- Home
- Vol 21, No 2 (2021)
- Saifudin
Pemanfaatan Aplikasi Camtasia dalam Meningkatkan Kebutuhan Multimedia Pada Video Pembelajaran Daring Bagi Guru di SMP Muhammadiyah Bondowoso
Ilham Saifudin
(1), Syahrul Mubaroq
(2),
(1) Program Studi Teknik Informatika, Universitas Muhammadiyah 
 Indonesia
(2) Program Studi Bahasan dan Sasatra Indonesia, Universitas Muhammadiyah Jember 
 Indonesia
Corresponding Author
Copyright (c) 2021 Ilham Saifudin
DOI :
https://doi.org/10.24036/sb.01430
Full Text:
Language :
Abstract
Camtasia adalah software yang digunakan untuk Capture Screen dan Record dalam membuat menu Interaktif dan pembuatan media presentase yang diproduksi TechSmith. Camtasia ini sendiri digunakan untuk merekam semua aktifitas yang ada pada desktop computer. Software ini bisa kita manfaatkan untuk membuat media pembelajaran berbasis multimedia dan e-learning yaitu dengan membuat video tutorial atau pelatihan dan membuat video presentasi. Setelah menyiapkan alat bantu dan panduan dalam pembuatan konten video pembelajaran, maka di tawarkan solusi selanjutnya (solusi kedua), yaitu program pelatihan dan pendampingan pembuatan konten video pembelajaran menggunakan aplikasi Camtasia di SMP Muhammadiyah Bondowoso. Target luaran yang akan dihasilkan adalah 1) pengetahuan dan keterampilan teknis dalam pembuatan video interaktif dengan menggunakan aplikasi Camtasia, 2) memiliki kemampuan secara mandiri membuat konten video pembelajaran dengan mata pelajaran yang diampu oleh masing-masing guru, sehingga membuat peserta didik tidak bosen melalui inovasi ini. Dengan ketersediaan Ketersediaan teknologi aplikasi Camtasia yang dibagikan dalam bentuk gratis, maka solusi ketiga yang ditawarkan yaitu program penyediaan aplikasi dan cara menginstal aplikasi Camtasia ke perangkat komputer guru-guru SMP Muhammadiyah Bondowoso.
References
Busyaeri, A., Udin, T., & Zaenudin, A. (2016). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mapel Ipa Di Min Kroya Cirebon. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 3(1), 116–137. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v3i1.584
Purwanto, Y., & Rizki, S. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kontekstual Pada Materi Himpunan Berbantu Video Pembelajaran. AKSIOMA Journal of Mathematics Education, 4(1), 67–77. https://doi.org/10.24127/ajpm.v4i1.95
Syaparuddin, S., & Elihami, E. (2020). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Video pada Pembelajaran PKn di Sekolah Paket C. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 187–200.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Ilham Saifudin
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License.