undang republik indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional (20 tahun 2003).
Utami, B. R. P., Arimbawa, I. W. A., & Bimantoro, F. (2019). Sistem presensi siswa berbasis internet of things menggunakan sensor sidik jari pada SMK perhotelan 45 mataram. Jurnal Teknologi Informasi Komputer Dan Aplikasinya (JTIKA), 1(2), 224–232. https://doi.org/10.29303/jtika.v1i2.59
Vermesan, O., & Friess, P. (n.d.). Internet of Things – from research and innovation to market deployment. River Publishers.
Vermesan, O., & Friess, P. (2013). Internet of things - Converging technologies for smart environments and integrated ecosystems (Issue January). River Publishers.
Vuksanovi, D., Ugarak, J., & Korčok, D. (2016). Industry 4 . 0 : The future concepts and new visions of factory of the future development. SINTEZA 2016 ; International Scientific Cenference on ICT and e-Business Related Research, January 2016, 293–298. https://doi.org/10.15308/Sinteza-2016-293-298
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Asnil Asnil, Fivia - Eliza
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.