Pengembangan UKM Melalui Pencatatan Keuangan Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi

Lutfi Ali Muharom(1), Henny Wahyu Sulistyo(2),
(1) Program Studi Teknik Informatika, Universitas Muhammadiyah Jember  Indonesia
(2) Program Studi Teknik Informatika, Universitas Muhammadiyah Jember  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2021 Lutfi Ali Muharom

DOI : https://doi.org/10.24036/sb.01450

Full Text:    Language : 

Abstract


Pencatatan keuangan merupakan suatu hal yang perlu diperhatikan bagi pemilik usaha, termasuk pelaku UKM, dengan memiliki catatan keuangan, baik yang sederhana sekalipun, semua arus keuangan dapat terekam dengan baik, seperti jumlah modal yang telah terpakai, modal yang belum digunakan, jumlah utang dan sebagainya. Dengan tersedianya pencatatan keuangan yang baik maka pelaku UKM dapat melihat perkembangan usahanya sehingga pelaku UKM dapat membuat perencanaan yang terkait dengan kondisi UKM yang dimiliki berdasarkan pencatatan keuangan yang telah dibuat. Penyediaan aplikasi pencatatan keuangan sederhana membantu pihak mitra dalam melakukan pencatatan harian yang berkaitan dengan transaksi keuangan. Aplikasi yang dibangun dapat dijalankan hanya dengan menggunakan peramban atau browser, selain itu fitur yang disediakan mampu menggantikan peran pencatatan konvensional yang selama ini dilakukan mitra.

References


Belfo, F., & Trigo, A. (2013). Accounting Information Systems : Tradition and Future Directions. International Conference on Health and Social Care Information Systems and Technologies (pp. 536 – 546). Procedia.

Dennis, A. d. (2013). Systems Analysis and Design with UML, Edisi 4. New York: John Wiley and Sons.

Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Jember. (2017). Perubahan Rencana Strategis Tahun 2016-2021. Jember: Pemerintah Kabupaten Jember.

Hall, J. A. (2009). Sistem Informasi Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat.

Indonesia, I. A. (2009). Standar Akuntansi Keuangan. Jakarta: Salemba Empat.

Kieso, K. W. (2011). Financial Accounting IFRS Edition. John Wiley & Sons, Inc.

Lin, C. Y.-Y. (1998). Success Factors of Small- and Medium-Sized Enterprises in Taiwan An Analysis of Cases.Journal of Small Business Management, XXXVI, 43-56.

Lubis, T. A., & Junaidi. (2016). Pemanfaatan Teknologi Informasi pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kota Jambi. Jurnal Perspektif Pembiayaan dan Pembangunan Daerah, 163-174.

Nurfriani, V., Paramu, H., & Utami, E. S. (2014). Analisis Kinerja Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Dengan dan Tanpa Pinjaman Di Kabupaten Jember. Jember, Jawa Timur, Indonesia.

Pressman, R. (2010). Software Engineering: A Practitioner's Approach. New York: McGraw-Hill.

Shagari, S. L., Abdullah, A., & Saat, R. M. (2017). Accounting Information Systems Effectiveness : Evidence From The Nigerian Banking Sector. Interdisciplinary Journal of Information, Knowledge, and Management, 309-335.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Lutfi Ali Muharom

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.