Diversifikasi Produk Dan Desain Produk Kelompok Tenun Mulia Di Kabupaten Solok

Okki Trinanda(1), Astri Yuza Sari(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2021 Okki Trinanda, Astri Yuza Sari

DOI : https://doi.org/10.24036/sb.01570

Full Text:    Language : en

Abstract


Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini merupakan kelanjutan dari kegiatan yang telah dirintis pada tahun 2018 yang lalu, pada Kelompok Tenun Mulia di kampung Tenun Sungai Jambur kabupaten Solok. Pada kegiatan kali ini ini Tim Pengabdian berencana memulai sebuah kegiatan Pengabdian yang terintegrasi selama tiga tahun, yang diawali dengan program penguatan strategi pemasaran, terutama dalam hal diversifikasi produk serta desain produk. Diversifikasi produk yang dimaksudkan adalah mengembangkan berbagai alternatif produk turunan dari bahan tenun seperti dompet, tas, sepatu dan lain sebagainya. Sehingga dengan adanya diversifikasi produk, maka para konsumen akan memiliki berbagai pilihan dalam berbelanja, tidak hanya kain tenun sebagaimana selama ini. Diversifikasi yang dimaksudkan pada kegiatan ini juga termasuk pelatihan pembuatan kemasan. Selanjutnya Desain Produk dimaksudkan untuk memberikan keterampilan mengembangkan desain tenun kepada para pelaku tenun. Selama ini motif yang ada masih sangat terbatas. Para pengrajin tenun pun tidak memiliki kemampuan dalam mengembangkan motif sendiri. Untuk itulah, maka diperlukan pelatihan teknis bagaimana membuat motif-motif baru yang dapat menarik konsumen. Hasil dari kegiatan ini adalah: (1) peningkatan pemahaman diversifikasi produk, (2) munculnya 5 UMKM baru di bidang produksi kemasan, dan (3) munculnya motif baru bernama “Markisa Babijo Ameh”


Keywords


Diversifikasi Produk, Desain Produk, Tenun

References


Hussain, S., Guangju, W., Jafar, R. M. S., Ilyas, Z., Mustafa, G., & Jianzhou, Y. (2018). Consumers' online information adoption behavior: Motives and antecedents of electronic word of mouth communications. Computers in Human Behavior, 80(22-23). doi: https://doi.org/10.1016/j.chb.2017.09.019

Kartajaya, H. (2005). Hermawan Kartajaya on Positioning, Diferensiasi, Brand. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kotler, P. (2003). Marketing Management An Asian Perspective. (Vol. Second Edition). New York: Prentice Hall.

Lupiyoadi, R. (2001). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Tjiptono, F. (1997). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Andi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Okki Trinanda, Astri Yuza Sari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.