Pengembangaan SiMPP-MGBK Sumbar Ver 1 Berbasis Website untuk Mengentaskan Permasalahan Tata Kelola dan Managemen Mitra

Ifdil Ifdil(1), Tjung Haw Sin(2), Taufik Taufik(3), Nilma Zola(4), Elfi Churnia(5), Rima Pratiwi Fadli(6),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(4) Indonesia Institute for Counseling Education and Therapy  Indonesia
(5) Indonesia Institute for Counseling Education and Therapy  Indonesia
(6) Indonesia Institute for Counseling Education and Therapy  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2021 Ifdil Ifdil, Taufik Taufik, Tjung Haw Sin, Nilma Zola, Elfi Churnia, Rima Pratiwi Fadli

DOI : https://doi.org/10.24036/sb.01140

Full Text:    Language : 

Abstract


Pengembangan ini bertujuan untuk mengentaskan permasalahan mitra yaitu berkenaan dengan tata kelola dan managemen dalam rangka optimalisasi peningkatan Sumber Daya Manusia. Produk yang dikembangkan adalah sebuah sistem manajemen pelatihan dan pengembangan berbasis website untuk Musyawarah Guru Bimbingan dan Konseling. Metode pengembangan sistem ini menggunakan Waterfall model. Sampel validasi melibatkan tiga ahli program dan uji coba melibatkan lima pengguna (pengurus harian) MGBK SMA/MA/SMK di Sumatera Barat. Dengan menggunakan instrumen validasi program (IVP) dan instrumen ujicoba program (UJP), Analisis yang dilakukan menggunakan analisis kesesuaian, tingkat penerimaan dan ketercapaiaan. Hasil pengembangan menunjukkan bahwa sistem manajemen pelatihan dan pengembangan berbasis website yaang dikembangkan dapat digunakan, Aplikasi ini diharapkan memberikan warna baru dalam tata kelola dan pengembangan organisasi kedepannya.


References


Ardimen, A. (2017). "Implementasi Program Musyawarah Guru Bk (Mgbk) Sltp Kabupaten Lima Puluh Kota." PROCEEDING IAIN Batusangkar 1(1): 46-61.

Fonna, N. (2019). Pengembangan Revolusi Industri 4.0 dalam Berbagai Bidang, Guepedia.

Ghufron, G. (2018). Revolusi Industri 4.0: Tantangan, Peluang, dan solusi bagi dunia pendidikan. Seminar Nasional dan Diskusi Panel Multidisiplin Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2018.

Ibda, H. (2020). "Pembelajaran bahasa indonesia berwawasan literasi baru di perguruan tinggi dalam menjawab tantangan era revolusi industri 4.0." Jalabahasa 15(1): 48-64.

Lase, D. (2019). "Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0." SUNDERMANN: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora dan Kebudayaan 1(1): 28-43.

Marpaung, J. V. (2020). "Penerapan Konsep Pembelajaran Industri 4.0 pada Pendidikan Dasar Desain." Jurnal Desain Idea: Jurnal Desain Produk Industri Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya 19(1): 19-26.

Onate, M. E. and J. L. Loekmono (2016). "Evaluasi Program Musyawarah Guru Bimbingan dan Konseling SMP/MTs Kota Salatiga Tahun 2012–2015." Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan 3(2): 294-309.

Paduppai, A. M., et al. (2019). Pengembangan sistem informasi manajemen dalam peningkatan mutu layanan pendidikan dan android di era revolusi digital (Society 5.0 dan Revolusi Industri 4.0). Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS).

Pangondian, R. A., et al. (2019). Faktor-faktor yang mempengaruhi kesuksesan pembelajaran daring dalam revolusi industri 4.0. Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS).

Rezky, M. P., et al. (2019). Generasi Milenial yang Siap Menghadapi Era Revolusi Digital (Society 5.0 dan Revolusi Industri 4.0) di Bidang Pendidikan Melalui Pengembangan Sumber Daya Manusia. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS).

Risdianto, E. (2019). "Analisis pendidikan indonesia di era revolusi industri 4.0." April, 0–16. Diakses pada 22.

Sahron, A. and D. Prakoso (2019). Pendidikan Non Formal Berbasis Sekolah Alam Sebagai Pondasi Karakter Anak Demi Menyongsong Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional LP3M.

Savitri, A. (2019). Revolusi Industri 4.0: Mengubah Tantangan Menjadi Peluang di Era Disrupsi 4.0, Penerbit Genesis.

Schwab, K. (2019). Revolusi Industri Keempat, Gramedia Pustaka Utama.

Sulistyowati, M. D. R. (2018). "Pengelolaan MGBK dalam Meningkatkan profesionalisme Guru Bimbingan dan Konseling SMA/MA." Jurnal Media Managemen Pendidikan Volume 1 No. 2 Oktober 2018.

Wati, I. and I. Kamila (2019). Pentingnya guru professional dalam mendidik siswa milenial untuk menghadapi revolusi 4.0. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.

Yudi, P., et al. (2019). "Penerapan 4.0 dalam Bidang Pendidikan di Indonesia." Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Zubaidah, S. (2019). Pendidikan biologi dalam perkembangan revolusi industri. Seminar Nasional Pendidikan Biologi dengan Tema “Biologi di Era Revolusi Industri.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Ifdil Ifdil, Taufik Taufik, Tjung Haw Sin, Nilma Zola, Elfi Churnia, Rima Pratiwi Fadli

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.